Wisata Pantai Indrayanti

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Indrayanti yang ada di Kabupaten Gunung Kidul di wilayah Yogyakarta.

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan sejarah, budaya, dan seni. Tetapi kota Jogja memiliki banyak tempat wisata menarik dan unik yang sangat menarik bagi wisatawan lokal dan asing.

Dan wisata yang saat ini menarik dijadikan pilihan alternatif bagi para wisatawan untuk menghilangkan kejenuhan dan menghabiskan masa liburan ialah dengan pergi ke pantai.

Ada puluhan pantai di Jogja yang dibuat oleh wisatawan untuk berlibur, mulai dari pantai dengan pasir hitam dan pasir putih.

Jika kalian ingin berkunjung pantai dengan warna pasir yang putih maka Anda dapat menemukannya di daerah sekitar Gunung Kidul namun jika Anda ingin pantai yang memiliki pasir berwarna hitam Anda dapat menemukannya di daerah Bantul.

Salah satu pantai dengan pasir putih yang hingga kini banyak dikunjungi adalah Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai yang menarik di Gunung Kidul. Pantai ini menyajikan keindahan panorama yang sangat unik dibandingkan dengan pantai lain di Gunung Kidul.

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai yang sering direkomendasikan oleh wisatawan. Karena Pantai Indrayanti cukup terkenal untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Pantai Indrayanti tidak terlalu berbeda dengan pantai di Gunung Kidul yang lainnya, memiliki pemandangan indah, pasir halus lebar, dan laut biru bersih.

Pantai ini tidak disebut Pantai Indrayanti seperti kita sekarang. Pemerintah di daerah Gunung Kidul menamakan pantai ini dengan nama Pantai Sawal atau sering disingkat Pantai Pulsa seolah-olah penghuninya ada di sekitar pantai.

Dahulu pantai, yang masih disebut Pantai Sawal, tidak terpikirkan oleh para pembangun dan kegiatan pariwisata.

Sehingga kondisi di sekitar pantai itu ditumbuhi tanaman pandan laut dan semak belukar oleh penduduk setempat untuk dijadikan pakan ternak.

Sekitar 2009 ada pihak swasta yang mencoba mendirikan kafe dan restoran di pantai. kafe dan restoran diberi nama Indra dan Yanti sehingga disingkat “Indrayanti”.

Tidak disangka, kafe dan restoran ini banyak didatangi oleh wisatawan, sehingga membuat masyarakat di sekitar pantai membuat berbagai fasilitas agar membuat wisatawan nyaman.

Hanya dalam kurung waktu yang singkat nama pantai Indrayanti populer serta membuat pantai ramai dengan pengunjung dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Apa itu Pantai Indrayanti?

Wisata Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti atau disebut Pantai Pulang Sawal adalah salah satu wisata pantai yang eksotis dan menarik yang terletak di Dusun Ngasem, Kecamatan Tepus, Desa Sidoharjo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Depok

Lokasi Pantai Indrayanti

keindahan pantai indrayanti

Lokasi Pantai Indrayanti cukup aman untuk dijangkau karena jalan menuju Pantai Indrayanti cukup layak untuk dilalui, tetapi ada beberapa jalan yang masih naik turun dan berputar.

Jadi jika Anda ingin mengunjungi Pantai Indrayanti, diharapkan berhati-hati. Lokasi pantai dari pusat kota Jogja cukup jauh.

Pantai ini berbatasan dengan pantai-pantai di Gunung Kidul seperti Pantai Sundak, Pantai Pok Tunggal, atau Pantai Krakal.

Lokasi tepat Pantai Indrayanti adalah di Desa Tepus, Distrik Tepus, Kabupaten Gunung Kidul di wilayah Yogyakarta.

Rute ke Pantai Indrayanti

spot foto pantai indrayanti

Rute menuju Pantai Indrayanti sudah cukup mudah dijangkau. Jika Anda pergi dari pusat Kota Jogja ke selatan melewati Jl. Mayor Suryotomo.

Manjutkan, melewati Jl. Brigadir Katamso ke persimpangan ke timur melalui Jl. Kolonel Sugiono, kemudian lanjutkan ke pertigaan ke selatan melalui Jl Sisingamangaraja.

Persimpangan ke timur melewati jalan bakulan Imogiri ikuti jalan sampai melewati jalan Imogiri Siluk terus ke Jalan Silog Panggang lurus melalui jalan raya panggang Wonosari.

Lalu melewati jalan sel pantai Jawa ikuti jalan maka Anda akan sampai ke Pantai Indrayanti.

Jarak dari pusat Kota Jogjakarta ke wisata Pantai Indrayanti cukup jauh, yaitu sekitar 65,9 kilometer dan waktu tempuh kendaraan bermotor dari pusat kota Jogja ke Pantai Indrayanti sekitar 1 jam 47 menit.

Baca Juga: Wisata Pantai Samas

Fasilitas Pantai Indrayanti

Fasilitas Pantai Indrayanti

Ada berbagai fasilitas yang tersedia di Pantai Indrayanti untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang mengunjungi Pantai Indrayanti, yaitu sebagai berikut

  • Toilet
  • Gazebo
  • Tempat ibadah
  • Toko suvenir
  • Warung makanan
  • Penginapan
  • Area parkir besar
  • Jet ski
  • Naik game anak-anak

Harga Tiket dan Parkir

Harga tiket masuk ke Pantai Indrayanti cukup terjangkau, yaitu Rp. 10.000 / orang.

Dan untuk berteduh di payung di pantai, bayaran sebesar Rp. 20.000, untuk bermain jet ski pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 250.000 setiap 15 menit.

Harga tiket masuk sudah include tiket masuk ke berbagai pantai Gunung Kidul yang lainnya.

Sedangkan untuk harga parkir kendaraan, anda dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 untuk mobil dan Rp. 4000 untuk sepeda motor.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tunggal

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Indrayanti. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Pantai Indrayanti Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.