Wisata Pantai Ngobaran

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Ngobaran yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunungkidul adalah daerah yang sangat terkenal dengan keindahan tempat wisata, salah satunya adalah pantai yang tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan pantai Kuta dan Tanah Lot di Bali.

Pantai Ngobaran adalah pantai yang cukup unik, menarik dan eksotis jika dibandingkan dengan pantai-pantai di Bali.

Pada saat air surut ada banyak rumput laut coklat atau hijau, rumput laut ini tumbuh di sela-sela karang yang akan terlihat seperti sawah jika dilihat dari atas.

Di sela-sela karang ada juga puluhan spesies hewan laut, seperti bintang laut, landak laut, hingga kelompok kerang.

Salah satu yang membuat Pantai Ngobaran berbeda karena ada tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan yang berdiri berdekatan.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan air jernih dan ombak yang tidak terlalu besar.

Di masa lalu ada Kerajaan Majapahit yang diserang oleh pemimpin Kerajaan Demak yaitu Raden Patah yang merupakan anak dari Brawijaya V.

Pada saat itu Brawijaya enggan melawan putranya sendiri, Brawijaya V juga melarikan diri ke Pantai Ngobaran.

Karena ia tidak menemukan jalan keluar dari Pantai Ngobaran, ia juga melakukan ritual pembakaran diri atau yang disebut ritual moksa. Selama upacara, api yang dihasilkan membuat api besar.

Karena itu muncul istilah “Ngobaran”. Tetapi beberapa orang lokal percaya bahwa Brawijaya V tidak terbakar sendiri, karena hanya anjing yang dapat ditemukan.

Ritual itu dilakukan untuk menipu Raden Patah karena Brawijaya V tidak mau mengikuti ajaran Islam. Namun dalam cerita lain juga disebutkan bahwa Raja Brawijaya V membakar dirinya dengan salah satu istrinya.

Di sini Anda bisa mencicipi bulu babi yang dikenal sebagai makanan laut yang memiliki cita rasa tinggi di dunia kuliner internasional. Landak laut sendiri memiliki rasa yang sama dengan kombinasi tiram dan kepiting.

Selain itu Anda juga dapat berburu berbagai tempat foto terbaik. Pantai Ngobaran dikelilingi oleh tebing dan ditambah dengan ombak ombak yang menghasilkan pemandangan eksotis.

Anda juga dapat menuju ke atas batu untuk mendapatkan tempat foto terbaik. Pantai ini juga digunakan untuk foto prewedding karena latar belakangnya yang sangat indah.

Anda juga dapat pergi ke puncak bukit di Pantai Ngobaran, dari puncak bukit Anda akan dilayani oleh pemandangan pantai yang lebih luas.

Tetapi karena pantai ini juga termasuk pantai selatan, tidak disarankan untuk berenang.

Lokasi Pantai Ngobaran

Wisata Pantai Ngobaran

Lokasi pantai Ngobaran sudah cukup mudah dijangkau karena jalan menuju wisata pantai sudah baik dan layak dilewati.

Alamat Pantai Ngobaran tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Pantai Ngobaran

Rute ke Pantai Ngobaran

Rute menuju Pantai Ngobaran sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta ke timur, lewati KH. Ahmad Dahlan menuju ke Jalan Panembahan Senopati 9.

Tiba di perempatan ke selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, kemudian terus sampai dia mencapai persimpangan ke timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono.

Sampai di pertigaan ke selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, lalu terus lurus menuju Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke timur melalui Jalan Imogiri Bakulan.

Hingga pertigaan ke barat melalui Jalan Imogiri Siluk kemudian terus melewati Jalan Siluk Panggang, kemudian terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, kemudian terus mengikuti Jalan Siluk Panggang.

Kemudian mencapai T – persimpangan ke timur melalui Jalan Wonosari Panggang, kemudian tiba di persimpangan ke selatan mengikuti jalan yang ada, terus sepanjang jalan yang ada sampai Anda akan tiba di Pantai Ngobaran.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Ngobaran cukup jauh, yaitu sekitar 53,6 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Jogja ke Pantai Ngobaran adalah sekitar 1 jam 35 menit.

Baca Juga: Wisata Pantai Ngandong

Daya Tarik Pantai Ngobaran

Daya Tarik Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran dikenal sebagai tempat ritual penganut agama dan kepercayaan tertentu.

Di daerah ini Anda bisa melihat tempat-tempat ibadah seperti masjid yang berdiri berdampingan dengan candi-candi yang menghadap ke laut, ada juga tempat-tempat ibadah kepercayaan agama seperti kejawen dan kejawan.

Kejawan adalah aliran kepercayaan yang ditinggalkan Prabu Brawijaya V. Ada juga beberapa patung yang sering digunakan untuk upacara keagamaan tertentu.

Di puncak tebing di sekitar pantai terletak sebuah kotak batu di depan rumah joglo yang dikelilingi oleh pagar kayu abu-abu.

Dikatakan bahwa menurut kisah kotak batu adalah tempat Prabu Brawijaya V membakar dirinya. Menurut masyarakat setempat, Prabu Brawijaya V adalah keturunan terakhir kerajaan Majapahit.

Prabu Brawijaya V melarikan diri dari istana bersama 2 istrinya, Bondang Surati dan Dewi Lowati.

Berdasarkan cerita itu, penganut aliran bangsawan, yakni aliran kepercayaan dari Prabu Brawijaya, kerap menggelar ritual di tempat ini.

Selain itu, pengikut Hindu sering melakukan upacara Galungan setiap bulan purnama dan upacara Melastri yang merupakan rangkaian upacara Nyepi.

Begitu juga dengan penganut sekte Jawa yang setiap malam Selasa dan Jumat mereka mengadakan ritual di tempat ini.

Karena itu ketika Anda memasuki area pantai ini, Anda akan disambut oleh suasana mistis.

Selanjutnya, jika Anda berkunjung pada sore hari maka Anda akan melihat aktivitas nelayan yang mencari kehidupan laut seperti landak laut, bintang laut, lobster dan kerang.

Kehidupan laut ini ditemukan di cekungan yang terletak di antara bebatuan.

Baca Juga: Wisata Pantai Depok

Fasilitas

Fasilitas di Pantai Ngobaran cukup lengkap bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Pantai Ngobaran, yaitu:

  • Toilet umum
  • Tempat ibadah
  • Warung makanan
  • Area parkir
  • Toko oleh-oleh khas Pantai Ngobaran
  • Layanan Foto
  • Tempat istirahat

Harga Tiket dan Parkir Pantai Ngobaran

Harga Tiket dan Parkir Pantai Ngobaran

Harga tiket masuk untuk Pantai Ngobaran sangat murah, hanya Rp. 3.000, dan termasuk tiket masuk ke Pantai Ngrenehan. Harganya murah untuk memasuki kawasan pantai di Gunungkidul.

Adapun biaya parkir di Pantai Ngobaran, yaitu:

  • Sepeda motor = Rp. 3.000
  • Mobil = Rp5.000
  • Minibus = Rp. 15.000
  • Bus = Rp. 20.000

Baca Juga: Wisata Pantai Nglambor

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Ngobaran. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Ngobaran Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.