Wisata Candi Ijo

4 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Candi Ijo Yogyakarta yang ada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata nomor dua setelah Bali, yang tentu saja karena jumlah tujuan wisata yang sangat indah dan beragam mulai dari alam, sejarah, budaya hingga wisata religi di Yogyakarta.

Salah satunya yang telah melekat pada Jogja adalah banyaknya candi yang menjadi tujuan wisata di Jogja, dari beberapa candi di Jogja terdapat salah satu candi dengan lokasi tertinggi di antara candi-candi lain di Jogja yaitu Candi Ijo.

Candi Ijo berada di puncak bukit yang terletak di bagian timur kota Jogja, dengan ketinggian kurang lebih 375 MDPL. Candi Ijo sekarang menjadi salah satu tujuan wisata candi favorit di Jogja.

Dengan lokasinya di perbukitan tinggi dan di sebelah timur kota Yogyakarta, Candi Ijo memiliki daya tarik khusus yang tidak dimiliki oleh candi-candi lain di Jogja.

Yang menarik adalah jika Anda mengunjungi Candi Ijo Anda akan dapat melihat pemandangan atau panorama kota Jogja dari ketinggian yang sangat indah.

Anda bahkan akan dapat melihat landasan pacu atau landasan pacu bandara Adisucipto dengan pesawat lepas landas atau mendarat, oleh karena itu Candi Ijo sekarang menjadi tujuan candi favorit di Jogja.

Tidak berhenti sampai di situ, objek wisata Candi Ijo lainnya selain bangunan candi yang gagah dan pemandangannya indah, dari sini Anda bisa berburu matahari terbenam atau matahari terbenam.

Ya, Candi Ijo adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam atau matahari terbenam di Jogja.

Tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan diri datang hanya untuk berburu matahari terbenam atau matahari terbenam dari Candi Ijo.

Candi Ijo terletak tidak jauh dari tujuan wisata lain yang tidak kalah menarik.

Yaitu ada Tebing Breksi yang hanya berjarak sekitar 500 meter di sebelah barat candi, selain itu ada juga Candi Barong, Candi Banyunibo, Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan yang masih bisa dikatakan berdekatan dengan lokasi Candi Ijo.

Apa Itu Candi Ijo?

Wisata Candi Ijo

Candi Ijo adalah candi tertinggi di Yogyakarta yang menyajikan pesona alam dan budaya serta pesawat pendaratan.

Candi ini membuat landasan pacu Bandara Adisutjipto tidak dapat diperpanjang ke arah timur.

Baca Juga: Wisata Candi Prambanan

Sejarah Candi Ijo

Pada zaman kuno candi Ijo dibangun pada abad ke-9 di atas bukit bernama Bukit Ijo serta ketinggiannya yang mencapai sekitar 410 meter di atas permukaan laut.

Oleh karena itu, dengan lokasinya yang tinggi, tidak hanya candi yang dapat dinikmati tetapi juga panorama alam wilayah Yogyakarta.

Pemandangan yang disajikan di sekitar candi mampu membuat pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu hingga matahari terbenam di malam hari.

Kompleks ini terdiri dari 17 bangunan yang terbagi menjadi 11 teras. Di mana teras awal jadi satu dengan halaman menuju ke pintu masuk yang membentang dari barat ke timur.

Bangunan di teras ke-11 adalah pagar, candi utama, tiga candi tambahan dan delapan pasak lingga. Teknik meletakkan setiap candi di teras berarti tingkat kesuciannya.

Sehingga bangunan yang terletak di teras paling atas adalah bangunan paling suci.

Bangunan utama diyakini sebagai candi yang paling suci, banyak pengunjung meluangkan waktu untuk mengabadikan momen sementara di teras ke-11 ini.

Candi yang masih berdiri dengan bangga ini mengandung unsur magisnya sendiri.

Setiap sisi dari Candi Ijo memberi banyak makna dan tampaknya mengundang pengunjung untuk bernostalgia dengan wisata budaya di era SM.

Pemandangan di sekitar candi sangat memalukan jika Anda tidak memotretnya menggunakan kamera, jadi jangan lupa membawa kamera.

Ketika kita duduk menghadap ke barat maka pemandangan paling menarik adalah melihat pendaratan dan lepas landas pesawat di Bandara Adisucipto.

Pemandangan seperti itu dapat ditemukan karena Pegunungan Seribu sebagai lokasi candi adalah batas timur bandara. Sedangkan di timur, Candi Utama dan Candi Perwara dilayani.

Ketika di bangunan candi perwara di teras ke-11, ada tempat seperti tempat pengorbanan api atau disebut homa.

Di dinding belakang ada banyak lubang udara dengan bentuk segitiga dan jajaran genjang. Penemuan tempat pengorbanan api menandakan bahwa komunitas Hindu sebagai penyembah Brahma.

Didukung oleh kehadiran tiga candi pelengkap sebagai bentuk penghormatan publik terhadap Trimurti Hindu yaitu Siwa, Brahma dan Whisnu.

Yang Menarik Di Candi Ijo

Sejarah Candi Ijo

Berikut ini adalah hal-hal menarik dari candi ijo yang harus Anda ketahui.

1. Candi Tertinggi di Jogja

Yang Menarik Di Candi Ijo

Seperti yang disebutkan di atas, Candi Ijo adalah candi tertinggi di Jogja. Tertinggi di sini berarti tidak dalam hal dimensi bangunan tetapi dalam hal lokasi.

Lokasi candi ini berada di sebuah bukit di ketinggian 425 meter di atas permukaan laut.

Bahkan lebih tinggi dari Ratu Boko, yang dikenal sebagai salah satu tempat terbaik di Jogja untuk menikmati pemandangan matahari terbenam

Dengan fakta-fakta ini, Candi Ijo harus menjadi tempat yang layak dipertimbangkan untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di Jogja. Karena lokasinya di ketinggian, candi ini juga sering tertutup kabut.

Apalagi setelah hujan. Jadi, jika Anda ingin menikmati pemandangan matahari terbenam di Candi Ijo, datanglah ke sana saat cuaca cerah.

Baca Juga: Wisata Candi Plaosan

2. Dapat Mampir ke Tebing Breksi

Dalam perjalanan ke Candi Ijo kita akan melewati sebuah tebing yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi tempat yang sangat fotogenik. Tebing itu disebut tebing Breksi.

Tebing ini kurang lebih 1 km sebelum lokasi Candi Ijo. Tebing Breksi ini sendiri adalah hasil aktifitas vulkanik dari Candi Ijo kuno ratusan tahun yang lalu.

Saat ini, Candi Breksi sedang dikembangkan untuk menjadi tujuan wisata baru di Yogyakarta, terutama di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

Panggung terbuka yang disebut Tlatar Seneng adalah tempat paling menarik di tempat ini. Kita dapat naik tebing dan menikmati indahnya pemandangan yang ada atas tebing.

Pada bagian utara tebing kita bisa mendapati relief berbentuk boneka yang sangat artistik

3. Anti Mainstream

Tidak banyak wisatawan mengunjungi Candi Ijo. Entah karena tidak tahu keberadaannya atau tidak menyadari keindahannya. Jadi, Anda masih bisa menyebut candi ini sebagai tujuan wisata anti arus utama di Jogja.

Lokasi Candi Ijo

Lokasi Candi Ijo yang berada di perbukitan dan terletak di sebelah timur kota Jogja berbatasan langsung dengan kota Klaten sehingga jaraknya dari pusat Jogja cukup jauh.

Tetapi jika Anda sengaja datang ke Candi Ijo dijamin Anda tidak akan menyesal melakukan perjalanan panjang untuk melihat keindahan yang ada.

Alamat pasti dari Candi Ijo adalah di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Candi Ijo

Dengan lokasinya di atas bukit, membuat rute ke Candi Ijo bisa sangat menantang terutama ketika mulai memasuki Desa Sambirejo.

Jalan yang akan Anda lewati sebagian besar merupakan lereng yang cukup curam di beberapa titik, sehingga sangat disarankan untuk selalu memeriksa kendaraan Anda sebelum menuju ke Candi Ijo.

Untuk keadaan jalan saat ini cukup baik meski di beberapa titik masih ada jalan berlubang dan berlubang.

Rute ke Candi Ijo dapat ditempuh dari arah kota Yogyakarta, untuk rute dari kota Yogyakarta Anda harus melakukan perjalanan ke Jalan Jogja-Solo ke pertigaan Candi Prambanan kemudian belok kanan atau ke timur.

Untuk memasuki Jalan Prambanan-Piyungan untuk menemukan papan nama Candi Ijo Anda belok kiri dan terus mengikuti jalan dan mulai dari titik ini jalan sudah mulai mendaki sampai Anda mencapai Candi Ijo.

Jarak dari Kota Jogja ke Candi Ijo adalah sekitar 19 KM dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke Candi Ijo adalah sekitar 50 menit.

Baca Juga: Wisata Candi Banyunibo

Fasilitas Candi Ijo

Fasilitas yang ada di Candi Ijo dapat dikatakan baik tetapi tetap harus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung, termasuk:

Wahana Candi Ijo

  • Tempat Foto
  • Gazebo

Fasilitas Pendukung

  • Dewan Informasi Sejarah Candi
  • Toilet
  • Parkir

Harga Parkir dan Tiket Masuk Candi Ijo

Harga Parkir dan Tiket Masuk Candi Ijo

Harga tiket masuk ke Candi Ijo dapat dikatakan masih sangat terjangkau untuk semua kelompok.

Untuk dapat memasuki area Candi Ijo saat ini Anda dikenakan biaya Rp. 5.000 Harga tiket masuk Candi Ijo yang masih relatif murah adalah salah satu faktor dari ramainya Candi Ijo yang dikunjungi oleh wisatawan.

Sedangkan untuk harga parkir Candi Ijo Anda hanya perlu menghabiskan Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Tabel Informasi

Jam BukaSenin – Minggu: pukul 06.00 – 17.00 WIB
Alamat/LokasiDusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Harga TiketRp 5.000
ParkirSepeda Motor : Rp 2.000
Mobil : Rp 5.000

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Candi Ijo Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Candi Ijo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.