Wisata Studio Alam Gamplong

4 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Studio Alam Gamplong yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Budaya dan pariwisata adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari kota Yogyakarta, kota yang terkenal dengan Gudegnya ini memang dikenal memiliki kekayaan budaya dan wisata yang luar biasa.

Bicara soal pariwisata, Yogyakarta bisa dibilang surga, tentu tidak berlebihan karena kota yang dulunya ibukota Indonesia tidak pernah kehabisan tujuan wisata.

Baru-baru ini ada tujuan wisata yang sedang dibahas di antara orang-orang Yogyakarta dan sekitarnya, tujuan wisata adalah Studio Nature Gamplong.

Studio Gamplong Alam adalah tujuan wisata yang memulai pembangunan pada akhir 2017, tempat ini dibangun oleh Mooryati Soedibyo sebagai pendiri dan pemilik Mustika Ratu Group.

Tujuan wisata yang berdiri di atas lahan seluas dua hektar ini awalnya dibangun untuk tujuan syuting film Sultan Agung The Untold Story.

Sekedar informasi, film Sutan Agung adalah film bergenre drama kolosial yang mengisahkan perjuangan Sultan Agung, film ini disutradarai oleh sutradara nasional terkenal, Hanung Bramantyo.

Film, yang juga dibintangi Putri Indonesia 2015 Anindya Putri, mengambil pengaturan abad ke-16 dan ke-17.

Kemudian setelah penelitian ekstensif ke lokasi penembakan oleh Hanung Bramantyo dan tim dari Mooryati Soedibyo, Desa Wisata Gamplong dipilih sebagai lokasi syuting.

Lokasi yang masih asri membuat Desa Wisata Gamplong dianggap sebagai lokasi yang tepat untuk pembuatan film ini, kemudian setelah terpilih sebagai lokasi syuting 2 hektar lahan dikonversi menjadi area Indonesia kuno.

Berbagai macam bangunan semi permanen yang mencerminkan kehidupan masyarakat Indonesia pada abad ke 16 dan 17 berdiri di wilayah ini.

Mulai dari Gerbang Istana Karta Sultan, Aula Keraton Karta Alit, Aula Ageng Keraton Karta, Holandia atau Batavia Benteng, Wilayah Desa Mataram, hingga Desa Pecinan masa lalu ada di tempat ini.

Bangunan-bangunan tersebut menjadi daya tarik utama tempat ini, nuansa Indonesia pada abad 16 & 17 menjadi latar belakang foto yang menarik.

Selain itu masih banyak lagi properti Indonesia dan bangunan Tempoe Doeloe yang dapat dijadikan spot foto menarik.

Setelah selesai menggunakan syuting film Sultan Agung bangunan di Studio Gamplong tidak lantas jatuh begitu saja.

Mooryati Soedibyo selaku pemilik Studio Gamplong memberikan tempat ini kepada Pemerintah Kabupaten Sleman.

Ia berharap dengan adanya Studio Alam Gamplong dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Gamplong dan sekitarnya.

Pelantikan dilaksanakan pada hari Minggu sore 15 Juli 2018 dan dihadiri oleh Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo, selain itu presiden juga berharap agar tempat ini bisa menjadi tujuan wisata favorit di Jogja.

Setelah digunakan dalam pembuatan film pembuatan Sultan Agung dan dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Gamplong Nature Studio kembali booming setelah digunakan sebagai lokasi syuting untuk Bumi Manusia.

Sekedar informasi juga film Bumi Manusia adalah film bergenre drama sejarah yang mengisahkan tentang dua anak manusia yang bercinta di atas panggung perjuangan tanah kolonial pada awal abad ke-20.

Film ini juga disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi seorang terkenal Aktor dalam negeri yaitu Iqbal Ramadhan.

Setelah dijadikan sebagai salah satu lokasi pemotretan Bumi Bumi tempat ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Kebanyakan dari mereka penasaran dan ingin berfoto dengan latar belakang bangunan yang dijadikan lokasi syuting film tersebut. Film Bumi Manusia.

Kemudian setelah membuat film untuk kedua kalinya untuk kedua kalinya, julukan ‘Mini Hollywood’ semakin melekat pada Gamplong Nature Studio.

Dan akhirnya sebagai catatan bagi siapa saja yang ingin mengunjungi tempat ini untuk menjaga bangunan dan fasilitas dengan baik dan tidak merusak apa pun di tempat ini.

Lokasi Studio Alam Gamplong

Wisata Studio Alam Gamplong

Lokasi Gamplong Alam Studio sangat mudah dijangkau, secara administratif Gamplong Alam Studio terletak di Gamplong 1.

Sumberrahayu, Moyudan, Dusun, Sumberrahayu, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB.

Rute ke Studio Alam Gamplong

Rute ke Studio Alam Gamplong

Rute ke Gamplong Nature Studio juga cukup mudah, dari pusat Yogyakarta Anda semua bisa langsung menuju ke barat lalu terus lurus di sepanjang jalan utama sampai Anda mencapai Jalan Wates.

Di persimpangan di Jalan Wates tolong sobat semua belok kanan lalu lanjutkan lurus sampai kalian semua melintasi jembatan kereta api.

Lalu setelah melintasi jembatan kereta api silakan belok kiri lalu ikuti jalan sampai kalian semua melihat lapangan, lalu belok kiri dan ikuti jalan sekitar 300 meter dan kalian semua akan tiba di Gamplong Studio Alam.

Jika dihitung jarak dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 30 km dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Baca Juga: Wisata Edukasi Omah Salak

Daya Tarik & Keunikan Studio Alam Gamplong

Daya Tarik dan Keunikan Studio Alam Gamplong

Alam Gamplong Studio adalah salah satu tujuan desa wisata yang telah terkenal sejak 1950-an karena barang-barang kerajinannya.

Baru-baru ini di desa ini dibangun sebuah studio alami yang sangat menarik dan menjadi ramai karena tempat fotonya yang menarik.

Berikut adalah beberapa keunikan dan daya tarik yang ditawarkan oleh Desa Wisata Gamplong:

  • Gamplong Studio Alam Sleman

Tempat ini diberi julukan “Mini Hollywood” karena itu adalah lokasi syuting film Sultan Agung The Untold Love Story oleh Hanung Bramantyo.

Para pengunjung yang datang akan disuguhkan suasana di abad ke 16 dan 17 yang dibangun di atas tanah kas desa.

Beberapa bangunan dibangun secara semi permanen, seperti rumah-rumah Jawa kuno yang terbuat dari anyaman bambu, kios sapi dan gerobak kayu.

Aula Ageng Keraton Karta, Aula Keraton Karta Alit, Gerbang Karta Keraton Kerajaan Mataram, Benteng Hollandia dan Batavia, Kampung Pecinan masa lalu, dan Wilayah Desa Mataram.

Bangunan dan pengaturan yang awalnya dibuat untuk keperluan syuting akhirnya diberikan kepada pemerintah daerah dan akhirnya berkembang menjadi salah satu tujuan wisata baru.

Meski baru mulai dibangun pada Oktober 2017, tempat wisata ini mendapat antusiasme dari masyarakat.

Lokasinya yang jauh dari kebisingan membuat para wisatawan akan dapat menikmati kehidupan pedesaan yang tenang dengan alam yang indah secara langsung.

Para pengunjung yang datang pada saat yang sama dapat belajar tentang budaya dan sejarah dengan melihat setiap sudut bangunan masa lalu di sini.

  • Pusat Kerajinan Tenun

Berada di desa wisata ini, para wisatawan yang datang akan melihat bagaimana penduduk lokal menenun kain lurik, stagen, dan kerajinan lainnya dengan keterampilan dan ketelitian.

Mereka menenun menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Selain melihat dan berbelanja di 15 toko tenun di sini, pengunjung juga dapat belajar menenun atau merajut langsung bersama para ahli.

  • Pusat Kreativitas dan Kerajinan

Selain terkenal dengan kerajinan tenunnya, orang-orang yang tinggal di desa ini juga terkenal karena keahlian mereka dalam memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menjadi produk yang siap diekspor.

Mereka dapat memanfaatkan batang kelapa, enceng gondok, akar wangi, dan memperbaiki produk seperti tas, aksesori, dompet, tikar, gorden, dan lainnya.

Ini adalah karya orang-orang di sini yang akhirnya menghiasi toko-toko suvenir, pusat-pusat suvenir baik di Yogyakarta dan pesanan dari luar kota dan bahkan luar negeri.

Baca Juga: Wisata Bukit Bintang Jogja

Fasilitas

Fasilitas Alam Gamplong Studio cukup lengkap, di tempat ini teman-teman semua akan menemukan berbagai fasilitas seperti:

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet
  • Warung makanan
  • Galeri
  • Toko suvenir
  • Berbagai tempat foto menarik

Harga Tiket dan Parkir Studio Gamplong

Harga Tiket dan Parkir Studio Gamplong

Harga tiket masuk ke Studio Alam Gamplong gratis atau tidak ada biaya sama sekali.

Anda semua hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil dan retribusi tulus pada kotak yang terletak di dekat pintu masuk ke tempat ini.

Baca Juga: Wisata Ice Cream World Jogja

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Studio Alam Gamplong. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Studio Alam Gamplong Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read