Wisata Pantai Pandansari

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Pandansari yang ada di Bantul, daerah istimewa Jogjakarta.

Berbicara tentang wisata alam di kota Gudeg, Yogyakarta, itu tidak ada habisnya. Salah satu wisata yang ditawarkan adalah pantai. Anda harus tahu pantai Parangtritis terlebih dahulu.

Namun, jangan salah, ternyata wisata pantai di Yogyakarta sangat berlimpah, seperti pantai Pandansari misalnya.

Pantai dengan menara tinggi dan besar serta panorama yang sangat berbeda dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta.

Dahulu pantai Pandansari dikenal sebagai Pantai Patehan. Ini adalah pantai di Kabupaten Bantul dan masih jarang dikunjungi orang.

Kemudian akhirnya dibangun sebuah mercusuar yang berfungsi untuk mengarahkan kapal. Pengunjung juga mulai berdatangan sehingga nama pantai ini menjadi semakin terkenal.

Apa itu Pantai Pandansari?

wisata Pantai Pandansari

Pantai Pandansari adalah pantai di wilayah bagian selatan kota Bantul, DIY Yogyakarta. Pantai ini berada pada Desa Patehan, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kab. Bantul.

Nama Pandansari diambil karena di awalnya pantai ini berisi banyak pohon-pohong jenis pandan yang tumbuh secara liar.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tunggal

Objek Wisata di Pantai Pandansari

Tempat Foto Keren pantai pandan sari

Menyegarkan otak yang lelah dan lelah karena rutinitas menumpuk bekerja dengan baik ketika dilakukan di pantai. Apalagi jika dilihat sangat nyaman dan juga indah.

Di pantai Pandansari, Anda bisa mendapatkannya sekaligus Anda bisa mencoba sensasi berdiri di atas menara mercusuar yang sangat tinggi di sana. Lalu apa saja obyek wisata yang bisa didapat di Pantai Pandansari?

1. Mercusuar Kalajivamasti

Mercusuar Kalajivamasti

Mercusuar berdiri tinggi di tepi pantai Pandansari. Mercusuar putih ini adalah tempat terbaik untuk menikmati lanskap biru laut, pantai, dan matahari terbenam saat senja.

Menara mercusuar awalnya dibangun pada tahun 1996 kemudian operasinya diresmikan pada tahun 1997.

Untuk dapat mengendarainya Anda diharuskan membayar tiket sebesar Rp. 5.000, – / orang maka Anda menaiki tangga spiral di mercusuar ke atas.

Selain itu, jumlah pengunjung yang mendaki mercusuar ke puncak dibatasi tidak lebih dari 10 orang.

Ini untuk menjaga keamanan dan untuk menghindari berkerumun saat naik atau turun tangga, terutama saat mengambil gambar di atas mercusuar.

2. Agro Wisata Buah Naga

Pernahkah Anda melihat pohon buah naga? Atau pernahkah Anda memetik buah naga langsung dari pohon? Di pantai Pandansari.

Anda tidak hanya melihat persona pantai dan matahari terbenam dari mercusuar Kalajivamasti, tetapi Anda juga dapat melakukan agrowisata menarik di kebun buah naga yang dikelola dengan sangat baik.

Kebun buah naga ini menanam jenis buah naga merah, jenis yang memiliki rasa sangat manis dengan warna-warna menarik. Tentu saja Anda bisa memetik buah naga langsung dari pohonnya.

Atau Anda juga bisa makan buah naga langsung di kebun. Tentunya rasanya akan sangat berbeda dengan membeli di pasar.

Baca Juga: Wisata Pantai Parangtritis

3. Tempat Foto Keren

Tempat Foto Keren pantai pandan sari

Mengunjungi pantai untuk berlibur tidak akan lengkap jika Anda tidak mengambil foto untuk mengabadikan momen tersebut. Apalagi jika pemandangannya sangat indah dan menawan.

Persiapkan kamera Anda sebelum pergi ke Pantai Pandansari karena Anda akan disuguhi tempat foto terbaik di sana.

Beberapa tempat foto terbaik yang bisa Anda dapatkan seperti menara mercusuar.

Sambil menonton matahari terbenam dan pemandangan laut yang luas, ambil beberapa foto untuk ditampilkan di akun media sosial Anda. Selain itu Anda juga bisa berfoto di menara dengan tangga spiral.

Tempat ini sangat unik dan berbeda dari yang lain. Selain itu berfoto di pinggir pantai yang dipenuhi cemara akan sangat menarik.

Lokasi Pantai Pandansari

Pantai Pandansari terletak di Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Pantai Pandansari

Rute yang dapat Anda ambil sangat mudah dan cepat. Pertama, rute dimulai dari kota Yogyakarta.

Dari kota Yogyakarta, silakan menuju Kota Bantul melalui Jalan Bantul. Setelah tiba di kota Bantul, maka perjalanan dilanjutkan menuju selatan menuju Jalan Samas Bantul.

Setelah menempuh jarak sekitar 12 km, Anda akan tiba di tempat retribusi. Ada daerah pesisir Samas. Jadi retribusi ini berlaku untuk semua pantai di daerah tersebut termasuk pantai Pandansari.

Setelah membayar retribusi, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Pantai Pandansari.

Dari situs retribusi, Anda kemudian akan menyeberangi jembatan sampai Anda tiba di persimpangan tiga. Di persimpangan tiga, ambil arah lurus atau barat menuju pantai Pandansari.

Jalan menuju pantai mercusuar sangat bagus dan mulus, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Harga Tiket di Pantai Pandansari

Pantai Pandansari terletak di Kabupaten Saden, tepatnya di sebuah desa bernama Desa Gadingsari di Bantul.

Pantai ini terbilang unik karena keberadaan menara mercusuar setinggi 50 meter memiliki pesona yang berbeda.

Untuk dapat menikmati keindahan alam di sana sambil berlibur karena kelelahan, Anda hanya perlu membayar tiket masuk ke pantai dengan harga yang sangat terjangkau hanya Rp. 3.000 / orang.

Baca Juga: Wisata Pantai Siung

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Pandansari. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Pantai Pandansari Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.