Wisata Pantai Pok Tunggal

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Pok Tunggal yang ada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Pok Tunggal adalah pantai pasir putih bersih yang lembut dengan pemandangan indah yang masih alami dan memiliki ombak air pantai yang cukup besar.

Pantai ini memiliki pantai panjang yang cukup panjang, selain itu pantai ini memiliki dua bukit yang bisa didaki wisatawan. Kedua bukit ini adalah bukit Tirta Pok Tunggal asri di barat dan Bukit Panjong di timur.

Apa Itu Pantai Pok Tunggal

Wisata Pantai Pok Tunggal

Nama “Pok Tunggal” sendiri diambil dari pohon yang disebut Pohon Duras yang hidup di tepi Pantai Pok Tunggal. Pohon Duras ini hanya tumbuh satu buah, maka pantai ini dinamai Pok Tunggal.

Masyarakat setempat yang juga berprofesi sebagai pengelola menjaga kebersihan pantai dari sampah.

Masyarakat setempat juga tidak segan-segan menjatuhkan sanksi kepada wisatawan yang membuang sampah sembarangan dengan denda Rp 10.000. Objek wisata lain yang ada di Pantai Pok Tunggal adalah sungai yang berada di bawah tanah.

Aliran sungai ini memiliki air tawar dan tidak ada yang dicampur dengan air garam. Sungai ini juga merupakan sumber air utama bagi masyarakat setempat.

Yang kedua adalah Diving dan Snorekeling, area pantai cukup tenang sehingga wisatawan tidak perlu khawatir bermain air di Pantai Pok Tunggal.

Tetapi pengunjung disarankan untuk membawa peralatan mereka sendiri jika Anda ingin menyelam dan menyelam. Yang ketiga adalah tempat foto yang menarik, Anda dapat berburu foto berkualitas untuk diunggah ke media sosial.

Ada banyak spot foto untuk dipilih, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai properti yang tersedia di sana.

Yang keempat adalah wisata panjat tebing ekstrem, di pantai ini ada tebing karst yang berjejer dan bergerombol. Di sini Anda dapat menguji adrenalin dengan memanjat atau menuruni tebing karst.

Yang keempat adalah Camping, di sini juga ada area camping yang selalu menjadi daya tarik utama. Suasana berkemah pada hari-hari genap selalu menjadi kegiatan favorit para pengunjung.

Baca Juga: Wisata Pantai Depok

Sejarah dan Keindahan Pantai Pok Tunggal

Sejarah dan Keindahan Pantai Pok Tunggal

Secara historis nama pantai “Pok Tunggal” diambil dari pohon langka yang tumbuh besar di pantai.

Disebut juga pohon duras, mengapa jarang? karena pohon ini hanya memiliki satu buah dan tumbuh besar di lokasi pantai. Pohon ini juga digunakan sebagai tempat untuk mengambil foto yang cukup menarik.

Seperti pantai pada umumnya atau deretan pantai di Gunungkidul pada umumnya, yang memiliki pasir putih bersih dan halus. Dan uniknya, pantai ini memiliki tebing karst dengan beberapa tanaman hijau.

Sehingga dalam hal penglihatan, Anda tidak perlu khawatir tentang kecantikan lagi.

Pantai Pok Tunggal juga terkenal dengan perairannya yang tenang, tidak seperti pantai selatan Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Jadi wisatawan yak perlu khawatir bermain air dan berenang.

Ada juga beberapa fasilitas tambahan termasuk payung pantai dan gazebo. Selain itu pantai ini juga memiliki air yang bersih dan jernih, sehingga cocok untuk kegiatan snorkeling dan menyelam.

Tetapi Anda harus membawa peralatan sendiri. Karena manajemen belum menyediakan peralatan.

Sebagian besar pantai di Indonesia, Pantai Pok Tunggal juga memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah di sore hari.

Oh ya, Anda perlu tahu bahwa ada hal-hal unik lainnya yang tidak dapat Anda temukan di pantai lain, yaitu sungai bawah tanah.

Mengapa unik karena aliran sungai air tawar tidak bercampur dengan air garam sedikit pun. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di pantai pok tunggal adalah:

  • Bermain air dan pasir
  • Menyelam dan Snorkeling
  • Mengambil foto di beberapa tempat menarik yang telah disediakan
  • Berkemah

Lokasi Pantai

Lokasi Pantai Pok Tunggal sudah baik dan mudah bagi pengunjung untuk pergi ke Pantai Pok Tunggal, tetapi sekitar satu setengah kilometer sebelum pantai ada jalan tanah berbatu.

Lokasi Pantai Pok Tunggal cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Alamat Pantai Pok Tunggal tepatnya di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Rute ke Pantai Pok Tunggal

Rute ke Pantai Pok Tunggal

Rute menuju pantai Pok Tunggal sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta di sebelah timur pergi melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju ke Jalan Panembahan Senopati 9.

Mencapai persimpangan ke selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, kemudian melanjutkan sampai ia mencapai persimpangan ke arah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono.

Sampai di pertigaan ke selatan melalui Jalan Sisingamangaraja, lalu terus lurus menuju Jalan Imogiri Barat, tiba di pertigaan ke timur melalui Jalan Imogiri Bakulan.

Sampai pertigaan ke barat melewati Jalan Imogiri Siluk kemudian terus melewati Jalan Siluk Panggang, kemudian terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu terus mengikuti Jalan Siluk Panggang.

Kemudian mencapai pertigaan ke timur melalui Jalan Wonosari Panggang, kemudian terus ke Jalan Pantai Selatan.

Jawa, kemudian tiba di pertigaan ke selatan melalui Jalan Pok Tunggal, terus ikuti jalan yang ada sampai Anda akan tiba di Pantai Pok Tunggal.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Pok Tunggal cukup jauh, yaitu sekitar 70,7 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Koya Jogja ke Pantai Pok Tunggal adalah sekitar 2 jam 2 menit.

Baca Juga: Wisata Pantai Samas

Fasilitas Pantai Pok Tunggal

Fasilitas Pantai Pok Tunggal

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal cukup lengkap bagi pengunjung yang tertarik untuk datang ke Pantai Pok Tunggal, termasuk:

  • Toilet
  • Parkir
  • Payung Pantai
  • Tenda Dome
  • Area Berkemah
  • Warung makanan
  • Penginapan
  • Mushola

Harga Tiket dan Parkir Pantai Pok Tunggal

Harga tiket masuk untuk Pantai Pok Tunggal relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan Rp. 10.000 / orang. Dan juga harga sudah termasuk tiket masuk ke wisata pantai lain yang berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal.

Adapun biaya parkir di Pantai Pok Tunggal, mereka adalah:

  • Sepeda motor: Rp. 3000
  • Mobil: Rp. 5.000
  • Minibus: Rp15.000

Baca Juga: Wisata Pantai Glagah

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Pok Tunggal. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Pantai Pok Tunggal Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.