Wisata Pantai Nglambor

4 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Nglambor yang ada di Kabupaten Sleman daerah istimewa Jogjakarta.

Akhir-akhir ini kegiatan wisata geliat di Jogja semakin berkembang, termasuk wisata pantai di Yogyakarta, terutama di Gunungkidul.

Ada puluhan pantai indah di Gunungkidul yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin mengunjungi pantai di Jogja.

Setiap pantai di Gunungkidul memiliki keunikan dan karakteristiknya masing-masing.

Ada pada saat yang sama pusat pengolahan makanan laut, pantai dengan laguna yang indah, pantai yang dapat digunakan untuk berselancar ke pantai yang dapat digunakan untuk snorkeling.

Pantai di Jogja tidak hanya untuk bermain tetapi juga untuk kegiatan seperti snorkeling, tepatnya di Pantai Ngelambor.

Mungkin Anda yang pernah mengunjungi salah satu pantai selatan di Jogja akan berpikir apakah Anda bisa langsung menghadap Samudera Hindia untuk kegiatan seperti snorkeling?

Bagaimana dengan ombak yang terkenal ganas dan besar? Apakah aman untuk berenang dan bermain di sana?

Pertanyaan itu yang biasa ditanyakan oleh sebagian orang, Pantai Ngelambor memang berada di deretan pantai lain yang juga berhadapan dengan Samudra Hindia.

Tetapi Pantai Nglambor memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya dua gunung karang besar sehingga menjadi pemecah gelombang sehingga Ombak mencapai bibir pantai cenderung tenang dan aman untuk berenang.

Pantai Nglambor dulunya adalah pantai yang sangat sunyi yang bahkan tidak masuk jajaran pantai di daerah Gunungkidul yang wajib dikunjungi wisatawan.

Pantai yang tidak begitu luas dan kondisi akses jalan menuju pantai yang masih sulit membuat wisatawan enggan berkunjung.

Ada satu keluarga yang tinggal tidak jauh dari pantai ini, mereka adalah Mbah Tukiyem dan Mbah Kartomo.

Mereka tinggal di dekat Pantai Nglambor untuk menjaga kandang ternak mereka.

Sebagian besar masyarakat Gunungkidul masih memiliki ladang yang terletak tidak jauh dari pantai yang biasanya dibangun kandang ternak dan untuk menanam setelah panen.

Mereka tinggal di dekat Pantai Nglambor untuk melindungi kandang dari monyet yang sering datang dan sering mengambil hasil panen petani dan bahkan merusak apa yang telah ditanam oleh petani.

Saat geliat wisata pantai di Gunungkidul meroket, Pantai Nglambor masih sepi tanpa ada wisatawan yang singgah.

Hingga suatu hari sekelompok orang menyadari potensi yang dimiliki oleh Pantai Nglambor yang tidak dimiliki oleh pantai lain di Gunungkidul.

Yaitu snorkeling dan mulai mempromosikan Pantai Nglambor sebagai pusat snorkeling di kawasan wisata pantai Gunungkidul.

Sekarang Pantai Nglambor telah menjadi tujuan wisata favorit bagi para pengunjung yang mau menikmati indahnya bawah laut di pantai Gunungkidul.

Bagi masyarakat Yogyakarta dan wilayah sekitarnya tidak perlu pergi jauh ke Bali atau Lombok untuk merasakan sensasi snorkeling yang belum pernah ada sebelumnya. ada di Yogyakarta.

Meski kini sudah ramai dikunjungi wisatawan, Pantai Nglambor tetap mempertahankan keindahan dan keaslian alam yang ada dengan tidak merusak biota laut yang ada dan tetap menjaga keindahan dan keamanan pengunjung.

Selain snorkeling Anda juga bisa hanya bersantai di pantai atau Anda juga bisa trekking di sepanjang bukit di sekitar Pantai Nglambor.

Apa itu Pantai Nglambor?

wisata Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah pantai eksotis yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasinya berada di sebelah barat Pantai Siung dan sebelah timur Pantai Jogan.

Baca Juga: Wisata Pantai Samas

Hal Menarik di Pantai Nglambor

Panorama alam di pantai Nglambor sangat menarik dan indah. Tapi tidak hanya itu, bahkan di pantai Nglambor ada banyak tempat wisata yang bisa Anda nikmati bersama keluarga dan teman.

Apa saja atraksi yang disediakan di pantai di Gunungkidul? Ini adalah objek wisata di pantai Nglambor.

1. Wahana Snorkeling

Foto Bawah Air pantai nglambor

Melihat langsung kehidupan laut dalam bentuk kerang dan ikan khas berbagai jenis laut adalah kegiatan yang menyenangkan dan membuat ketagihan.

Di pantai ini, kegiatan ini bisa dilakukan. Tenang saja, meski ombaknya cukup besar, tapi snorkeling dilakukan di area yang aman.

Daerah ini diapit oleh dua kerang besar yang dikatakan orang disebut penjaga pantai penyu raksasa.

Selain itu, peralatan snorkeling lengkap juga tersedia dengan harga sewa yang terjangkau. Saat melakukan aktivitas snorkeling yang mengasyikkan ini Anda bisa menikmati hingga puas.

Namun, perlu diperhatikan agar berhati-hati, terutama agar tidak menginjak terumbu karang. Jika Anda menginjaknya, itu akan berdampak pada terumbu karang yang menjadi rusak.

Ada dua penyewaan peralatan snorkeling di pantai Nglambor ini. Anda dapat memilih satu. Tetapi sebelum itu, lebih baik untuk menghubungi penyewa alat untuk memastikan itu tidak habis saat di tempat.

Siapkan juga alam untuk mengabadikan momen snorkeling dan pemandangan bawah laut pantai Nglambor.

2. Jalur Trekking

Pantai Nglambor terletak di daerah yang memiliki banyak tebing dan bukit. Jika Anda ingin wisata alam yang menantang, Anda dapat mencoba kendaraan trekking ini.

Maka jika Anda telah mencapai puncak, Anda akan dapat menyaksikan pemandangan dari atas bukit.

Lengkap dengan pemandangan area snorkeling, dua batu raksasa, dan pemandangan pantai dan cakrawala. Anda juga bisa melihat pemandangan pantai di sekitar pantai Nglambor.

3. Menyusuri Pantai Nglambor

Setelah mencoba berbagai atraksi seperti snorkeling dan trekking, saatnya berjalan-jalan santai untuk menikmati pantai Nglambor yang indah.

Berjalan di sepanjang pantai sambil bermain pasir atau mencicipi ombak akan sangat menyenangkan. Anda juga bisa mampir ke pantai lain yang berdekatan dengan pantai ini.

4. Foto Bawah Air

Wahana Snorkeling pantai nglambor

Akhir-akhir ini foto bawah air telah menjadi populer di media sosial. Anda bisa melakukannya di pantai Gunungkidul ini.

Siapkan penutup kamera yang tahan air dengan kualitas baik sehingga air laut tidak masuk dan merusak ponsel Anda. Atau jika ada, gunakan kamera bawah air khusus.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tunggal

Lokasi Pantai Nglambor

Lokasi Pantai Nglambor cukup jauh jika diambil dari pusat kota Jogja, yang terletak di sebelah tenggara kota Jogja atau di Kabupaten Gunungkidul.

Lokasi ini dekat dengan tujuan wisata pantai lainnya di kawasan pantai Gunungkidul termasuk Pantai Siung dan Pantai Jogan.

Untuk pergi ke Pantai Nglambor Anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum belum tersedia dari dan ke Pantai Nglambor.

Lokasi tepatnya Pantai Nglambor adalah di Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Pantai Nglambor

Rute ke Pantai Nglambor

Rute menuju Pantai Nglambor cukup sulit diakses, karena lokasinya jauh dari pusat kota Jogja.

Rute menuju Pantai Nglambor cukup rumit dan Anda harus teliti jika ini pertama kali Anda datang ke area pantai Gunungkidul, untuk mencapai pantai ini Anda bisa menyusuri jalan menuju Pantai Siung.

Setelah melewati pos retribusi, Anda akan bertemu pertigaan. Di pertigaan, Anda belok kanan dan ikuti pintu masuk ke Pantai Nglambor. Pantai Nglambor berada di ujung jalan.

Kondisi jalannya tidak terlalu lebar sehingga bus pariwisata tidak bisa masuk. Mobil tidak bisa sampai ke bibir Pantai Nglambor. Anda perlu berjalan atau naik ojek untuk mencapai Pantai Nglambor.

Jarak kota Jogja ke Pantai Nglambor adalah sekitar 72 KM dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam 12 menit.

Fasilitas Pantai Nglambor

Fasilitas Pantai Nglambor dapat dikatakan cukup baik bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Nglambor.

Berikut ini adalah berbagai fasilitas Pantai Nglambor yang sangat membantu wisatawan ketika mengunjungi Pantai Nglambor:

  • Layanan snorkeling
  • Layanan ojek
  • Warung
  • Toilet
  • Mushola
  • Parkir

Harga Tiket dan Parkir Pantai Nglambor

Harga tiket Pantai Nglambor sebenarnya sangat terjangkau tetapi jika Anda ingin bermain snorkeling Anda harus mengeluarkan lebih banyak.

Tapi tenang saja dengan harga itu, Anda sudah mendapatkan paket dari konter yang menyediakan layanan snorkeling termasuk Anda akan mendapatkan satu set peralatan snorkeling, air minum, foto bawah air untuk panduan.

Untuk tiket masuk ke Pantai Nglambor, dikenakan biaya sebesar Rp5.000 (termasuk tiket ke Pantai Siung).

Sedangkan untuk sewa peralatan snorkeling biayanya antara Rp 35.000 – Rp 50.000 tergantung pada masing-masing konter dan tergantung pada fasilitas yang disediakan.

Jika Anda tidak ingin lelah berjalan kaki dari tempat parkir ke Pantai Nglambor, Anda dapat menggunakan layanan ojek hanya dengan Rp. 5.000.

Untuk biaya parkir Anda hanya perlu menghabiskan Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Pantai Ngandong

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Ngambor. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Pantai Nglambor Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.