Wisata Pantai Depok

4 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Depok yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda bepergian ke Yogyakarta atau Jogja, ada satu hal yang saat ini sedang diburu oleh wisatawan, yaitu wisata pantai.

Di Jogja Anda akan diberikan 2 pilihan jenis wisata pantai, yang keduanya memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, yaitu jenis pantai pasir putih dan jenis pantai pasir hitam.

Jika Anda seseorang yang menyukai pantai pasir putih, maka Anda harus pergi ke daerah Gunungkidul yang kurang dari 2-3 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Ada banyak tujuan wisata pantai pasir putih di Gunungkidul yang dapat Anda jadikan tujuan wisata.

Tetapi sebaliknya jika Anda menginginkan pantai pasir hitam yang eksotis di Jogja maka Anda harus pergi ke daerah Bantul yang berjarak sekitar 1-2 jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Jangan salah pantai pasir hitam ini tidak kalah menarik dan indah dari pantai berpasir putih. Salah satu pantai berpasir hutam di daerah Bantul Yogyakarta yang dapat Anda jadikan pilihan liburan adalah Pantai Depok.

Pantai Depok sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai selatan serta untuk berburu kuliner, terutama olahan seafood. Yup, Pantai Depok sudah terkenal dengan pusat kuliner seafood di Jogja.

Bahkan pantai ini juga memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Karena itu, makanan laut olahan di Pantai Depok dijamin segar atau masih segar yang merupakan hasil tangkapan nelayan lokal.

Tidak heran jika Pantai Depok adalah destinasi pantai favorit bagi pencinta makanan laut atau seafood.

Mengenai sejarahnya, Pantai Depok hanya merupakan pantai yang kurang populer dan tidak ada kegiatan sampai sekitar tahun 1997.

Sejumlah nelayan dari daerah Cilacap datang untuk menemukan tempat yang cocok untuk berlabuh di Pantai Depok dan membawa ikan laut dalam bentuk ikan ke menawarkan kepada masyarakat di sekitar Pantai Depok.

Melihat ini, orang-orang di sekitar Pantai Depok, yang pada saat itu sebagian besar hidup sebagai tambang pasir pantai.

Tertarik sampai beberapa orang Pantai Depok memutuskan untuk mulai memancing dan diikuti oleh beberapa warga lainnya.

Pantai Depok bahkan lebih ramai dengan produk laut yang melimpah, sehingga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan warung dibangun dengan produk olahan makanan laut yang masih menjadi tujuan favorit bagi wisatawan.

Pantai Depok memiliki tempat strategis yang terletak tidak jauh dari Pantai Parangtritis yang sudah populer.

Tetapi di Pantai Parangtritis bukan merupakan pusat tangkapan laut sehingga dalam urusan kuliner makanan laut Depok, juara adalah juara.

Setelah selesai menjelajahi Pantai Depok dan perutnya sudah dipenuhi dengan makanan laut olahan yang lezat Anda dapat mengunjungi tujuan wisata lain di sekitar Pantai Depok.

Yaitu Pasir Dune yang merupakan fenomena alam unik yang kini juga menjadi tujuan favorit para wisatawan.

Tidak hanya itu, Pantai Depok kini dinobatkan sebagai pusat kegiatan aerosport atau aerospace karena Pantai Depok memiliki landasan pacu.

Untuk pesawat perintis atau pesawat kecil yang digunakan untuk kegiatan aerosport. Sangat menarik bukan?

Jika Anda berkunjung ke Jogja, Pantai Depok bisa menjadi alternatif pilihan wisata, terutama bagi Anda yang hobi makanan laut dan makanan laut.

Lokasi Pantai Depok

Wisata Pantai Depok

Lokasi Pantai Depok sangat mudah dijangkau karena terletak di kawasan wisata populer Pantai Parangtritis.

Memang lokasi Pantai Depok cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta tetapi untuk jalan atau aksesibilitas ke dan dari Pantai Depok sudah sangat layak dan bagus dan mudah dijangkau.

Alamat Pantai Depok adalah di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Siung

Rute ke Pantai Depok

Lokasi Pantai Depok

Rute menuju Pantai Depok cukup mudah dijangkau. Jika Anda dari arah Kota Yogyakarta maka Anda harus pergi ke Jalan Parangtritis dengan menuju ke selatan.

Jika Anda telah melewati Jalan Parangtritis, itu berarti bahwa perjalanan Anda tepat, Anda cukup mengikuti Jalan Parangtritis, terus lurus ke selatan sampai Anda menemukan jembatan yang sangat panjang.

Setelah itu, Anda akan menemukan pos retribusi atau loket pembayaran retribusi Pantai Parangtritis. Sebelum pos retribusi, Anda belok kanan dan Anda akan melihat papan nama Pantai Depok.

Ikuti jalan sampai Anda mencapai Pantai Depok. Jarak tempuh dari kota Jogja menuju Pantai Depok adalah sekitar 27,7 KM dengan waktu tempuh normal menggunkan kendaraan bermotor jika dari Kota Jogja ke Pantai Depok adalah sekitar 52 menit.

Fasilitas Pantai Depok

Fasilitas Pantai Depok saat ini dapat dikatakan memiliki fasilitas seadanya bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Depok, termasuk:

  • Warung makanan
  • Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat Foto
  • Taman Bermain

Baca Juga: Wisata Pantai Glagah

Objek Wisata di Pantai Depok

Objek Wisata di Pantai Depok

Meski Pantai Depok masih memiliki pasir hitam, pantai ini sering dianggap pantai perawan karena dianggap jarang disentuh pengunjung.

Pantai ini masih belum terlalu terpapar banyak orang, berbeda dengan pantai yang terletak di Gunungkidul, yang mayoritas sudah fokus pada peningkatan ekonomi warga setempat.

Seperti homestay, warung makan, persewaan tenda, dan lainnya. Berbeda dengan Pantai Depok, yang masih sangat minim untuk digunakan untuk bisnis warga setempat.

Namun justru itulah yang membuat pantai ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi karena pantainya yang masih asri dan cocok untuk digunakan sebagai tempat bepergian bersama kerabat dan keluarga.

Di pantai ini juga dilengkapi dengan LifeGuard dari tugas keamanan pantai sehingga keamanan dan kenyamanan pengunjung tetap terjaga.

Bagi wisatawan yang suka bepergian wajib mengunjungi Pantai Depok di Jogja karena memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi dan sajian kulinernya adalah sesuatu yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa tujuan wisata di kawasan Pantai Depok meliputi:

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai ini dikatakan seribu saudara dari Pantai Depok. Pantai berpasir hitam ini terletak di sebelah Pantai Depok. Selain terletak di satu kawasan, pantai ini juga menjadi ikon wisata kota Jogja hingga sekarang.

Baca Juga: Wisata Pantai Parangtritis

2. Sand Dune

Gundukan pasir adalah area bukit pasir yang bersebelahan dengan Pantai Goa Cemara. Tempat ini juga sangat fenomenal di kalangan anak muda zaman sekarang yang biasanya digunakan untuk berfoto.

Di tempat ini pengunjung biasanya menggunakan tempat bermain pasir di mana papan selancar dapat disewa di tempat ini.

Selain itu, bukit pasir pasir juga memiliki beberapa tempat untuk mengambil foto seperti ayunan kayu dan semacam penjaga pantai dari kayu yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengambil gambar di atas.

3. Pantai Goa Cemara

Selain Pantai Parangtritis, Pantai Goa Cemara juga dapat dipilih sebagai tujuan baru ketika mengunjungi Jogja.

Pantai ini memiliki pasir hitam seperti Pantai Depok dan Parangtritis, dan yang lebih indah lagi,.

Pintu masuk ke area pantai dipenuhi pepohonan seperti pohon pinus di kedua sisi jalan sehingga bisa digunakan untuk tempat foto yang indah.

4. Landasan Pacu Pesawat Terbang

Meski hanya landasan pacu pesawat terbang, tempat ini sering menjadi incaran pengunjung untuk sekadar berfoto atau bermain sepeda.

Hamparan tempat dengan aspal yang luas, pengunjung biasanya menggunakan untuk berburu siluet di daerah ini.

5. Kuliner

Tidak hanya menawarkan suguhan keindahan pantai murni di Pantai Depok dan berbagai tempat di tujuan wisata lainnya di kawasan ini.

Pantai Depok juga memiliki pasar ikan yang menjual berbagai hasil tangkapan laut seperti kepiting, cumi-cumi atau udang. Harga yang ditawarkan agak lebih murah daripada membelinya di pasar.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Depok

Harga tiket untuk Pantai Depok adalah Rp 10.000. Sedangkan biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil.

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Depok. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Pantai Depok Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.