Wisata Pantai Glagah

4 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Glagah yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak pantai yang tersebar di beberapa kabupaten di provinsi ini.

Kabupaten Bantul dan Gunungkidul adalah dua kabupaten yang memiliki jumlah pantai terbanyak di Yogyakarta.

Tetapi yang perlu Anda ketahui adalah bahwa selain kabupaten Bantul dan Gunungkidul, ada kabupaten lain di Yogyakarta yang juga memiliki tujuan wisata pantai, kabupaten yang dimaksud adalah Kabupaten Kulon Progo.

Ada satu pantai di Kulon Progo yang keberadaannya sudah dikenal oleh banyak orang, baik oleh orang-orang Jogja sendiri maupun orang-orang di luar Jogja, dan pantai yang dimaksud adalah pantai Glagah.

Pantai Glagah sendiri merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Kulon Progo atau bahkan dapat dianggap sebagai ikon kota ini.

Walaupun dalam beberapa tahun terakhir banyak destinasi wisata baru di Kulon Progo seperti Kedung Pedut, Kalibiru, dan banyak lagi, tetapi pesona dari Pantai Glagah terus menjadi primadona kota ini.

Jika Anda semua bertanya-tanya apa saja fitur Pantai Glagah, tentu saja ada banyak fitur dan keunikan yang dimiliki pantai ini.

Salah satunya adalah keberadaan tetrapoda atau dinding laut yang berfungsi untuk memecah gelombang yang datang dari garis pantai, seperti yang diketahui banyak orang di Pantai Selatan Jawa.

Dikenal memiliki gelombang yang cukup ganas, oleh karena itu tetrapoda dibangun di atas Pantai Glagah.

Tetrapod kemudian menjadi tempat foto favorit di Pantai Glagah, selain itu ada juga dermaga yang letaknya menjorok ke laut, salah satu fungsi tetrapod juga untuk melindungi dermaga dari ombak.

Selain tetrapoda dan dermaga di Pantai Glagah, ada juga laguna yang tidak semua pantai miliki, sebelum Anda semua perlu tahu bahwa laguna adalah cekungan yang kemudian diisi dengan air untuk membentuk kolam alami.

Jika secara umum laguna terbentuk karena batuan atau sejenisnya, laguna di Pantai Glagah terbentuk karena cekungan masih merupakan bagian dari daratan yang kemudian diisi dengan air laut pasang surut.

Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di laguna, salah satunya di sekitar laguna menggunakan perahu dayung, kano, atau kano kecil.

Selain itu bagi semua teman saya yang hobi memancing, laguna di Pantai Glagah bisa menjadi tempat yang menarik untuk menyalurkan hobi.

Ikan-ikan di laguna juga cukup beragam jenis mulai dari Tilapia, Belanak, Betutu, Cork, hingga Mangrove Snapper, Anda bisa bertemu Anda di pantai ini.

Aktivitas menarik lainnya yang dapat Anda lakukan di pantai ini adalah berkeliling menggunakan Atv atau Motocross.

Di Glagah Beach terdapat penyewaan Atv dan Motocross yang dapat digunakan untuk berkeliling pantai ini.

Bepergian keliling pantai menggunakan kendaraan ekstrim sambil menikmati semilir angin laut tentu akan memberi kesan tersendiri bagi semua teman saya.

Setelah bermain di area pantai, tidak ada salahnya, sobat, semuanya mengunjungi kebun buah naga, yang terletak tidak jauh dari Pantai Glagah, taman taman yang disebut Agrowisata Kusumo Wanadri.

Di tempat ini teman-teman semua dapat bepergian sekaligus belajar, mulai dari informasi singkat tentang buah naga, proses penanaman dan perawatan, hingga berbagai khasiat yang dimiliki oleh buah ini.

Selain itu, di kebun ini, semua teman juga dapat membeli buah naga dengan harga yang cukup murah, untuk buah naga ukuran kecil dihargai Rp. 15.000 sedangkan untuk yang besar dihargai Rp. 30.000.

Selain itu, ada juga kabar baik bagi Anda semua yang ingin mengunjungi agrowisata ini, selain memetik buah naga langsung dari pohonnya.

Anda juga dapat mencoba berbagai wahana outbond di tempat ini seperti Pantai Futsal, Voli Pantai, taman bermain anak-anak, dan Terbang Rubah.

Dan yang terakhir jika Anda datang ke tempat ini pada sore hari sobat semua dapat menikmati keindahan matahari yang mulai menyembunyikan sinarnya.

Apa itu Pantai Glagah?

wisata Pantai Glagah

Pantai Glagah Indah ialah salah satu pantai yang jadi objek wisata yang berada di provinsi DIY Yogyakarta.

Pantai ini adalah satu dari beragam pantai di Yogyakarta dengan pasir hitam dan banyak pasir besi. Pantai Glagah Indah memiliki akses yang baik.

Baca Juga: Wisata Pantai Indrayanti

Keistimewaan Pantai Glagah

Keistimewaan Pantai Glagah

Pantai Glagah memiliki keistimewaan yang jarang ditemukan di daerah pantai Kulon Progo lainnya. Beberapa tempat wisata Pantai Glagah di bawah ini mampu memikat wisatawan untuk berkunjung:

1. Laguna yang indah

Pantai Glagah

Berbicara tentang Pantai Glagah, orang-orang Jogja pasti akan menyebutkan laguna yang dimiliki oleh pantai ini.

Secara umum, laguna pantai memiliki hambatan dalam bentuk pasir, karang, atau sejenisnya. Meski dekat dengan laut, laguna biasanya berada di perairan yang relatif dangkal dan tenang.

Berbeda dengan laguna di Pantai Glagah. Laguna di pantai terbentuk dari bagian tanah yang agak cekung yang mengandung air pasang.

Semakin, cekungan ini membentuk danau air besar dan tenang dengan tepi subur dan ditumbuhi gulma.

Pantai Laguna Glagah juga digunakan sebagai objek wisata air, seperti perahu dayung, kano, hingga kano kecil yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling di laguna.

Karena lokasinya yang tenang dan jauh dari ombak, laguna ini cukup ramai dengan anak-anak. Untuk orang dewasa, ada tempat memancing di laguna ini.

2. Stupa Warisan Budaya di Wilayah Pesisir

Di balik keindahan panorama, Pantai Glagah adalah saksi sejarah berdirinya Desa Glagah. Di sekitar pantai, ada situs bersejarah yang disebut Stupa Warisan Budaya.

Di kawasan cagar budaya ini ada batu yang disebut Stupa Glagah. Menurut penduduk setempat, stupa tersebut merupakan peninggalan masa pemerintahan bupati bernama Cangakmengeng di Kadipaten Sios.

Penduduk percaya bahwa stupa dalam cagar budaya berasal dari abad ke 6 Masehi. Lokasi stupa juga dianggap sebagai pertapaan putri bupati, Nyi Sekar Kenanga.

Baca Juga: Wisata Pantai Siung

3. Dermaga Panjang dengan Tetrapod

Dermaga Panjang dengan Tetrapod

Pantai Glagah dikenal sebagai salah satu pantai di Jogja yang memiliki ombak cukup besar. Oleh karena itu, di daerah pantai tetrapoda dibangun.

Terbuat dari struktur beton berkaki empat yang berfungsi sebagai pemecah gelombang sehingga tidak memasuki garis pantai lebih jauh.

Di tengah garis tetrapod, jalan setapak beton panjang dibangun yang mengarah ke tengah laut. Jalur ini juga berfungsi sebagai akses ke dermaga.

Banyak pengunjung menggunakan daerah tetrapod ini untuk memancing sambil menikmati angin laut dan ombak.

Kehadiran jalan yang dikelilingi oleh tetrapoda inilah yang menjadi ciri Pantai Glagah.

Sebagian besar pengunjung di Pantai Glagah tidak ketinggalan momen mengambil foto, juga mengambil gambar pemandangan ombak yang terbelah setelah mengenai tetrapod.

Lokasi Pantai Glagah

Lokasi Pantai Glagah sendiri cukup mudah dijangkau, akses jalan menuju pantai juga cukup bagus.

Lebih tepatnya, Pantai Glagah terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Glagah Beach

Rute ke Pantai Glagah cukup mudah, dari pusat Yogyakarta Anda semua bisa langsung menuju jalan Bantul di arah Purworejo.

Lalu ketika Anda sampai ke Palbapang lampu merah belok kanan melalui jalan Srambat ke jembatan Srambat, lalu teman saya semua akan menemukan lampu merah kemudian belok kiri untuk tiba di Pantai Glagah.

Jika dihitung jarak dari pusat Yogyakarta ke Pantai Glagah adalah sekitar 45 km dan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Fasilitas Pantai Glagah

Fasilitas Pantai Wediombo cukup lengkap, di pantai ini teman-teman semua akan menemukan berbagai macam fasilitas seperti:

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet / Kamar Mandi
  • Warung makanan
  • Mushola
  • Tempat istirahat
  • Penginapan
  • ATV, Rental Motorcross, dan berbagai jenis kapal

Harga Tiket dan Parkir Glagah Beach

Harga tiket masuk ke Pantai Glagah juga cukup murah, untuk dapat menikmati keindahan pantai ini, Anda semua hanya perlu membayar Rp. 5.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir roda dua, tarif Rp. 3.000, empat roda Rp. 10.000 dan untuk bus Rp. 20.000.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tungga

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Glagah. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Pantai Glagah Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.