Wisata Candi Prambanan

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, jika anda membuka artikel ini pastinya anda sedang penasaran dengan salah satu destinasi wisata Candi Prambanan yang ada di Jogjakarta ini bukan?

Nah, disini kami akan memberikan informasi untuk anda yang ingin berlibur dan memasukan Candi Prambanan sebagai salah satu daftar tempat wisata yang ingin anda kunjungi.

Apa itu Candi Prambanan?

candi prambanan

Candi Prambanan ialah salah satu dari kompleks candi yang sangat terkenal di Indonesia serta ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan yang ada di dunia pada tahun 1991 selain Borobudur.

Berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Budha, Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu.

Namun demikian, lokasi keduanya di Jawa Tengah juga membuktikan bahwa di masa lalu umat Buddha dan Hindu hidup berdampingan secara harmonis.

Kedua candi besar ini juga merupakan bukti kemajuan peradaban manusia pada waktu itu karena mereka mampu membangun kuil dengan seni arsitektur yang luar biasa tanpa bantuan teknologi canggih.

Kompleks Candi Prambanan juga dikatakan memiliki seribu candi karena cerita rakyat Roro Jonggrang, tetapi sebenarnya hanya ada sekitar 240 candi di kompleks wisata ini.

Tempat wisata ini menghadap ke timur, tetapi ada empat pintu masuk di setiap titik angin. Gerbang utama candi ini adalah ke timur. Candi ini adalah persembahan bagi Dewa Siwa yang dalam agama Hindu dikenal sebagai Dewa Kehancuran.

Menurut prasasti Siwaghra yang saat ini disimpan di Museum Nasional Indonesia, nama asli kompleks candi ini adalah Siwaghra yang berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti Rumah Siwa.

Selain berbagai jenis candi, di situs wisata ini ada juga relief yang menceritakan tentang dua kisah fenomenal dalam agama Hindu yaitu Ramayana dan Krishnayana.

Relief ini terletak di dinding bagian dalam pagar yang mengelilingi Kuil Trimurti. Relief Ramayana menceritakan tentang perjuangan Rama yang yang ingin merebut istrinya Shinta yang diculik oleh Rahwana.

Bagi Krishnayana, kelegaan ini menceritakan tentang perjalanan hidup Krishna sebagai awatara atau reinkarnasi Dewa Wisnu.

Di kompleks Candi Prambanan ada sebuah museum berupa rumah joglo. Museum ini berisi koleksi benda-benda yang ditemukan di sekitar candi kuno seperti patung dan batu purba.

Baca Juga: Wisata Candi Barong

Apa yang bisa Kita Lakukan Saat Berlibur di Candi Prambanan?

Di kompleks candi Hindu terbesar di Asia Tenggara ini, Anda dapat melakukan berbagai hal menyenangkan:

1. Berburu Foto

foto candi prambanan

Tempat wisata ini telah menjadi salah satu lokasi favorit bagi pecinta fotografi. Anda dapat mengambil foto dari berbagai sudut dan Candi Prambanan akan selalu terlihat berdiri kokoh.

Pada malam hari, tempat wisata ini semakin cantik dengan lampu yang menyala dan mengarah ke Kuil Trimurti. Kuil ketiga dewa itu tampak berdiri megah dengan cahaya keemasan.

2. Mengenali Seni Sastra dan Kisah-kisah Hindu

Sama seperti Candi Borobudur, di objek wisata ini ada juga relief untuk bercerita. Cara membaca relief ini sama, Anda harus masuk dari pintu timur lalu berjalan di sekitar Kuil Trimurti ke arah searah jarum jam.

Relief di bagian dalam pagar ini memiliki dua cerita yaitu tentang Ramayana dan Krishnayana. Tidak perlu bingung jika Anda kesulitan membaca relief ini.

Anda bisa menggunakan jasa pemandu di kompleks candi Prambanan. Anda juga dapat pergi ke museum yang terletak di bagian utara kompleks candi untuk mendapatkan informasi tentang tempat wisata ini.

Menariknya, untuk memasuki museum ini Anda tidak perlu membayar lagi karena sudah termasuk dalam harga tiket masuk ke kompleks wisata.

3. Berkeliling Kompleks Candi

Berkeliling Kompleks Candi

Anda dapat tur sekitar 39,8 hektar tempat wisata dengan berjalan kaki. Halaman kompleks ini ditanami banyak tanaman sehingga terlihat seperti taman besar.

Berjalan sambil mengamati ukiran di setiap kuil pasti akan membuat Anda lebih takjub dengan hasil karya hebat ini. Mengukir di kuil-kuil ini tampaknya mustahil dilakukan oleh manusia pada saat teknologi belum dikembangkan di zaman kuno.

Baca Juga: Wisata Candi Banyunibo

4. Berburu Sovenir Khas Candi Prambanan

Di kompleks wisata ini, banyak warung telah dibangun yang menjual oleh-oleh khas Candi Prambanan seperti T-shirt, gantungan kunci, kalung, gelang hingga kuil mini.

Tidak hanya oleh-oleh dari Candi Prambanan, di sini Anda juga dapat menemukan miniatur dan kaos Candi Borobudur.

Hal Menarik Lainnya Yang Ada di Candi Prambanan

Hal Menarik Lainnya Yang Ada di Candi

Jika Anda ingin menikmati Candi Prambanan dengan cara yang berbeda, datanglah di bulan purnama setiap bulan pada pukul 20:00 – 22:00. Pada waktu itu, balet Ramayana diadakan di atas panggung terbuka dengan latar belakang tiga kuil para dewa yang disorot oleh cahaya.

Pertunjukan di panggung terbuka hanya dilakukan selama musim kemarau, sedangkan di musim penghujan, lokasi untuk pertunjukan ini dipindahkan ke dalam panggung tertutup.

Tabel Informasi Harga Tiket dan Lokasi

Informasi Harga Tiket dan Lokasi candi prambanan
Jam BukaSetiap hari: 06:00 – 17:00
Alamat/LokasiJl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan,
Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Harga Tiket MasukDewasa : Rp.30.000 (WNI) dan 18 USD (WNA)
Anak-anak : Rp. 12.500 (WNI) dan 9 USD (WNA)
Pelajar : Rp. 20.000
Harga ParkirMobil : Rp. 10.000 & Rp. 15.000 (Hari Libur)
Motor : Rp. 3.0000

Baca Juga: Wisata Candi Ratu Boko

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Candi Prambanan. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Candi Prambanan Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.