Wisata Goa Jepang Bantul

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Goa Jepang Bantul yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kota Yogyakarta memiliki banyak tujuan wisata yang banyak dikunjungi. Banyak tempat wisata menarik mulai dari tempat wisata yang sudah populer hingga tempat wisata yang masih asri dan belum pernah dilanda tangan yang tidak bertanggung jawab.

Salah satunya adalah Goa Jepang Bantul yang masih indah dan menawarkan pemandangan luar biasa. Gua Jepang ini memiliki ketinggian sekitar 400 hingga 500 meter di atas permukaan laut.

Gua ini terbuat dari beton yang sampai sekarang masih berdiri kokoh. Gua ini terletak di Bukit Pundong, oleh karena itu banyak orang menyebut gua tersebut sebagai Goa Pundong Jepang.

Di Goa Jepang, Anda juga dapat menikmati keindahan Pantai Parangtritis di bukit Pundong ini. Suasana di Goa Jepang masih sejuk dengan semilir angin yang menambah keindahan Gua Jepang ini.

Jepang dulu melihat potensi alam Indonesia dan akhirnya Jepang ingin menjajah Indonesia. Terutama pada waktu itu Belanda dalam kondisi genting karena negara itu jatuh ke tangan Jerman.

Jepang akhirnya menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk mengusir pasukan Belanda di Indonesia.

Setelah satu tahun, Jepang berhasil mengusir semua pasukan Belanda dan pendudukan Jepang dimulai.

Jepang mulai memasuki wilayah Indonesia pada tahun 1942. Di Indonesia, Jepang membangun gua di lereng Bukit Pundong dengan total 18 gua. Jepang memilih tempat ini karena sangat strategis.

Gua ini dibangun saling berhubungan satu sama lain. Ini untuk membuat Jepang dengan mudah mendistribusikan senjata, makanan, dan kebutuhan tentara selama perang.

Jendela di Goa Jepang dibuat kabur dengan batu untuk menipu musuh. Selain cerita sejarahnya, Goa Jepang juga memiliki suasana alam yang menakjubkan dan akan membuat wisatawan berkunjung terpesona.

Saat Anda dalam perjalanan ke Goa Jepang, Anda akan melihat pemandangan hijau sawah dan pepohonan hijau.

Di gua ini memiliki ruangan yang lebih sempit dari gua-gua lain di Yogyakarta.

Udara juga akan terasa lembab saat berada di dalam gua, tetapi Anda bisa merasakan sensasi ruangan gelap dengan sedikit cahaya di lubang Go Japan.

Lokasi Goa Bantul Jepang

Wisata Goa Jepang Bantul

Situs wisata bersejarah Goa Jepang Bantul cukup mudah dijangkau dan ditemukan.

Jika Anda ingin mengunjungi Goa Jepang, Anda diharapkan berhati-hati karena jalan menuju tur ini memiliki tanjakan dan tikungan yang curam.

Lokasi Goa Bantul Jepang tidak begitu jauh dari tempat wisata Pantai Parangtritis. Alamat tepatnya di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Goa Cemara

Rute ke Goa Bantul Jepang

Rute ke Goa Bantul Jepang

Rute yang harus ditempuh ketika Anda menuju ke Goa Jepang Bantul dapat dicapai. Tetapi ada beberapa jalan sempit untuk dilewati mobil. Ada juga banyak tikungan dan tikungan curam dan curam.

Jika Anda pergi dari pusat kota Yogyakarta ke timur melewati Jl Panembahan Senopati kemudian sampai persimpangan berbelok ke selatan melewati Jl brigjend katamso.

Terus lurus hingga melewati Jl Parangtritis terus sampai persimpangan-T berbelok ke kiri melewati Gedung Negro, terus lurus hingga jalan persimpangan masih lurus melewati Jl. Raya Pundong.

Sampai perempatan berbelok ke barat melewati Jalan Silak Kretek, lalu sampai pertigaan menuju selatan melalui jalan gua Jepang, ikuti jalan maka Anda akan sampai ke Goa Jepang Bantul.

Jarak dari pusat Yogyakarta ke Goa Jepang Bantu tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 23,8 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke Goa Jepang Bantul hanya 43 menit.

Baca Juga: Wisata Desa Kedung Miri

Fasilitas Goa Bantul Jepang

Fasilitas Goa Bantul Jepang

Fasilitas yang ada di Goa Jepang Bantul saat ini tidak memadai. Saat ini tidak ada fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, dan fasilitas umum lainnya.

Tetapi jika Anda ingin bermalam, Anda dapat memilih hotel yang dekat dengan Pantai Parangtritis. Karena hotel ini memang tidak jauh dari Pantai Parangtritis.

Juga di Goa, Bantul, Jepang, ada juga spot foto seperti sepatu bunga raksasa.

Saran Tambahan

Tempat ini tidak dikelola sebagai tempat wisata sejarah lainnya seperti museum. Namun keberadaannya tidak terlepas dari sejarah pendudukan Jepang di Indonesia.

Anda dapat membawa serta anak-anak Anda sambil mendidik mereka tentang sejarah nusantara.

Bagi Anda yang suka memotret, di sini Anda bisa memotret dan akan dikenakan biaya Rp. 3.000.

Selain itu, tentu saja Anda dapat mengajak anak-anak Anda bertualang untuk mengunjungi beberapa bagian lain Goa Jepang.

Harga Tiket dan Parkir Goa Jepang

Harga Tiket dan Parkir Goa Jepang

Harga tiket masuk untuk memasuki Gua Jepang Bantul saat ini gratis. Anda dapat dengan bebas mengetahui sejarah Goa Jepang di kabupaten Bantul dengan kepuasan.

Tetapi meskipun belum ada biaya masuk jika Anda ingin mengabadikan momen tersebut dengan mengambil gambar, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3000 rupiah saja.

Anda juga akan dikenakan biaya parkir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi. Biaya parkir adalah Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Bendo

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Goa Jepang Bantul. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Goa Jepang Bantul Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Pantai Ngetun

Bang Yolan
3 min read

Wisata Pantai Kayu Arum

Bang Yolan
3 min read

Wisata Pantai Ngobaran

Bang Yolan
3 min read