Wisata Candi Banyunibo

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Candi Banyunibo yang ada di Kabupaten Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Candi Banyunibo adalah salah satu candi yang memiliki gaya Budha yang terletak tidak jauh dari Candi Ratu Boko dan Ijo. Candi ini dibangun pada abad ke-9 selama Kerajaan Mataran Kuno.

Di puncak candi ada stupa yang merupakan ciri khas agama Buddha. Candi ini masih termasuk kompleks dengan Candi Ratu Boko, Candi Barong, dan Candi Ijo.

Selain itu, di sekitar Candi Banyunibo ada juga beberapa candi yang tersebar di beberapa dusun sekitarnya.

Candi ini pertama kali ditemukan dalam keadaan rusak atau runtuh dan mulai didirikan kembali pada tahun 1940-an. Candi Banyunibo masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Nama Banyunibo yang berarti air jatuh dan menetes. Candi Bnayunibo adalah candi yang memiliki banyak ornamen / ornamen.

Hampir di setiap bagian candi terdapat berbagai dekorasi dan relief, meski ada beberapa dekorasi candi yang sama. Dekorasi terdiri dari beberapa bidang.

Lapangan dipenuhi dengan patung-patung yang dihiasi dengan berbagai tanaman yang tumbuh dalam pot. Candi utama Candi Banyunibo menghadap ke barat dan terletak di antara ladang tebu dan sawah.

Di sekitar candi ada 6 petugas / candi pendamping. Candi ini dalam bentuk stupa yang terletak di selatan dan timur candi utama.

Ada dua buah relief pada Candi Banyunibo yang menggambarkan pada adannya Dewi Hariti, yang menjadi dewi kesuburan dalam ajaran Vaisravana dan Budha yang merupakan suami dari Dewi Hariti.

Ada juga yang menganggap bahwa Dewi Hariti adalah dewi ibu dan dewi kekayaan.

Karena lokasi candi yang berada di dekat sawah yang sejuk, Anda dapat menikmati momen yang sangat menarik dan ada pemandangan alam yang indah di sekitar candi.

Di candi ini Anda juga bisa menikmati matahari terbenam. Candi ini memiliki sisi candi yang menarik dari candi-candi di Yogyakarta.

Di masa lalu, warga sekitar sering menyebut candi ini sebagai “Si Sebatang Kara Banyunibo”. Disebut demikian karena lokasi Candi Banyunibo terpisah dari candi-candi lainnya.

Jika Anda melihat dari kejauhan candi ini terlihat sangat lengkap dan kokoh, namun jika Anda telah melihatnya dari jarak dekat candi ini akan terlihat sangat kecil jika dibandingkan dengan Candi Prambanan dan Borobudur.

Di pintu masuk candi ada singa di kanan dan kiri, singa melambangkan penjaga candi.

Apa itu Candi Banyunibo?

Sejarah Candi Banyunibo

Candi Banyunibo adalah candi Budha yang terletak tidak jauh dari Candi Ratu Boko, yang berada di bagian timur Kota Yogyakarta di arah Kota Wonosari.

Sekitar 5,6 km ke selatan candi Prambanan, dan secara administratif terletak di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kabupaten Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Candi Ratu Boko

Sejarah Candi Banyunibo

Candi Banyunibo

Candi Banyunibo adalah kompleks candi Budha pada abad ke-9 yang terletak di Desa Cepit, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Candi Banyunibo adalah salah satu peninggalan bersejarah yang ditemukan pada tahun 1942, yang kemudian berhasil dipulihkan secara intensif hingga 1978.

Di dalam sejarahnya, diperkirakan jika Candi Banyunibo berasal dari jaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini didirikan di lembah yang sempit dan juga dikelilingi oleh sawah sejauh dua kilometer.

Dimana di sisi utara adalah Candi Prambanan dan di sebelah selatan adalah kompleks bukit Gunung Sewu.

Dua relief pada Candi Banyunibo menuju pada adanya Hariti, yang menjadi dewi kesuburan di agama Vaisravana dan Budha suami dari Hariti.

Ada juga tautan yang selain dianggap sebagai dewi kesuburan, Dewi Hariti adalah dewi ibu dan dewi kekayaan. Sang dewi biasanya disorot sebagai sosok dewi yang selalu ditemani oleh anak-anak dan pengikutnya.

Lokasi Candi Banyunibo

lokasi wisata Candi Banyunibo

Lokasi Candi Banyunibo sangat mudah dijangkau dan ditemukan karena lokasi Candi Banyunibo tidak begitu jauh dari pusat 0 km kota Yogyakarta. Lokasi Candi Banyunibo juga dekat dengan Candi Ratu Boko.

Lokasi tepatnya di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Jogjakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Candi Barong

Rute ke Candi Banyunibo

Rute ke Candi Banyunibo

Rute ke tur Candi Banyunibo sangat terjangkau dan mudah ditemukan. Jika Anda pergi dari pusat Yogyakarta ke timur melalui Jl Panembahan Senopati, terus ke Jl Raya Jogja.

Kemudian mencapai persimpangan ke utara melalui Jl Janti, lalu terus lalu belok kanan, lalu bertemu persimpangan ke utara, hingga jalan T -jalan belok ke timur melalui Jl Laksda Adisucipto.

Terus lurus lalu belok kanan melewati Jl Opak Raya, lalu sampai perempatan ke kiri menuju Jl Opak VIII.

Sampai perempatan terus lurus ke kanan lalu ke kiri sampai pertigaan menuju timur melalui Jl Ratu Boko, ikuti jalan maka kamu akan sampai ke wisata sejarah Candi Banyunibo.

Jarak dari pusat Yogyakarta ke Candi Banyunibo tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 17,8 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke Candi Banyunibo adalah sekitar 42 menit.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Candi Banyunibo sekarang cukup memadai. Fasilitas ini juga dapat membuat pengunjung merasa nyaman saat berkunjung:

  • Ada toilet umum di sana
  • Lalu ada papan informasi untuk para pengunjung
  • Kursi untuk turis beristirahat, dan
  • Ada area parkir yang luas

Harga Tiket Masuk dan Tempat Parkir Candi Banyunibo

Harga tiket masuk untuk Candi Banyunibo cukup murah, bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan sejarah, silakan kunjungi Candi Banyunibo, Anda hanya akan dikenakan biaya Rp. 5000 / orang.

Harga ini sudah termasuk harga turis asing juga. Sedangkan untuk harga tiket parkir untuk wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Candi Ijo

Tabel Informasi

Jam 06.00 sampai 17.00 WIB.
Alamat/LokasiDusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Jogjakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Harga TiketRp 5.00 per Orang
ParkirMotor Rp 2.000
Mobil Rp 5.000

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Candi Banyunibo. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Candi Banyunibo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read