Wisata Pantai Kadilangu

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Kadilangu yang ada di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kulonprogo juga sering dikatakan sebagai surga pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena daerah ini mempunyai banyak pantai-pantai yang indah.

Dimulai dari pantai terkenal seperti Pantai Glagah, Pantai Congot, dan Pantai Bugel, dan baru-baru ini, banyak pantai telah dibuka untuk pariwisata.

Salah satunya adalah Pantai Pasir Kadilangu yang belum terkenal tetapi memiliki potensi keindahan luar biasa.

Di Pantai Pasir Kadilangu ini pengunjung tidak akan mendapatkan pasir putih seperti kebanyakan pantai di daerah Gunung Kidul. Namun di sini para pengunjung akan dimanjakan oleh hamparan hijau hutan Mangrove.

Pohon bakau adalah tanaman yang memiliki banyak fungsi penting bagi ekosistem di sekitarnya.

Tidak hanya menarik untuk dikunjungi dan menjadi alat penelitian, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai penghambat abrasi dan filter laut.

Sehingga garis pantai yang mengandung pohon bakau akan tetap stabil dan kelangkaan air tawar di sekitar pantai bisa diminimalisir.

Selain menjadi tempat berkembang biak bagi banyak hewan, Pohon Bakau ini juga memiliki peran untuk menyaring limbah yang akan mengalir ke laut dan menyerap banyak karbon dioksida.

Dan juga kayu dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kertas dan berbagai jenis furnitur. Tanaman yang ditanam oleh masyarakat lokal membuat pantai ini sangat populer oleh banyak pengunjung.

Walaupun pantai ini masih dipegang secara pribadi oleh sejumlah penduduk setempat, bukan berarti pantai ini menghambat perkembangan tempat wisata ini.

Padahal, meski belum didukung oleh pemerintah, pantai ini tetap memiliki kontribusi yang tinggi bagi desa.

Di Pantai Pasir Kadilangu ini, pengunjung dapat berjalan di sekitaran hutan-hutan bakau dengan jalan yang dibuat dari kayu, atau anda juga bisa menyewa perahu yang sudah disediakan oleh masyarakat lokal.

Bagi pengunjung yang mencintai alam di sini dapat bertanya langsung kepada penduduk tentang manfaat hutan bakau di pantai, jadi tidak hanya bersenang-senang para pengunjung juga mendapatkan pendidikan nanti.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Pasir Kadilangu adalah di pagi atau sore hari. Di pagi hari, udara sejuk di sekitar pantai bisa membuat para pengunjung bersantai nanti.

Selanjutnya ketika sore hari pengunjung bisa menikmati momen matahari yang terbenam pada pantai ini.

Tidak cuma dihiasi oleh pohon Mangrove, Pantai Pasir Kadilangu juga ada beberapa spot foto yang telah disediakan untuk foto. Bintik-bintik unik ini dibangun menggunakan bahan bambu dengan berbagai bentuk.

Beberapa di antaranya seperti jembatan yang mirip dengan Jembatan Queensboro di New York, yang disebut Jembatan Api atau Jalan Tol Japin, jembatan lama, kerang raksasa, rumah pohon, dan sebagainya.

Keistimewaan Pantai Kadilangu

Wisata Pantai Kadilangu

Berikut ini adalah fitur-fitur pantai pasir Kadilangu yang harus Anda ketahui:

1. Beragam Tempat Foto

Keistimewaan Pantai Kadilangu

Asal tahu saja di Pantai Kadilangu ada banyak spot foto indah dan menari. Ini membuat daya tarik pengunjung untuk mengunjungi pantai Kadilangu.

Salah satu tempat foto favorit ada ayunan Kepongpong yang ayunannya terbuat dari bambu dan dikelilingi oleh mangruves.

Itu adalah target pengunjung untuk mengabadikan kenangan dengan mengambil foto di sekitar pantai.

Baca Juga: Wisata Pantai Nglambor

2. Di Sebelah Hutan Bakau Wanatirta

Beragam Tempat Foto pantai kadilangu

Ternyata pantai Kadilangu juga berdekatan dengan hutan bakau wanatirta di desa yang sama. Karena itu ada jembatan bambu untuk menuju hutan bakau bagi pengunjung yang tertarik mengunjunginya.

Pokoknya nuansa alamnya yang tebal sangat cocok untuk Anda pecinta alam.

3. Ada Menara Pengawal

Asal tahu saja, di samping jembatan ada menara pandangan yang hampir 3 meter. Menara ini digunakan untuk melihat pemandangan di sekitar pantai Kadilangu dari ketinggian.

Menara pandangan ini juga dapat digunakan sebagai tempat foto sehingga jembatan cinta dalam obrolan merah muda juga dapat dilihat dengan jelas. Jembatan cinta juga merupakan salah satu tempat favorit di sana juga.

4. Ada Lorong yang disebut “Gua Lu”

Salah satu hal menarik tentang pantai Kadilangu adalah nama lorongnya. Pengelola pantai Kadilangu sangat pandai mengutak-atik nama untuk memberi nama.

Dengan memberi nama lorong dari kata yang sekarang dengan nama “Gua Sama Lu”. Ya, itu bisa diartikan sebagai gua atau aku.

Lokasi Pantai Pasir Kadilangu

Lokasi Pantai Pasir Kadilangu

Lokasi Wisata Pantai Pasir Kadilangu bagus dan mudah bagi pengunjung ke Pantai Pasir Kadilangu. Para pengunjung harus berjalan lagi sebelum mencapai Pantai Pasir Kadilang.

Namun, lokasi Pantai Pasir Kadilang cukup jauh dari Pusat Kota Yogyakarta. Alamat pasti Pantai Pasir Kadilangu adalah di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Pandansari

Rute ke Pantai Pasir Kadilangu

Rute ke Pantai Pasir Kadilangu sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta ke barat ke Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju ke Jalan Wates, kemudian mencapai perempatan ke selatan ke Jembatan Gamping.

Kemudian lurus terus tetap di Jalan Yogyakarta – Wates, kemudian terus lurus ke Jalan Nasional III, sampai pertigaan ke selatan ke Daendels Selatan Jalan pantai, lalu terus lurus ke Jalan Ketawang – Temon.

Di persimpangan ke selatan menuju Jalan Wanatirta, ikuti jalan sampai Anda tiba di Pantai Pasir Kadilangu. Jarak dari pusat Yogyakarta ke Pantai Pasir Kadilangu cukup jauh.

Yaitu sekitar 45,6 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari pusat Jogja ke Pantai Ngrenehan adalah sekitar 1 jam 11 menit.

Fasilitas Pantai Pasir Kadilangu

Fasilitas di Pantai Pasir Kadilangu cukup lengkap bagi pengunjung yang tertarik datang ke Pantai Pasir Kadilangu ini. Fasilitas ini dibangun oleh pemerintah dan juga masyarakat setempat, termasuk:

  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Musholla
  • Tempat Foto
  • Warung makanan dan minuman

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Harga tiket masuk menuju Pantai Pasir Kadilangu cukup terjangkau, anda hanya akan dikenakan Rp. 5.000 untuk satu orang. Harga ini sudah termasuk harga standar untuk memasuki wilayah pantai di Gunung Kidul.

Sedangkan biaya untuk parkir pada Pantai Pasir Kadilangu, pengunjung dikenakan biaya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Pantai Indrayanti

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Kadilangu. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Pantai Kadilangu Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.