Wisata Pantai Ngandong

5 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Ngandong yang ada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Gunung Kidul adalah bagian dari Yogyakarta yang memiliki keindahan luar biasa. hamparan pantai yang disajikan begitu luas menghadirkan nuansa dan suasana yang berbeda.

Dapat dibicarakan kota ini adalah surga bagi wisata alam Indonesia yang menjadikan Yogyakarta sebagai Bali kedua. Salah satu pesonanya adalah Pantai Ngandong.

Wisata Pantai Ngandong

Wisata Pantai Ngandong

Objek wisata yang terkenal dengan pantainya yang berpasir, yang dapat membuat siapa saja kagum dan luar biasa di mata orang-orang yang melihatnya.

Pantai Ngandong adalah salah satu dari banyak pantai yang memiliki keindahan luar biasa. Daerah ini memang terlihat sepi.

Pamornya masih kalah dengan beberapa pantai terkenal seperti Baron, Indrayanti, Cemara Sewu dan masih banyak lagi.

Menuju ke objek wisata ini memang tidak mudah. Kita harus berusaha untuk mencapainya. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena setiap keringat yang menetes akan terbayar dengan tampilan yang terlihat sempurna.

Sisi menarik yang bisa dikupas saat ini tentang objek wisata ini adalah panjangnya pantai yang memang sangat panjang. Hampir menyerupai pantai tritis parang.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan jumlah pengunjung. Anda pasti mendapatkan tempat untuk bersenang-senang.

Baca Juga: Wisata Pantai Indrayanti

Fasilitas di Pantai Ngandong

Fasilitas di Pantai Ngandong

Pantai Ngandong sudah memiliki fasilitas wisata yang memadai. Di pantai ini, pengunjung dapat menemukan warung makan.

Warung makanan bisa dijadikan tempat bersantai dan ingin mengisi perut sambil menikmati keindahan pantai. Di pantai ini ada juga fasilitas toilet jika Anda membutuhkannya, serta parkir yang memadai.

Pantai Ngandong juga mempunyai fasilitas penginapan yang baik. Dengan kamar standar yang baik dan sudah di lengkapi dengan fasilitas AC.

Pada Pantai Ngandong, Anda juga dapat membeli ikan dari nelayan setempat untuk oleh-oleh.

Lokasi pelelangan ikan tidak jauh dari pantai, jadi Anda bisa pergi ke sana dan melihat banyak nelayan berkumpul menawarkan hasil tangkapan mereka.

Daya Tarik Wisata Pantai Ngandong

Daya Tarik Wisata Pantai Ngandong

Berkut ini adalah Objek Wisata Pantai Ngandong yang wajib Anda ketahui.

1. Bermain Kano

Pantai Ngandong tidak hanya menghadirkan keindahan alam. Pantai yang memiliki pasir putih ini juga menawarkan wisata menggunakan kano yang disewakan kepada pengunjung.

Bagi Anda yang gemar bermain kano, Pantai Ngandong bisa menjadi tujuan alternatif untuk menyalurkan hobi. Atau mungkin hanya mencoba sesuatu yang baru.

Pantai dengan ombak yang tenang juga baik untuk latihan jika, untuk pemula. Ombak di pantai ini juga sangat tenang sehingga aman untuk setiap wisatawan termasuk untuk aktivitas bermain kano.

Tarif untuk bermain snorkeling dan kano juga terjangkau. Wisatawan yang ingin menyewa peralatan kano dibebani tarif sewa Rp 50.000 tanpa jam penggunaan minimum.

2. Pelabuhan Perikanan Tradisional

Pelabuhan Perikanan Tradisional pantai ngandong

Pantai ini adalah pelabuhan untuk sekelompok nelayan. Ini karena Pantai Sundak tidak diperbolehkan merapat Nelayan. Alasannya, Pantai Sundak dikhususkan untuk wisata pantai.

Kelompok nelayan yang tergabung dalam “Mina Lestari” akhirnya menjadikan Pantai Ngandong yang terletak di sebelah Pantai Sundak sebagai tempat berlabuh.

Sejak dibuka pada tahun 1998, pantai ini akhirnya berkembang menjadi desa nelayan. Namun, lambat laun turis juga tertarik dengan keindahan pantai ini. Dan pada akhirnya Pantai ini menjadi tempat wisata untuk umum.

Karena pantai ini ialah desa nelayan, nilai tambah Ngandong ialah wisata bahari. Pengunjung dapat mencoba berlayar dengan nelayan dengan perahu.

Pengunjung akan diundang untuk menuju ke timur setelah berlayar dari pantai selama sekitar 15 menit.

Di sini ada umbul air, yaitu air tawar yang keluar dari dasar laut. Airnya nampak seperti air mendidih di tengah laut. Di sumber air, penggemar ikan Jiti bebas untuk memancing sesuka hati mereka.

Bahkan jika orang ingin melaut, mereka hanya menginginkannya.

Baca Juga: Wisata Pantai Kadilangu

3. Tebing Pantai Ngandong

tebing karang pantai ngandong

Tebing di Pantai Ngandong menjaga pantai ini di sisi kanan dan kiri pantai. Dua tebing ini menjadi penjepit pantai, sekaligus sebagai penghalang pantai. Keberadaan tebing ini membatasi luasnya pantai ini

Warna tebing ini hitam. Tetapi di bagian atas berwarna hijau. Sangat mirip dengan tebing di Pantai Sundak, tetapi berbeda dalam bentuk dan ukuran.

Hal yang menarik dari Pantai Ngandong ini, pengunjung akan melihat banyak batu menarik untuk objek fotografi. Terletak bukan di pantai, tetapi di bagian lepas pantai.

Sepintas batu-batu itu terlihat seperti mengambang. Dan ini adalah bagian paling menarik dari pantai ini. Bagian ini adalah fitur paling khas dari pantai ini jika dibandingkan dengan pantai-pantai tetangganya.

4. Naik Kapal Pancing

Pantai Ngandong menyajikan pemandangan yang sedikit berbeda dari pantai-pantai di sekitarnya. Di sekitar pantai ada banyak perahu nelayan yang berjejer.

Ini hal yang wajar, karena lokasi ini adalah domisili dari sejumlah nelayan di pantai selatan.

Barisan perahu berpadu apik dengan barisan warung khas pantai di kanan dan kiri. Bentuk komposisi lanskap yang sempurna. Tidak jauh dari pantai, ada Tempat Pelelangan Ikan dan sejumlah penginapan.

Asyiknya lagi, perahu-perahu yang berbaris rapi bukan sekadar hiasan lho. Pengunjung yang tertarik dapat menyewa dan menggunakannya untuk menjelajahi laut di sekitarnya.

Biaya sewa dapat dinegosiasikan oleh pemilik kapal.

5. Snorkeling

Selain naik kano dan naik perahu nelayan, kegiatan lain yang tak kalah seru adalah snorkeling.

Ketika pengunjung mencoba snorkeling di pantai Ngandong, ia akan dapat menikmati berbagai terumbu karang yang indah dan kehidupan laut.

Paket peralatan Snorkeling dikenakan biaya Rp. 50.000 Pengunjung akan mendapatkan peralatan lengkap. Paket peralatan terdiri dari, snorkel plus topeng, pelampung, dan sepatu khusus untuk snorkeling.

Waktu yang tepat untuk snorkeling di pantai ini adalah saat air surut. Di Pantai Ngandong, ombak dibagi menjadi dua, pagi dan sore. Pagi sekitar 8-9 jam, dan sore sekitar 1-2 jam.

Saat air surut, yang terbaik untuk snorkeling. Jika pada saat pasang ombak pantai. Berbahaya memaksa diri untuk snorkeling. Apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman di laut.

Namun di antara 2 pasang surut, snorkeling di Pantai Ngandong direkomendasikan di pagi hari. Karena selain ombaknya yang masih tenang, air belum keruh oleh banyak pengunjung yang terjun ke laut.

6. Sunset

Keuntungan lain dari Pantai Ngandong adalah matahari terbenam yang sangat indah. Pantai ini langsung menghadap Samudera Hindia.

Dan terlebih lagi pantai sedikit menjorok ke barat untuk membentuk semacam jubah. Karena itu, matahari terbenam yang indah akan menyempurnakan hari Anda di sana.

Saat matahari terbenam, langit berubah menjadi kuning dan oranye. Cahaya malam juga menerangi pasir putih di pantai. Sungguh, pemandangan yang menawan.

Inilah keindahan yang tersembunyi di Gunungkidul. Banyak pemburu matahari terbenam yang sengaja mengkhususkan diri datang ke pantai ini. Baik itu pengunjung lokal atau turis asing.

Banyak dari mereka memilih untuk menginap untuk mendapatkan momen matahari terbenam yang maksimal. Mungkin inilah yang mendorong pengembangan fasilitas penginapan yang memadai di sekitar pantai ini.

7. Pantai Lereng dengan Gelombang yang Tenang

Di sepanjang Pantai Ngandong ada landai lebar yang dihiasi pasir putih yang indah. Uniknya, ketika laut mengalami pasang naik di pagi hari, Anda akan melihat sedikit pasir hitam di pantai.

Berbicara tentang arus ombak di pantai cukuplah tenang. Banyak wisatawan dengan bebas bermain air di pantai ini.

Dan salah satu sudut di pantai ini ada bukit yang indah. Lokasi ini biasanya digunakan oleh para pelancong yang mengambil foto panorama dari ketinggian.

Bukit yang didekorasi dengan karang juga merupakan penghalang langsung antara Ngandong dan salah satu pantai di sekitarnya, yaitu Sundak.

Baca Juga: Wisata Pantai Pandansari

Objek Wisata Dekat Pantai Ngandong

Setelah menikmati keindahan dari pantai di Ngandong, wisatawan bisa melanjutkan wisata mereka ke wisata gua yang dekat dengan pantai ini, dengan jarak 20 km, ada objek wisata gua Jomblang.

Tepatnya di daerah Semanu. Gua ini adalah gua vertikal. Gua ini terbentuk karena proses geologis subsidensi dan vegetasi di atasnya.

Bagi mereka yang suka wisata pendidikan, Anda dapat melanjutkan perjalanan Anda ke Taman Baron Techno. Lokasi ini hanya berjarak 12 km dari pantai Ngandong.

Pusat penelitian ini sengaja dibangun di pantai Parangrucuk, sebagai tempat penelitian dan pengembangan sumber energi alternatif. Salah satu yang diselidiki adalah penggunaan energi gelombang dan energi angin.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Ngandong

Harga tiket masuk ke pantai Ngandong tidak mahal. Hanya 10 ribu rupiah, Anda bisa menikmati bagaimana alam Yogyakarta benar-benar mengerti apa yang diinginkan wisatawan.

Bukan hanya tiket. Anda juga akan dikenakan biaya parkir yang cukup murah. Di mana, kendaraan bermotor akan dikenai biaya 3 ribu rupiah. Mobil akan berharga 5 ribu rupiah.

Lokasi Pantai Ngandong

Pantai ini terletak pada desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. jika dari pusat kota Yogyakarta pantai berjarak sekitar 2 jam.

Rute ke Pantai Ngandong

Alamat pantai Ngandong ini terletak di Jl. Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika, Anda dari luar kota maka, kereta adalah pilihan yang paling tepat.

Turun di Stasiun Tugu Yogyakarta. Dari sini perjalanan ke objek wisata ini tetap 68 km. Atau butuh 2 jam.

Setelah keluar dari stasiun, arahkan kendaraan menuju Jl. Gandekan lalu, belok kiri ke Jl. Jlagaran. Setelah itu, pergi ke Jalan Letjen Pringgokusuman ke Letjen Suprapto sejauh 1,1 km.

Ambil arah ke Wahid Hasyim sejauh 850 meter. Selanjutnya, pergi ke Kadipaten Selatan.

jalan menuju pantai Ngandong dilanjutkan melalui barat Imogiri, memasuki daging panggang sejauh 5 km. Kemudian, belok sedikit ke kanan dan masukkan di Jl. Pantai Selatan Jawa.

Cukup ikuti papan petunjuk yang tersedia di sana, sampai Anda tiba di tujuan. Pantai Ngandong.

Tidak mudah dengan rute ke Pantai Ngandong. Jika, Anda masih belum mengerti dengan benar, Anda dapat menggunakan aplikasi dalam bentuk peta atau peta online yang sudah tersedia di ponsel Anda.

Atau Anda juga bisa mengikuti rambu-rambu dan bertanya pada penduduk setempat.

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Ngandong. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Pantai Ngandong Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.