Wisata Curug Tegalrejo

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Curug Tegalrejo yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta tidak cuma dikenal dengan wisata budaya, pantai, dan kuliner tetapi juga mempunyai air terjun yang indah dan unik.

Contoh kabupaten yang selalu memunculkan potensi wisata alam baru iyalah Kabupaten Gunungkidul.

Keadaan alam di Kabupaten Gunungkidul telah berhasil menciptakan objek wisata baru yang sangat cocok untuk dikunjungi. Air terjun yang belum terkenal namun sangat indah adalah Curug Tegalrejo.

Salah satu hal yang menarik tentang air terjun Tegalrejo ini adalah air terjun bertingkat.

Masing-masing air terjun memiliki berbagai ketinggian dan ada juga kolam di bawahnya yang biasanya digunakan untuk mandi atau sekadar bermain oleh para pengunjung.

Ada 3 level di air terjun ini, di level 3 adalah tempat yang paling menarik dan indah.

Debit air yang ada di sini akan berubah sesuai musim. Jika musim kemarau, debit airnya akan sedikit atau berkurang, tetapi jika musim hujan pengunjung akan melihat air terjun yang deras.

Air terjun ini yang menawarkan banyak keindahan dan kegembiraan tidak begitu terkenal.

Pengunjung air terjun ini sebagian besar masih orang-orang di sekitar Kecamatan Bayat.

Termasuk anak-anak kecil yang asik bermain air, melompat dari batu dan ada juga anak sekolah yang melepas kepenatan di Curug Tegalrejo.

Udara sejuk dan segar serta air jernih di air terjun Tegalrejo membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Pemandangan di sekitar air terjun ini sangat indah dengan alirannya diapit oleh pepohonan hijau yang rindang.

Di air terjun Tegalrejo, pengunjung bisa bermain air, mandi di genangan air yang tidak terlalu dalam dan juga berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah.

Air terjun ini juga sering dijadikan tempat berburu foto prewedding karena pemandangannya yang sangat indah.

Lokasi Curug Tegalrejo

Wisata Curug Tegalrejo

Lokasi air terjun Tegalrejo baik dan mudah bagi pengunjung ke Pantai Baros.

Ketika tiba di area parkir pengunjung masih harus berjalan sekitar 15 menit di sepanjang jalan tanah yang berada dalam kondisi menanjak untuk sampai ke lokasi. Tetapi lokasi air terjun Tegalrejo cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Alamat pasti air terjun Tegalrejo adalah di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Curug Pulosari

Rute ke Curug Tegalrejo

Rute ke Curug Tegalrejo

Rute menuju air terjun Tegalrejo sangat mudah dijangkau. Jika Anda berasal dari pusat kota Yogyakarta, pergilah ke timur melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju ke Jalan Pangurakan.

Kemudian terus lurus ke Jalan Kusumanegara, kemudian mencapai perempatan ke utara ke Jalan Majapahit, terus lurus sampai persimpangan ke utara ke Jalan Janti.

Kemudian tiba di pertigaan ke timur menuju Jalan Laksda Adisucipto , lalu terus lurus melewati Jalan Raya Solo – Yogyakarta, kemudian mencapai perempatan ke selatan ke Jalan Asia Afrika Jogonalan.

Hingga perempatan timur ke Jalan Asia Afrika Jogonalan, lalu sampai pertigaan ke selatan ke Jalan Srowot, terus lurus ke depan ke Jalan Sultan Agung.

Lalu sampai persimpangan ke arah timur ke Jalan Wedi – Bayat, terus lurus ke Jalan Pandanaran ke Jalan Bayat, lalu sampai pertigaan ke selatan ke Jalan Curug Indah.

Kemudian sampai pertigaan ke Jalan Tegalrejo, lalu ikuti jalan sampai tiba Curug Tegalrejo.

Jarak dari pusat Yogyakarta ke Curug Tegalrejo cukup jauh, yaitu sekitar 39,6 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari pusat Jogja ke Curug Tegalrejo adalah sekitar 2 jam 30 menit.

Baca Juga: Wisata Curug Banyunibo

Daya Tarik

Curug Tegalrejo di Gedang Sari Gunung Kidul Yogyakarta memiliki keindahan luar biasa dengan air terjun bertingkat dan air yang masih sangat jernih.

Pemandangan di sekitar Curug juga sangat mendukung dengan mengikuti aliran sungai dan mengelilingi pepohonan hijau yang loyo. Air Terjun Cantik di Tegalrejo Gedangsari.

Banyak orang menyebutnya Curug. Dan banyak orang juga menyebut air terjun Tegalrejo ini dengan air terjun Bayat.

Keindahan air terjun Tegal Rejo memiliki daya tarik bagi wisatawan, yaitu keindahan air terjun bertingkat, meski tidak terlalu tinggi, tetapi air terjun ini masih bersih dan ketika musim hujan airnya sangat berlimpah.

Sempurna untuk foto selfie dengan latar belakang air terjun dan suasana alami yang tidak menyenangkan. Setelah tiba di tempat parkir kendaraan, wisatawan masih harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki.

Setelah beberapa saat wisatawan akan mendengar suara percikan air yang hampir sampai di Curug Tegalrejo.

Keindahan air terjun Tegal Rejo benar-benar luar biasa dengan air terjun bertingkat dan air yang masih sangat jernih.

Pemandangan di sekitar Curug juga sangat mendukung dengan mengikuti aliran sungai dan mengelilingi pepohonan hijau yang loyo.

Mengunjungi tempat-tempat wisata Curug Indah Tegalrejo harus pada musim hujan karena debit air terjun akan banyak, jika selama musim kemarau debit air berkurang atau kecil.

Ada sesuatu yang menarik ketika mengunjungi air terjun ini kita bisa bermain air di bawah air terjun dan berenang di sekitar lokasi dan bisa sambil berfoto.

Fasilitas

Kawasan Wisata Curug Tegalrejo belum memiliki fasilitas yang memadai. Di sini hanya ada beberapa kursi panjang yang terbuat dari bambu yang disediakan untuk beristirahat dan duduk di sekitar para pengunjung.

Meski fasilitas di sini masih minim, di sekitar lokasi air terjun Tegalrejo masih ada kamar mandi masyarakat setempat yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Harga Tiket dan Parkir Curug Tegalrejo

Harga Tiket dan Parkir Curug Tegalrejo

Karena Curug Tegalrejo ini masih dibawah pengelolaan masyarakat sekitar atau lebih tepatnya pemuda Karangtaruna serta masyarakat setempat.

Jadi di kawasan ini tidak ada biaya resmi untuk memasuki wisata air terjun Tegalrejo ini. Sebagai gantinya, pengunjung akan membayar biaya tulus untuk memajukan daerah wisata Curug Tegalrejo.

Sedangkan untuk biaya parkir bagi pengunjung di Curug Tegalrejo, tarif Rp. 2.000 dikenakan untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Setawing

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Curug Tegalrejo. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Curug Tegalrejo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.