Wisata Candi Ratu Boko

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Candi Ratu Boko yang ada di Kabupaten Sleman daerah istimewa Jogjakarta.

Pasti anda semua sudah tidak sabar ingin tau apa saja hal-hal menarik yang bisa anda dapatkan jika anda pergi ketempat ini. Baiklah langsung saja kita bahas dengan lengkap objek wisata Candi Ratu Boko.

Apa itu Candi Ratu Boko?

candi ratu boko

Yogyakarta bukan hanya bentang alamnya yang indah, tetapi tentang sejarah dan budaya yang juga sangat menarik untuk diamati. Tak heran, Yogyakarta disebut-sebut sebagai pusat wisata berikutnya setelah Pulau Bali.

Kombinasi alam dan budaya di Kota yang disebut Kota Gudeg memang bisa diacungi jempol. Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Buko adalah bukti warisan sejarah negara itu.

Mengapa bisa juga disebut dengan Situs? Sebab, Ratu Boko adalah reruntuhan sebuah istana dan tidak ada bangunan yang menyerupai candi. Tempat ini juga bisa disebut Istana Ratu Boko.

Baca Juga: Wisata Candi Abang

Sejarah Singkat Candi Ratu Boko

Pada abad ke-17, ada seorang warga Eropa yang pernah mengunjungi Jawa, tepatnya di wilayah Bokoharjo. Namun sayang ia tidak menemukan situs yang ia cari.

Orang dari Eropa yang masih saja penasaran dengan adanya situs ini juga menceritakan kisahnya dengan H.J. De Graff si Belanda yang kemudian melakukan penelitian oleh FDX Bosch yang akhirnya menemukan reruntuhan ini.

Menurut Prasati Abhayagiri, candi yang memiliki angka 792 M, Situs Ratu Baka adalah tempat Rakai Panangkaran yang saat itu mengundurkan diri dari kerajaan Mataram karena ia membutuhkan ketenangan.

Kemudian, Rakai Panangkaran membangun sebuah kuil yang disebut Kuil Abhayagiri. Ada juga cerita yang berkembang bahwa Ratu Boko diambil dari nama yang juga merujuk pada bapak legenda Roro Jonggrang.

Kisah ini telah berkembang pesat di kalangan masyarakat sekitarnya. Istana Ratu Boko digunakan selama dinasti Syailendra.

Situs Ratu Boko adalah peninggalan agama Buddha. Karena, Rakai Panangkaran dikenal sebagai penganut Buddha.

Ini diketahui dengan keberadaan patung Buddha Dyani. Namun, situs ini juga bisa disebut situs peninggalan Hindu dengan ditemukannya patung Durga, Yoni, dan Ganesha.

Arsitektur Candi Ratu Boko

Arsitektur Candi Ratu Boko

Gerbang situs ini terdiri dari 2 gerbang yaitu, di dalam dan di luar yang terletak di bagian barat situs. Gerbang luar lebih kecil dari gerbang bagian dalam yang merupakan gerbang utama istana.

Gerbang ini diatur dengan gerbang paduraksa. Gerbang luar adalah 3 dan ada 5 untuk gerbang utama. Ada juga tulisan Panabwara. Di mana Panabwara ialah nama anak Rakai Panangkaran yang bergelar Prabu.

Menurut catatan sejarah Raja Rakai Panangkaran adalah penguasa Kerajaan Ratu Boko.

Kompleks ini memiliki bangunan yang menyerupai candi yaitu Batu Kapur dan Batu Putih di bagian timur laut. Candi ini disebut batu kapur karena, fondasi candi ini adalah batu kapur. Hanya saja bagian atas candi ini hilang.

Kompleks Ratu Boko bagian dalam memiliki kuil yang terbakar dan sumur suci. Kuil yang terbakar ini terletak di bagian depan yang terbuat dari batu andesit.

Dapat disebut Kuil Pembakaran karena, penemuan abu bekas terbakar. Dari tempat ini, kalian semua bisa melihat ini dengan sakral. Kedalaman sumur suci ini bisa mencapai 2 meter selama musim kemarau.

Dalam sejarah Istana Boko, sumur ini dipakai untuk acara upacara keagamaan yang diadakan di Kuil Burning.

Apa Yang Menarik dari Candi Ratu Boko

Situs ini terletak di atas bukit dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Bisa dibilang daerah ini merupakan kawasan istana yang cukup komprehensif di antara istana Jawa lainnya.

Di mana komplek bangunan cukup lengkap terdiri dari gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, dan juga pagar pelindung.

Suasana candi Ratu Boko

Terlihat hamparan sawah, kuil, dan terkadang kereta yang melintas menjadi pesona yang cukup menarik. Apalagi udaranya sejuk karena, jumlah pohon dan rerumputan semuanya hijau.

Untuk menikmati pemandangan ini, Anda bisa duduk di kursi yang telah disediakan oleh manajer. Dari sini, wisatawan semua bisa melihat keindahan setinggi ini.

Baca Juga: Wisata Candi Prambanan

Spot Foto Menarik

Spot Foto Menarik candi ratu boko

Kursi-kursi ini sangat menarik untuk dijadikan tempat berfoto bagi semua sobat yang berlibur disini. Tidak hanya itu keindahan alam yang ada di sekitar candi juga menambah kesan menarik pada setiap jepretan foto anda.

Suasan Matahari Terbenam di Candi Ratu Boko

Suasan Matahari Terbenam di Candi Ratu Boko

Dari sekian banyak objek wisata yang dimiliki oleh situs ini ada satu hal yang membuat siapa saja Traveler rela menunggu. Apa itu? Pesona Sunset sangat indah dan tidak ada tempat yang dapat menawarkan pemandangan yang indah.

Warna oranye matahari tepat di tengah gerbang situs. Dikombinasikan dengan warna langit yang menggemaskan. Tentu saja, tempat ini mampu menghasilkan Foto Siluet terbaik dengan lanskap terbaik juga.

Segalanya terasa benar dan benar. Tapi, sekali lagi nama pesona Matahari Terbenam adalah pesona keberuntungan. Jika, Anda menemukan situasi seperti ini, itu berarti Anda adalah orang yang beruntung.

Sebab, biasanya kabut dan awan akan menyelimuti area ini. Meskipun, dalam situasi ini Anda semua masih dapat membuat kreasi foto yang luar biasa.

Tidak hanya itu, ada juga tempat trekking, perkemahan, paket wisata yang mendidik dan panduan yang dapat dimanfaatkan oleh semua teman traveler.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Harga tiket lokasi ini bisa dibilang cukup murah. Di mana, ada tiket kanal yang bisa dibeli di Candi Prambanan seharga 30-40 ribu rupiah. Jika Sahabat wisata menggunakan tiket kanal ini,

Maka kalian akan diberi Shuttle Bus yang akan membawa kalian semua dari Candi Prambanan ke Istana Ratu Boko. Namun, antar-jemput ini hanya tersedia hingga pukul 16:00.

Setelah itu, Anda bisa naik ojek ke Candi Prambanan. Karena itu, ketika mengunjungi Candi Prambanan disarankan untuk mengunjungi Istana Ratu Boko terlebih dahulu.

Jika, kalian tertarik untuk datang langsung ke tempat ini. Maka harga tiketnya 25 ribu rupiah untuk usia di atas 6 tahun. Bagi mereka yang berusia di bawah 6 tahun akan dikenakan biaya 10.000. Turis asing dikenakan biaya 13 dolar.

Sejujurnya, harga yang ditawarkan cukup mahal untuk kelas situs kerajaan. Hanya saja bangunan peninggalan istana berusia ratusan tahun. Otomatis, biaya perawatannya cukup mahal.

Kecuali, jika kalian datang saat matahari terbenam tiba. Harga ini bisa dibilang sangat murah dengan moment menakjubkan yang akan kalian dapatkant.

Rute dan Lokasi Candi Ratu Boko

Situs Ratu Boko berada di Gatak, Bokoharjo, komplek Prambanan, Sleman. Dari kota Jogja ambil jalan menuju Solo sampai Anda mencapai lampu merah di pertigaan pasar Prambanan. Belok kanan dan berjalan sekitar 3 kilometer.

Setelah ini, akan ada papan tanda yang akan memandu Anda semua untuk mencapai lokasi Candi Ratu Boko.

Baca Juga: Wisata Candi Banyunibo

Tabel Informasi, Harga Tiket dan Lokasi

Jam BukaSetiap Hari 06.00 – 17.00
Alamat/LokasiJl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga TiketDewasa : Rp.25.000
Anak-anak : Rp.10.000
WNA : 13 USD

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Candi Ratu Boko. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Candi Ratu Boko Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.