Wisata Spot Riyadi

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Spot Riyadi yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Spot Riyadi adalah salah satu tujuan yang bisa dikatakan baru di Yogyakarta.

Tujuan wisata ini menawarkan pemandangan indah sawah di bawah ini dan pemandangan lain yang bisa dilihat sejauh mata memandang.

Spot Riyadi terletak berdekatan dari tujuan wisata populer yang lainnya adalah Ratu Boko dan Candi Prambanan.

Kedekatannya dengan beberapa tujuan menjadikan Spot Riyadi memiliki daya tarik tambahan bagi wisatawan terutama mereka yang ingin menikmati pemandangan dari atas tebing.

Dari Spot Riyadi Anda dapat melihat candi-candi di sekitarnya seperti Candi Prambanan, Candi Plaosan dan Candi Sojiwan, dengan pemandangan kuil-kuil di sekitar Spot Riyadi yang juga disebut Puthuk Stumbling Jogja.

Spot Riyadi sebenarnya adalah laman beranda warga yang bernama Pak Riyadi, oleh karena itu untuk memudahkan penamaan tujuan wisata baru ini, itu dinamai Spot Riyadi sesuai dengan pemilik laman beranda.

Awalnya hanya sedikit orang yang mengunjungi tempat ini dari kalangan fotografer dan pengendara sepeda, beberapa kebetulan lewat atau hanya iseng-iseng menjelajahi jalanan sekitar.

Seiring berjalannya waktu dan penyebaran foto Spot Riyadi di media sosial, sehingga lebih banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahan pemandangan di sekitarnya dapat dilihat dari Riyadi Spot.

Selain pemandangan candi dan panorama kota Yogyakarta, Spot Riyadi juga dikenal sebagai tempat berburu matahari terbenam atau matahari terbit atau matahari terbit.

Karena letaknya yang bisa melihat matahari terbenam dan matahari terbit serta menjadikan destinasi wisata ini semakin populer di kalangan wisatawan.

Tidak hanya pada siang hari para wisatawan mengunjungi tempat ini tetapi di pagi dan sore hari Spot Riyadi masih memiliki keindahannya.

Terutama di malam hari tempat ini akan menawarkan pemandangan yang luar biasa dari lampu-lampu kota dan yang utama iyalah pemandangan dari Candi Prambanan disertai lampu penerangan yang membuatnya lebih larut dalam suasana malam yang khusyuk.

Jadi tempat ini sangat cocok untuk anda yang belum tahu waktu dalam urusan perjalanan.

Tidak heran Spot Riyadi pada awalnya dikunjungi oleh fotografer karena merupakan lokasi yang sangat pas untuk mengabadikan momen indah seperti matahari terbenam dan matahari terbit.

Daya tarik Spot Riyadi selain bisa melihat matahari terbit dan terbenam adalah dari sini, jika cuaca cerah, Anda dapat melihat keagungan Gunung Merapi dikombinasikan dengan gagahnya Candi Prambanan.

Meskipun dari sudut pandang Spot Candi Riyadi Prambanan terlihat kecil saat dibandingkan dengan Gunung Merapi tampaknya membuat Anda yang menyaksikan ini akan lebih bersyukur atau kagum dengan keindahan ciptaan Tuhan yang patut kita syukuri.

Spot Riyadi bisa dikatakan paket lengkap bagi Anda yang menyukai alam dan menyukai hobi fotografi.

Saat ini Spot Riyadi memiliki beberapa aspek pendukung bagi wisatawan termasuk tempat parkir dan warung makan yang memadai atau tempat makan sederhana untuk memenuhi kebutuhan perut Anda.

Sebagian besar kegiatan atau aspek pendukung Spot Riyadi terletak di rumah Pak Riyadi yang merupakan satu-satunya atau paling dekat dengan Spot Riyadi.

Sejarah Spot Riyadi

Wisata Spot Riyadi

Letak pasti Spot Riyadi tidak jauh dari tujuan wisata sejarah populer seperti Candi Prambanan, Candi Sewu dan Candi Ratu Boko.

Sehingga sering membangun tempat wisata ini untuk memiliki daya tarik tambahan bagi pelancong yang terutama ingin menikmati pemandangan kota Jogja dari atas tebing.

Di area Spot Riyadi, Anda akan disuguhi pemandangan beberapa kuil yang terlihat sangat tampan seperti Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Sojiwan, dan Candi Plaosan.

Dengan candi sebagai pemandangannya, Spot Riyadi juga sering disebut sebagai Jogja’s Puthuk Stumbling.

Spot Riyadi sebenarnya adalah sebuah halaman rumah dari seorang penduduk bernama Mr. Riyadi pada tahun 2005, itulah sebabnya tempat ini disebut Spot Riyadi.

Ini untuk memberikan apresiasi kepada pemilik beranda, Pak Riyadi. Awalnya hanya ada beberapa orang yang mengunjungi tempat ini.

Orang-orang ini adalah fotografer dan pengendara sepeda dan lainnya tanpa sengaja melewati atau hanya dengan santai menelusuri jalan-jalan di sekitar.

Dan seiring berjalannya waktu, maka panorama Spot Riyadi menonjol di media sosial.

Sehingga semakin mengundang wisatawan untuk berkunjung untuk menikmati keindahan pemandangan di sekitarnya yang bisa dilihat dari Spot Riyadi.

Baca Juga: Wisata Rumah Hobbit Mangunan

Lokasi Spot Riyadi

Lokasi Spot Riyadi

Lokasi Spot Riyadi bisa dikatakan cukup jauh dari pusat kota Jogja yang berada di sisi timur kota Jogja yang berbatasan langsung dengan kota Klaten.

Tetapi lokasi Spot Riyadi adalah salah satu tujuan wisata terkenal lainnya misalnya Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Plaosan dan Ratu Boko, yang membuat lokasi Spot Riyadi cukup mudah diakses.

Alamat Spot Riyadi di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Spot Riyadi

Rute menuju Spot Riyadi cukup mudah dijangkau, tetapi sekitar 2 kilometer dari lokasi Spot Riyadi jalan sudah mulai menanjak dan menyempit.

Tetapi tidak perlu khawatir karena kondisi jalan atau kondisi jalan yang cukup baik untuk dilalui.

Kendaraan pribadi seperti sepeda motor lebih disarankan untuk pergi ke Spot Riyadi walaupun mobil bisa pergi ke Spot Riyadi tetapi Anda harus sangat berhati-hati karena jalan menanjak dan sempit.

Cara termudah untuk sampai ke tempat ini adalah mengikuti jalan menuju resor Abhayagiri.

Dari pusat Yogyakarta ke timur menuju Candi Prambanan melalui jalan Jogja-Solo hingga pertigaan di Candi Prambanan belok ke selatan.

Tidak jauh dari resort (tepatnya di belakang) kita akan menemukan jalan kecil berupa semen. Kami mengambil jalan ini sampai kami menemukan persimpangan, lalu belok kiri.

Sekitar 200 berjalan kita akan menemukan tempat yang kita cari. Rute ke Riyadi Spot juga tersedia di Google Maps. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps sebagai panduan.

Jarak tempuh Kota Jogja menuju Spot Riyadi sekitar 19 kilo meter dan waktu perjalanan kendaraan bermotor jika dari Kota Jogja menuju Spot Riyadi normalnya adalah sekitar 51 menit.

Baca Juga: Wisata Desa Kedung Miri

Fasilitas Spot Riyadi

Fasilitas Spot Riyadi

Fasilitas Riyadi Spot saat ini dapat dikatakan memiliki fasilitas darurat untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Spot Riyadi, termasuk:

  • Warung makanan
  • Parkir
  • Toilet
  • Tempat Foto

Harga Tiket dan Tempat Parkir di Spot Riyadi

Harga Tiket dan Tempat Parkir di Spot Riyadi

Harga tiket untuk Spot Riyadi gratis, Anda hanya perlu membayar harga parkir, yaitu untuk sepeda motor, Rp. 2.000 dan Rp. 5.000.

Baca Juga: Wisata Kebun Buah Mangunan

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Spot Riyadi. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Spot Riyadi Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di artikel kami yang selanjutnya. Dan jangan lupa selalu jaga kebersihan dimanapun berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read