Wisata Candi Abang

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Candi Abang yang ada di Kabupaten Sleman daerah istimewa Jogjakarta.

Pasti anda semua sudah tidak sabar ingin tau apa saja hal-hal menarik yang bisa anda dapatkan jika anda pergi ketempat ini. Baiklah langsung saja kita bahas dengan lengkap objek wisata Candi abang.

Apa itu Candi Abang?

Candi Abang

Yogyakarta dan daerah sekitarnya tidak dapat pisahkan oleh yang namanya candi, candi peninggalan Hindu dan Budha yang sekarang menjadi tempat wisata, mulai dari ukuran kecil hingga besar, bahkan yang terbesar di dunia.

Salah satu yang merupakan salah satu candi unik yang berada di Yogyakarta iyalah Candi Abang, candi Abang ini adalah peninggalan agama Yoni yang merupakan simbol khusus agama Hindu.

Uniknya, candi ini adalah salah satu candi yang diletakkan di bukit, sedangkan bukitnya tidak setinggi Ratu Boko jika hanya disebut Candi Ijo.

Namun, menurut kepercayaan agama Hindu, tempat tinggi adalah tempat suci atau tempat tinggal para dewa yang ada, oleh karena itu Candi Abang dibangun di atas bukit.

Tidak hanya itu, masih ada beberapa keunikan lain yang akan Anda temukan di Candi Abang, jika ditilik dari namanya, “abang” yang jika diartikan dalam bahasa Jawa yang berarti “merah” maka Anda mungkin akan berpikir bahwa candi itu berwarna merah.

Itu tidak sepenuhnya benar atau tidak sepenuhnya salah, mengapa begitu? Ya, karena candi ini sekarang dalam bentuk reruntuhan yang tidak bisa dipugar seperti candi lainnya sehingga reruntuhan candi ini membentuk gundukan sisa-sisa material yang ada.

Gundukannya juga cukup tinggi dan bentuknya seperti bukit kecil yang unik dan ditutupi oleh rumput hijau ketika musim hujan tiba. Jadi gundukan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Candi Abang.

Wisatawan dapat naik gundukan sampai puncak dan melihat pemandangan sekitarnya yang masih didominasi oleh sawah dan jika Anda beruntung Anda akan melihat gagah Gunung Merapi dari atas gundukan Candi Abang.

Baca Juga: Wisata Candi Ratu Boko

Keunikan Candi Abang

Keunikan Candi Abang

Keunikan dari Candi Abang berada pada materialnya, yang terbuat dari batu merah atau bata merah, dan sesuai namanya Candi Abang didapat dari warna materialnya yang berwarna merah bata.

Ini cukup unik karena jika demikian bahan yang dipakai untuk membuat Candi Abang ialah bata merah, maka Candi Abang adalah satu-satunya candi di Yogyakarta dengan bahan itu.

Bahan bata merah adalah candi yang biasa digunakan yang berada di luar wilayah Yogyakarta seperti beberapa candi di Jawa Timur.

Selain Candi Abang memiliki mitos yang diyakini oleh masyarakat setempat, dikatakan bahwa Candi Abang dijaga oleh “penjaga” yang selalu menjaga Kuil Abang dan sekitarnya aman dari segala ancaman terutama bencana.

Penjaga bernama Kyai Butcher yang mempunyai tubuh besar serta rambut panjang. Menurut beberapa kesaksian ada bongkahan emas seukuran kerbau di reruntuhan Kuil Abang, tetapi itu akan tetap menjadi mitos dan tidak ada yang berani membuktikan kebenaran.

Hal-Hal Menarik di Candi Abang

Hal-Hal Menarik di Candi Abang

Lokasi Candi Abang yang berada di atas bukit serta struktur nya yang menyerupai taman teletubies membuatnya menjadi spot yang bagus untuk berfoto ria ditambah dengan rerumputan hijau yang menutupi batu merah candi menambah keunikan dalam setiap jepretan foto kita.

Maka bagi anda pecinta fotografi jangan sampai anda lewatkan candi Abang sebagai tempat berfoto ketika anda sedang berlibur.

Baca Juga: Wisata Candi Prambanan

Fasilitas Yang Terdapat di Candi Abang

Fasilitas yang ada di Candi Abang masih harus ditingkatkan untuk lebih memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung, mengingat jarak dari tempat parkir dan lokasi Candi Abang cukup jauh. Saat ini fasilitas di Candi Abang meliputi:

  • Area parkir
  • Papan Informasi Sejarah Candi
  • Toiletnya dekat tempat parkir

Lokasi dan Rute Candi Abang

Lokasi Pura Abang berada di sisi timur kota Yogyakarta dan berada di bukit kecil dengan pemandangan yang indah dan ditumbuhi pepohonan lebat.

Berbeda dengan Candi Ijo yang terletak di perbukitan dengan dataran tinggi, Candi Abang berada di dataran rendah tetapi berada di bukit kecil yang naik.

Alamat persis Candi Abang adalah di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sedangkan untuk rute menuju Candi Abang dari arah kota Yogyakarta memiliki situasi jalan yang baik, jalan dengan jalan yang menanjak dan agak sempit hanya akan dilalui ketika mencapai bukit tempat Candi Abang berada.

Rute ke Candi Abang dapat diambil dari arah kota Yogyakarta, untuk rute dari kota Yogyakarta Anda harus melakukan perjalanan ke Jalan Jogja-Wonosari sampai persimpangan Piyungan,

dan kemudian Anda berbelok ke kiri atau ke utara untuk masuk jalan Prambanan-Piyungan untuk menemukan papan nama Candi Abang di persimpangan Berbah anda belok kiri terus ikuti jalan sampai Anda bertemu bukit kecil dan mulai saat ini jalan sudah mulai mendaki sampai Anda mencapai Candi Abang.

Selain itu, dari arah kota Yogyakarta, Anda pergi ke JEC dan persimpangan Blok-O Timur mengikuti jalan Berbah sampai Anda menemukan bukit Candi Abang.

Jarak dari Kota Jogja ke Candi Abang sekitar 13 KM dan waktu perjalanan normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke Candi Abang adalah sekitar 34 menit.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Candi Abang bisa dikatakan masih sangat terjangkau untuk semua kelompok. Untuk dapat memasuki area Candi Abang saat ini Anda dikenai biaya Rp. 5.000.

Sedangkan untuk harga parkir di Candi Abang, Anda hanya perlu membayar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Candi Banyunibo

Tabel Informasi, Harga Tiket dan Lokasi

Jam BukaSetiap Hari 07.00 – 18.00
Alamat/LokasiBlambangan, Jogotirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573
Harga TiketRp.5.000
ParkirMotor: Rp.2.000
Mobil: Rp.5.000

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Candi Abang. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Candi Abang Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.