Wisata Kebun Teh Nglinggo

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Kebun Teh Nglinggo yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di daerah Yogyakarta banyak sekali pariwisata yang sangat terkenal. Salah satu tur tersebut adalah wisata alam kebun Teh Nglinggo.

Areal kebun Teh Nglinggo tidak seluas kebun teh lainnya karena area ini hanya menempati lahan seluas beberapa hektar dan di sekitarnya merupakan taman penduduk setempat.

Berada di Kebun Teh ini, pengunjung akan merasakan suasana damai dan tenang, terutama jika berada di tengah-tengah pohon teh menambah rasa nyaman dan sejuk.

Selain pemandangan yang indah, di Kebun Teh Nglinggo ini pengunjung dapat belajar cara memetik teh dengan benar. Cara ini bisa diketahui dari penduduk setempat yang merupakan petani di kebun teh ini.

Mereka bahkan mengundang para pengunjung untuk melihat pengolahan teh dan juga menawarkan teh kepada pengunjung untuk minum. Untuk naik ke bukit pengunjung harus melewati tangga yang terbuat dari bambu.

Dari puncak puncak pengunjung dapat melihat hampir semua bagian kebun Teh Nglinggo dengan pemandangan yang sangat indah.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di kebun Teh Nglinggo ini, yang pertama adalah trekking di sekitar kebun teh.

Pengunjung diperbolehkan melakukan trekking selama mereka tidak mencemari daerah ini.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit di puncak kebun Teh Nglinggo di sore dan pagi hari.

Bagi pengunjung yang tidak mau ketinggalan melihat matahari terbit dapat menginap di tempat wisata ini karena pengelola telah menyiapkan tempat menginap yang telah diberikan fasilitas dengan harga dan paket tertentu untuk pengunjung.

Pengunjung juga dapat menikmati tur ke luar negeri dengan Jeep. Pengunjung akan menjelajahi bukit Menoreh dengan medan yang akan menguji adrenalin dan sangat menegangkan.

Wisata Offroad memiliki 3 rute, yang pertama adalah rute pendek yaitu 2 jam, yang kedua adalah rute sedang yaitu 4 jam dan yang terakhir adalah rute panjang yang memiliki 6 jam.

Selain itu pengunjung juga dapat pergi ke rumah pohon atau melihat pos untuk menikmati dan melihat pemandangan yang lebih luas.

Pos pengamatan ini mengarah ke gunung dan bukit, sehingga seluruh pemandangan alam akan terlihat lebih indah.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner di sini, ada beberapa warung yang menyajikan makanan hangat dan minuman untuk pengunjung.

Pengunjung juga dapat berfoto di sekitar kebun Teh Nglinggo. Tempat paling populer untuk foto adalah postingan karena memiliki latar belakang yang indah dan membuat foto terlihat lebih baik.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo

Wisata Kebun Teh Nglinggo

Lokasi Kebun Teh Nglinggo sangat mudah dijangkau karena jalan atau aksesibilitas ke dan dari Kebun Teh Nglinggo sudah layak dan bagus.

Namun lokasi Kebun Teh Nglinggo cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat pasti Kebun Teh Nglinggo adalah di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Kebun Teh Nglinggo

Rute ke Kebun Teh Nglinggo

Rute menuju Kebun Teh Nglinggo cukup mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta, kemudian ke barat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, kemudian terus lurus melalui Jalan Wates.

Sampai di perempatan ke utara ke Jalan Ringroaad Barat, terus lurus sampai perempatan ke barat ke Jalan Godean, sampai di persimpangan ke utara ke Jalan Gedongan – Tempel.

Jalan terus sampai pertigaan ke barat melewati Jalan Daratan 3, sampai pertigaan ke utara lalu ke barat.

Terus lurus sampai pertigaan ke selatan ke Jalan Kebon Agung kemudian di persimpangan ke barat ke Jalan Raya Banjararum, kemudian lanjutkan lurus ke Samigaluh Loano Street.

Sampai persimpangan itu menuju barat ke Jalan Nglinggo Barat. terus sepanjang jalan sampai Anda akan tiba di kebun Teh Nglinggo

Jarak dari Kota Jogja ke Kebun Teh Nglinggo adalah sekitar 38 KM dan waktu perjalanan normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja ke Kebun Teh Nglinggo adalah sekitar 1 jam 15 menit.

Baca Juga: Wisata Kebun Buah Mangunan

Daya Tarik Kebun Teh Nglinggo

Daya Tarik Kebun Teh Nglinggo

Obyek Wisata Kebun Teh Nglinggo di Samigaluh Kulon Progo Yogyakarta meluncurkan produk teh bernama teh harum Suroloyo. Rencananya produk teh ini menjadi ikon kebuh teh di wilayah Samigaluh.

Sebelum berkolaborasi dengan petani kulonprogo tradisional untuk menjual daun teh mereka di luar wilayah. Sehingga secara ekonomi dirugikan karena tidak mengangkat nama wilayah samigaluh.

Dengan diluncurkannya produk teh ini, diharapkan selain ekonomis, nama samigaluh akan lebih dikenal. Selain produk teh, kebun teh samigaluh juga terkenal dengan puncak kedeng gunung kukusan.

Jalan menuju puncak sengaja tidak dicor, karena Anda benar-benar akan merasakan suasana alami pegunungan yang tergores dengan tanah merah lengket yang melekat pada alas kaki.

Jika Anda ingin bermalam untuk berburu matahari terbit atau menikmati pagi hari di kebun teh, sudah ada homestay yang tersedia lengkap dengan tempat tidur, toilet bersih.

Pemilik homestay akan menyiapkan makanan tradisional khas daerah Samigaluh. Area parkir juga telah disediakan sedemikian rupa sehingga dijamin mampu mengakomodasi kendaraan wisatawan.

Meskipun di musim kemarau, suasana di kebun Teh Nglinggo akan tetap hijau dan segar. Di pagi hari meskipun panas matahari tidak mampu melawan udara segar dari kebun teh nglinggo samigaluh.

Di kawasan wisata kebun teh Ngigo Samigaluh, ada juga gaya duduk utama di puncak becici di Imogiri Bantul dan wisata alam Kalibiru.

Baca Juga: Wisata Taman Hutan Raya

Fasilitas

Fasilitas Kebun Teh Nglinggo cukup lengkap bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Kebun Teh Nglinggo, termasuk:

  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Warung Makanan dan Minuman
  • Penginapan
  • Tempat istirahat

Harga Tiket dan Parkir untuk Kebun Teh Nglinggo

Harga Tiket dan Parkir untuk Kebun Teh Nglinggo

Harga tiket masuk untuk Kebun Teh Nglinggo sangat murah, yaitu Rp. 5.000, – / orang. Sedangkan biaya parkir di kebun Teh Nglinggo adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Baca Juga: Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Penutup

Nah, demikianlah informasi lengkap mengenai objek wisata Kebun Teh Nglinggo. Untuk wisatawan yang ingin berlibur di Yogyakarta anda wajib memasukan Kebun Teh Nglinggo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di artikel kami yang selanjutnya. Dan jangan lupa selalu jaga kebersihan dimanapun berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read