Wisata Curug Pulosari

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Curug Pulosari yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kota Yogyakarta tidak cuma terkenal akan wisata kuliner, budaya dan pantai, tetapi juga mempunyai air terjun yang indah dan unik.

Salah satu kabupaten yang belum pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam baru adalah Kabupaten Bantul.

Di daerah Bantul terdapat begitu banyak tujuan wisata yang indah dan harus dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Curug Pulosari.

Asal usul nama air terjun Pulosari berasal dari kata “Curug” yang berarti air terjun kecil dan Pulosari adalah wilayah dari nama tempat itu. Air terjun ini terletak di bawah tebing.

Ketika Anda tiba di sini pengunjung akan mendapatkan pemandangan indah dari air terjun dan pesona udara terbuka disertai dengan air jernih yang mengalir.

Pengunjung juga akan merasakan keindahan pepohonan di sekitar air terjun, yang menambah daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang singgah ke tujuan wisata.

Ketinggian air terjun ini tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 5 hingga 7 meter, namun tempat ini nyaman untuk dikunjungi.

Tujuan wisata ini sangat cocok untuk menyegarkan karena tempat ini tersembunyi, jauh dari keramaian dan sunyi dan sunyi akan terasa.

Yang menarik dari air terjun ini adalah cara air jatuh seperti membentuk tirai putih yang sangat indah dan di bawahnya ada kolam yang digunakan untuk berenang dan bermain air.

Selama musim penhujan volume air bisa mengalir dengan deras dan pada waktu ini juga keaslian atau pemandangan curug ini bisa dilihat dengan jelas.

Namun di musim kemarau aliran air bisa mengalir tetapi volumenya tidak sekeras saat musim hujan. Di musim kemarau pengunjung juga dapat melihat keaslian air terjun tetapi tidak seindah di musim hujan.

Di Curugari Pulosari, pengunjung juga dapat melakukan beberapa kegiatan olahraga fisik yang dapat menantang adrenalin.

Termasuk memanjat dan memanjat (cliffing) karena di daerah ini biasanya terletak di sebelah barat air terjun dan tepatnya di perbukitan.

Air terjun Pulosari juga biasa digunakan untuk perlindungan prewedding, perlindungan untuk studi kasus atau studi banding, karena di tempat ini pengunjung akan menemukan keindahan alam yang sebenarnya.

Apa itu Air Terjun Pulosari?

Wisata Curug Pulosari

Air Terjun Pulosari ialah air terjun yang berada di Bantul barat. Karena ukuran air terjun pulosari ini terbilang kecil dan tidak besar seperti air terjun normal maka air terjun ini biasa disebut ‘curug’.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi Air Terjun Pulosari

Lokasi Air Terjun Pulosari

Lokasi air terjun Pulosari sangat mudah dijangkau karena jalan atau aksesibilitas ke dan dari air terjun Pulosari sudah layak dan bagus.

Sesampainya di tempat parkir, pengunjung juga harus berjalan lagi untuk mencapai air terjun Pulosari untuk mencapai air terjun Pulosari. Lokasi Air Terjun Pulosari cukup dekat dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat tepat dari air terjun Pulosari adalah di Njurug, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Air Terjun Pulosari

Rute ke Air Terjun Pulosari

Rute menuju air terjun Pulosari cukup mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta, pergilah ke barat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, kemudian terus lurus melalui Jalan Wates.

Sampai perempatan ke selatan ke Jembatan Lamping ke Jalan Ringroad Barat, hingga pertigaan ke selatan ke Jalan Nasional III, kemudian terus lurus di Jalan Nasional III.

Hingga perempatan ke selatan ke Jalan Rindang, lalu di pertigaan barat ke Jalan Bibis Raya, kemudian terus lurus ke Jalan Bangunjiwo – Bibis, sampai persimpangan ke selatan ke Jalan Bibis.

Kemudian terus lurus ke Jalan Gua Selarong, sampai di persimpangan ke Jalan Pandu Dewonto, jika Anda sudah berada di Jalan Pandu Dewonto, terus ikuti jalan yang ada sampai Anda akan tiba di air terjun Pulosari.

Jarak dari Kota Yogyakarta ke Pulosari Curug adalah sekitar 15,7 KM dan waktu perjalanan normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Yogyakarta ke Pulosari Curug adalah sekitar 35 menit.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Fasilitas

Fasilitas air terjun Pulosari cukup lengkap bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun Pulosari, termasuk:

  • Ruang ganti Naju
  • Warung makanan
  • Tempat parkir
  • Sewa ban renang
  • Gazebo
  • Toko suvenir

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Pulosari

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Pulosari

Harga tiket masuk air terjun Pulugari sangat murah, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 2.000, – / orang. Harganya sangat murah untuk masuk destinasi wisata di Wilayah Bantul.

Sedangkan untuk biaya parkir di Curugari Curug yaitu Rp. 2.000, – untuk sepeda motor dan Rp. 5.000, – untuk parkir mobil.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Setawing

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Curug Pulosari Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Curug Pulosari Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read