Wisata Stonehenge Cangkringan

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Stonehenge Cangkringan yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keinginan wisatawan memang berbeda-beda untuk menentukan tujuan yang ingin Anda kunjungi, yang tentu saja tujuan yang aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Ada yang suka pantai, gunung, gua dan banyak tujuan wisata menarik lainnya. Kali ini ada tujuan dekat dengan Gunung Merapi, Stonehenge Cangkringan.

Stonehenge Cangkringan adalah batu raksasa yang merupakan salah satu kenangan yang diberikan oleh letusan Gunung Merapi pada tahun 2010.

Jika Anda datang berkunjung ke sini Anda tidak hanya akan menemukan dan melihat patung dari manusia purba tetapi diberikan juga pemandangan luar biasa yang indah.

Karena tempat ini bersebelahan dengan gunung api Merapi sehingga ketika Anda mengambil gambar gunung berapi Merapi akan terlihat jika tidak. berawan.

Anda sebaiknya tidak berkunjung saat musim hujan karena akan membuat Anda sedikit kecewa nantinya.

Semakin cerah, semakin baik foto yang dihasilkan dan semakin jelas gunung berapi yang menambah keindahan foto Anda dan menambah kesejukan media sosial Anda.

Tempat ini juga sangat cocok untuk siswa jika Anda ingin menambah pengetahuan tentang peninggalan sejarah di zaman kuno.

Stonehenge Cangkringan memang seperti di luar negeri, jadi tidak heran banyak yang berkunjung ke sini.

Stonehenge di Cangkringan adalah sebuah bundaran yang dikelilingi oleh bongkahan batu raksasa hingga kita juga dapat mengambil foto dari tengah atau di sisi yang lainnya.

Itu tidak akan mengurangi keindahan foto Anda terutama jika didukung oleh cuaca yang sangat cerah akan lebih sejuk. Anda juga dapat melakukan foto prewed di sini, karena itu pasti akan lebih romantis.

Lokasi Stonehenge Cangkringan

Wisata Stonehenge Cangkringan

Lokasi Stonehenge Cangkringan cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Terletak di Jalan Tanpa Nama, Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583.

Jaraknya sekitar 26,7 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 2 menit.

Rute ke Stonehenge Cangkringan

Rute ke Stonehenge Cangkringan

Rute ke Stonehenge Cangkringan cukup mudah untuk Anda jangkau. Dari pusat kota Yogyakarta, ambil Jl. Kaliurang, Jl. Pamungkas, Jl. Meces – Pokoh, dan Jl. Cangkringan / Jl. Pakem – Kalasan ke Jl. Golf Raya Merapi di Bedoyo.

Kemudian menuju ke timur di Jl. KH. Ahmad Dahlan. Terus ke Jl. Panembahan Senopati. Belok kiri ke Jl. Mayor Suryotomo. Belok sedikit ke kanan menuju Jl. Mataram.

Di bundaran, ambil jalan keluar ke-2 menuju Jl. Mas Suharto Jambu. Belok kiri ke Jl. Pekerjaan tukang kayu. Belok kiri ke Jl. Yos Sudarso. Gunakan jalur tengah untuk belok kanan di Jl. Faridan Muridan Noto.

Belok kiri ke Jl. Suroto Lewati Toko Buku Gramedia Sudirman (di sebelah kiri setelah 350 m). Terus ke Jl. Cik Di Tiro Lewati PRAMITA Lab (di sebelah kiri setelah 450 m).

Dari bundaran, pilih jalan keluar yang pertama ke Jl. Terban. lalu ambil kanan ke Jl. Unity Pass oleh KFC UGM (di sebelah kanan). Terus menuju Jl. Kaliurang. Belok kanan ke Jl. Terakhir. Terus ke Jl. Meces – Pokoh.

Terus ke Jl. Cangkringan / Jl. Pakem – Kalasan. Maka Anda tinggal di Jl. Raya Merapi Golf ke tujuan Anda di Kepuharjo. Terus ke Jl. Golf Raya Merapi. Belok kanan ke Jl. Bebeng Belok kanan.

Terus ke Jl. Tangkisan-Kinahrejo. Belok kanan ke Jl. Petung Merapi. Lalu belok kiri. Tujuan Anda di sebelah kiri.

Baca Juga: Wisata Edukasi Omah Salak

Daya Tarik Stonehenge Cangkringan

Daya Tarik Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan terletak di atas tanah seluas 200 meter persegi Bangunan Stonehenge ini terlihat berdiri khusus seperti batu megalitik dan sangat cocok untuk latar belakang foto selfie atau kebetulan.

Ketika datang ke tempat ini akan lebih baik jika di siang hari bolong karena sinar matahari yang menerpa gedung ini nampak lebih indah dan sangat indah.

Bangunan ini berada di atas rumput hijau dengan ketinggian batu kira-kira 4 mtr. yang begitu memanjakan mata para wisatawan.

Bangunan ini sebenarnya untuk melengkapi tujuan tujuan wisata tidak hanya pariwisata Gunung Merapi.

Bangunan Stonehenge sebenarnya berada di KRB III (lokasi bencana yang berisiko) tetapi tidak perlu khawatir karena manajer sedang mempersiapkan jalan evakuasi.

Itu dibangun berdasarkan swadaya penghuni meskipun bangunan itu belum 100% lengkap tetapi banyak penduduk setempat telah menghadiri dan berpose untuk selfie di tempat ini.

Untuk masuk ke tempat ini biayanya Rp 10.000 dan kita bisa berpose sesuka kita.

Baca Juga: Wisata Bukit Bintang Jogja

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Stonehenge Cangkringan tidak terlalu memadai karena tempat ini dekat dengan kawasan gunung Merapi.

Sehingga untuk fasilitas yang lebih lengkap Anda bisa menemukannya di jalan menuju tujuan wisata. Fasilitas yang ada di sekitar tujuan adalah:

  • Spot Foto
  • Parkir
  • Toilet

Harga Tiket dan Parkir Stonehenge Cangkringan

Harga Tiket dan Parkir Stonehenge Cangkringan

Harga tiket masuk ke wisata Stonehenge Cangkringan sangat terjangkau bagi para pengunjung, Anda hanya perlu menghabiskan Rp. 10.000, – saja dan biaya parkir untuk sepeda motor.

Anda cukup membayar Rp. 2.000, – untuk mobil Rp. 5.000. Jika Anda ingin melakukan foto prewed, maka Anda hanya perlu membayar Rp. 150.000 sangat murah dan tidak terjangkau.

Baca Juga: Wisata Ice Cream World Jogja

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Stonehenge Cangkringan. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Stonehenge Cangkringan Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read