Wisata Curug Banyunibo

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Curug Banyunibo yang ada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi air terjun Banyunibo berada di tengah hutan yang belum mendapat perhatian pemerintah, sehingga jalan menuju air terjun Banyunibo masih belum terlalu layak untuk dilalui oleh kendaraan pribadi.

Namun kini warga setempat telah memperbaikinya dengan membangun fasilitas di Curug Banyunibo.

Karena air terjun Banyunibo berada di hutan, para wisatawan yang berkunjung harus berjalan kaki dari tempat parkir ke air terjun Banyunibo yang berjarak sekitar 100 meter.

Air terjun Banyunibo ini memiliki ketinggian air terjun sekitar 10 meter. Air yang dimiliki oleh air terjun Banyunibo masih cukup jernih dan aliran airnya juga tidak terlalu deras.

Bagi Anda yang mengunjungi air terjun Banyunibo bisa bermain air. Di sekitar air terjun Banyunibo ada gazebo untuk Anda beristirahat.

Jika Anda tidak ingin bermain air, Anda dapat menikmati suasana sejuk di sekitar air terjun sambil mendengarkan suara air yang membuat hati nyaman.

Bermain air di air terjun Banyunibo menyenangkan ketika Anda mengunjungi air terjun Banyunibo. Kolam air di air terjun Banyunibo cukup dangkal, sehingga aman untuk dimainkan.

Bermain di bawah air terjun akan membuat Anda merasa segar dan bisa menghilangkan kepenatan pada Anda karena air yang dimiliki Curug Banyunibo masih sangat jernih.

Meski cukup aman, Anda harus berhati-hati karena batu di sekitar air terjun sangat licin.

Air yang mengalir di air terjun Banyunibo berasal dari beberapa mata air di sekitar desa.

Saat musim kemarau beberapa mata air ini tidak mengering, meski begitu tidak terlalu banyak air yang mengalir ke air terjun.

Jika Anda ingin mengabadikan momen, Anda dapat mengambil gambar di air terjun dengan latar belakang batu.

Apa itu Curug Banyunibo?

Wisata Curug Banyunibo

Curug Banyunibo adalah air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter, dan lokasinya berada di tengah pepohonan lebat.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Bendo

Lokasi Curug Banyunibo

Lokasi Curug Banyunibo

Lokasi curug Banyunibo sangat mudah dijangkau dan mudah ditemukan. Lokasi curug Banyunibo juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Alamat pasti dari curug Banyunibo terletak di Kabonkan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Curug Banyunibo

Rute ke Curug Banyunibo

Rute yang harus ditempuh ketika wisatawan akan mengunjungi curug Banyunibo sudah mudah dijangkau, karena jalannya layak dilalui.

Jika Anda pergi dari pusat Yogyakarta ke barat melalui Jl Khmad Ahmad Dahlan, maka terus lurus melalui Jl Wates sampai persimpangan berbelok ke kiri.

Lalu sampai persimpangan berbelok ke selatan melewati Jl National Rte 3 lurus terus ikuti jalan, sampai persimpangan berbelok ke selatan melewati Jika Anda teduh, ikuti jalan sampai Anda melewati Jl. Bibis Raya.

Ikuti jalan sampai pertigaan berbelok ke barat melalui Jl. Dewi Dewoto, ikuti jalannya, maka Anda akan sampai ke Wisata Alam Banyunibo Curug.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke air terjun Banyunibo tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 16,3 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke air terjun Banyunibo hanya 33 menit.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Grojogan Pucung

Fasilitas

Fasilitas yang ada di wisata alam Curug Banyunibo cukup dan fasilitas ini dapat membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman, fasilitas tersebut meliputi:

  • Ada area parkir
  • Ada toilet umum
  • Beberapa warung makanan dan minuman di sekitar air terjun Banyunibo

Harga Tiket dan Parkir Curug Banyunibo

Harga Tiket dan Parkir Curug Banyunibo

Harga tiket masuk ke objek wisata curug Banyunibo belum dikenakan karena objek wisata ini masih termasuk sebagai wisata baru dan belum diformalkan oleh Dinas Pariwisata setempat.

Karena itu wisatawan yang berkunjung dapat menikmati suasana di air terjun Banyunibo dengan kepuasan.

Meskipun belum dikenakan biaya, wisatawan yang mengunjungi air terjun Banyunibo dan membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Tuwondo

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Curug Banyunibo Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Curug Banyunibo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.