Wisata Goa Braholo

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Goa Braholo yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda berlibur ke Kota Gunung Kidul, sangat disayangkan jika Anda tidak mengunjungi salah satu wisata yang menarik untuk mencari tahu saksi kehidupan manusia purba saat itu.

Goa Braholo ini terletak di Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gua Braholo adalah saksi kehidupan manusia purba di zaman kuno, Goa terletak pada lereng bukit di ketinggian kurang lebih 357 meter di atas permukaan laut.

Jadi, jika ya ingin melihatnya Anda harus mendaki terlebih dahulu dalam bentuk sejumlah langkah untuk sampai ke mulut Goa.

Tetapi Anda tidak perlu sedih dan lelah melaluinya karena ketika Anda naik setiap langkah Anda akan disajikan dengan suasana yang sangat tenang dan tenang di sepanjang jalan ke mulut Goa.

Ketika Anda berada di mulut Goa, ruang dalam lubang-lubang Goa akan terlihat sangat berbeda dan kedalaman bervariasi karena hasil dari proses evakuasi dilakukan pada tahun 1994 hingga 2000.

Pada saat evakuasi ditemukan beberapa sisa-sisa manusia purba berupa sisa-sisa biji-bijian, tembikar dan bahkan sisa-sisa fauna seperti monyet berekor panjang, musang, rusa, hingga kerang dan manik-manik.

Dalam 6-12 tahun yang lalu, para peneliti juga menemukan beberapa alat batu. Selain ditemukan berbagai sisa-sisa kehidupan manusia purba, juga ditemukan kuburan yaitu 10 buah kerangka manusia purba yang tergolong ras Australomesoid pada Gua Braholo.

Orang-orang yang tinggal di Yogyakarta percaya bahwa leluhur manusia yang hidup di zaman kuno.

Selain sebagai tempat untuk melihat dan mengetahui hanya arkeolog, tetapi pecinta alam dari lokasi ini berfungsi sebagai tempat untuk mengatur Goa.

Ciri-ciri Goa Braholo adalah yang memiliki 3 pitch, yang memiliki kedalaman pertama sekitar 35 meter, yang kedua memiliki kedalaman 6 meter dan yang terakhir memiliki kedalaman 2 meter dengan kemiringan 25 derajat.

Lokasi Goa Braholo

Wisata Goa Braholo

Lokasi Goa Braholo cukup jauh dari Pusat Kota Yogyakarta, di mana Anda akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam 45 menit atau 65 kilometer.

Lokasi Goa Braholo lebih tepatnya terletak di Ploso, Semugih, Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883.

Baca Juga: Wisata Taman Tebing Breksi

Rute ke Goa Braholo

Rute ke Goa Braholo

Rute ke Goa Braholo dapat dikatakan cukup jauh dari Pusat Kota Yogyakarta jika Anda menggunakan sepeda motor atau kendaraan pada umumnya.

Dari Pusat Kota Yogyakarta, Ambil Jl. Panembahan Senopati, Jl. Sultan Agung, Jl. Kusumanegara, dan Jl. Gedongkuning ke Jl. Wonosari di Rejowinangun.

Kemudian menuju ke timur di Jl. KH. Ahmad Dahlan, terus lurus di Jl. Panembahan Senopati, terus ke Jl. Sultan Agung, terus ke Jl. Kusumanegara, lalu terus lurus tinggal di Jl. Kusumanegara.

Tetap lurus di Jl. Kusumanegara melihat Anda di perempatan Belok kanan ke Jl. Gedongkuning. Kemudian Ikuti Jl. Wonosari dan Jl. Nasional III ke Jl. Kyai Legi di Siyono Selatan.

Kemudian belok kiri ke Jl. Wonosari, tetap lurus Terus ke Jl. Nasional III, lalu belok kiri 2 kali untuk tetap di Jl. Nasional III. Selanjutnya Ambil Jl. KRT Judodiningrat ke Jl. Nasional III di Wonosari.

Kemudian belok kanan ke Jl. Kyai Legi, terus lurus di Jl. KRT Judodiningrat. Kemudian tetap lurus sampai Anda menemukan persimpangan belok kanan ke Jl. Nasional III.

Setelah itu Anda bisa menginap di Jl. Wonosari Pracimantoro ke tujuan Anda di Semugih.

Kemudian sampai jumpa di pertigaan Belok kanan ke Jl. Wonosari Pracimantoro, tetap lurus sampai Anda menemukannya di Monumen Semugih KB kemudian belok kanan.

Dan terus lurus sampai Anda mencapai Masjid Jami ’Al Walidin Moroseneng Anda dapat memutar saat itu tujuan Anda telah tiba di sebelah kanan.

Baca Juga: Wisata Tebing Watu Mabur

Daya Tarik Goa Braholo

Daya Tarik Goa Braholo

Wisata Goa Braholo di Gunung Kidul Rongkop Yogyakarta adalah saksi kehidupan manusia purba. Lokasi tempat Goa Braholo dapat dibilang cukup jauh jika dari pusat Kabupaten Gunung kidul.

Kurang lebih dua jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Gua Braholo berada tepat di lereng bukit, jadi pengunjung harus mendaki sejumlah langkah untuk sampai ke mulut gua.

Suasana teduh dan sunyi akan menemani perjalanan menuju mulut Gua Braholo. Dari mulut gua, lubang-lubang di ruang dalam akan terlihat dengan kedalaman yang bervariasi.

Lubang itu adalah bekas penggalian pada 1994 hingga 2000 lalu. Pada papan informasi yang dipasang di pintu masuk goa.

Tertulis bahwa proses penggalian dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Jakarta yang dipimpin Prof. Truman Simanjuntak. Dari 14 kotak galian, tim peneliti menemukan berbagai alat dan sisa dari zaman kuno.

Beberapa dari mereka menusuk tali, panah, fosil kayu, tulang tulang-tulang fauna besar, butiran sisa sisa terbakar, dan cangkang keong. Tim peneliti juga menemukan benda penting, yaitu kerangka manusia purba.

Kerangka yang ditemukan bahkan dalam kondisi yang relatif utuh.

Fasilitas

Fasilitas Goa Braholo agak lebih lengkap daripada Goa lainnya karena di Goa Braholo sendiri memiliki fasilitas berupa:

  • Parkir
  • Warung makanan
  • Toilet
  • Gazhebo atau tempat istirahat

Harga Tiket dan Parkir Goa Braholo

Harga tiket untuk Goa Braholo tidak dibebankan kepada wisatawan tetapi Anda dapat menghabiskan uang secara sukarela. Adapun biaya parkir motor Anda akan dikenakan biaya Rp. 3.000 dan biaya mobil Rp. 5.000.

Baca Juga: Wisata Desa Kedung Miri

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Goa Braholo. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Bukit Goa Braholo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Pantai Ngetun

Bang Yolan
3 min read

Wisata Pantai Kayu Arum

Bang Yolan
3 min read

Wisata Pantai Ngobaran

Bang Yolan
3 min read