Wisata Pantai Nguyahan

Posted on

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Nguyahan yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta tidak hanya menyajikan wisata candi bersejarah, tetapi kali ini ada pantai tersembunyi dengan pesona alam yang menakjubkan di daerah Gunung Kidul tepatnya terletak di Desa Kanigoro, Kabupaten Saptosari, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda pasti bertanya-tanya mengapa pantai ini dikatakan sebagai pantai bersejarah dan mengapa disebut Pantai Nguyahan? Karena pada zaman Belanda menduduki Indonesia, pantai ini adalah daerah penghasil garam.

Jadi sebenarnya kata nguyahan berasal dari kata “Uyah” yang dalam bahasa Jawa berarti garam. Jadi tidak aneh jika pantai ini dikatakan oleh masyarakat setempat sebagai Pantai Nguyahan.

Pantai Nguyahan memiliki pantai berpasir putih yang indah dan ombak dengan air laut yang biru disertai dengan pesona tebing di pantai yang menambah keindahan pantai ini.

Aktivitas yang dapat Anda nikmati di Pantai Nguyahan meliputi:

• Mainkan air pantai dan berenang

Di pantai ini Anda bisa bermain air dengan pesona berbagai biota laut berbagai jenis ikan laut, terumbu karang, rumput laut dan jenis biota lainnya.

Tidak hanya itu Anda juga bisa berenang dan tidak perlu khawatir jika tenggelam karena pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang.

• Area Memamancing dan Campig

Bagi pecinta olahraga memancing, Anda sangat cocok untuk mengunjungi pantai Nguyahan karena Anda bisa memancing dan mendapatkan ikan dengan mudah dan memakannya dengan membakar ikan langsung di pantai dengan suasana pantai yang indah.

Pantai Nguyahan tidak ada tempat penginapan seperti villa, homestay, restoran dan hotel.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena di pantai ini Anda bisa bermalam di Pantai Nguyahan dengan membuat tenda untuk membangun tenda di tepi pantai, menikmati suasana malam dengan semilir angin malam bersama teman dan keluarga.

• Nikmati Twilight

Pantai Nguyahan menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah di ufuk barat dengan suasana pantai yang eksotis.

Lokasi Pantai Nguyahan

Wisata Pantai Nguyahan

Lokasi Pantai Nguyahan cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, yaitu 52 kilometer, yaitu sekitar 1,5 jam.

Lokasi tepatnya Pantai Nguyahan adalah di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Pandansari

Rute ke Pantai Nguyahan

Rute ke Pantai Nguyahan cukup jauh dan berliku dari Pusat Kota Yogyakarta, Anda langsung menuju perempatan dan belok kanan ke Jl. Brigadir Katamso.

Tetap lurus di Jl. Brigadir Katamso, lalu bertemu pertigaan belok kiri ke Jl. Kolonel Sugiyono.

Lalu lurus sampai Anda menemukan pertigaan belok kanan ke Jl. Sisingamangaraja tetap lurus melihat pertigaan terus ke Jl. Imogiri Barat melewati ATM BCA (dikiri)

Lalu lurus mengikuti jalan utama Jl. Imogiri Barat sampai Anda menemukan persimpangan belok kiri ke Jl. Bakulan Imogiri, lalu lurus sampai Anda menemukan pertigaan Masjid Al Khiqmah.

SMK Muhammadiyah Imogiri, belok kanan ke Jl. Imogiri Siluk kemudian lurus sedikit hingga menempel di pertigaan belok kanan ke Jl. Imogiri Siluk, tetap lurus sampai Anda melihat pertigaan terus ke Jl. Siluk Bake.

Lalu lurus sampai Anda melihat pertigaan belok kiri ke Jl. Panggang Utama, lalu lurus sampai Anda menemukan persimpangan di Jl. Panggang Wonosari.

Tetap lurus mengikuti jalan besar untuk menemukan warung Mak To, ambil jalur kiri dan tetap di Jl. Panggang Wonosari.

Lurus sampai anda menemukan persimpangan belok kanan tetap lurus sampai anda memasuki Jl. Paliyan Ngobaran tetap lurus sampai Anda melihat pertigaan belok kiri ke Jl. Saptosari-Ngobaran.

Lurus untuk menemui pertigaan belok kanan ke Jl. Bakar Ngrenehan dan tetap lurus mengikuti Jalan Besar. Tujuan Anda telah tiba.

Baca Juga: Wisata Pantai Samas

Daya Tarik Pantai Nguyahan

Wisata Pantai Nguyahan di Sapto Sari Gunung Kidul Yogyakarta memiliki cerita tersendiri bahwa sejak zaman Belanda terkenal dengan pembuatan garam tradisionalnya.

Garam dalam bahasa Jawa adalah uyah dan orang Jawa sendiri menyebut pantai ini nguyahan yang berarti sebagai tempat membuat garam dan di melewati Belanda mengumpulkan upeti dari pembuat uyah yang ada di sini. Di pantai Nguyahan situasi ini masih sangat sepi.

Pantai ini terletak tersembunyi di pegunungan yang menjulang tinggi sehingga bisa menyembunyikan keindahan pantai ini.

Sangat cocok untuk wisata keluarga, lokasinya tidak terlalu luas dan di pantai ini Anda bisa puas bermain di pasir dan juga menangkap ikan kecil.

Selain dari pantai yang masih sepi Anda juga bisa menikmati dari bukit ada gazebo ditemani minuman kelapa muda bercanda hingga lepas pantai.

Pantai ini dilapisi dengan pegunungan seribu di sekitarnya, dari sini juga bisa melihat jajaran rumah para nelayan.

Di pantai Nguyahan, sepertinya baru saja dibangun oleh masyarakat setempat, terlihat dari trotoar yang belum diaspal, tetapi membuat situasi di sekitar sini menjadi sangat alami, rapi, dan juga eksotis.

Pantai Nguyahan juga bisa digunakan untuk berkemah bagi Anda yang ingin menikmati suasana angin malam di pantai ini, Anda bisa mencoba berkemah.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Nguyahan lengkap dan memadai. Karena itu, Anda tidak perlu bingung ketika mengunjungi pantai Nguyahan karena fasilitas yang tersedia seperti:

• Tempat parkir yang luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Ruang Ganti
  • Gazhebo / pondok sederhana

Harga Tiket dan Parkir Pantai Nguyahan

Tiket masuk ke Pantai Nguyahan cukup mahal untuk harga parkir, tetapi cukup murah untuk tiket masuk sebesar Rp. 5.000. sedangkan harga parkir sepeda motor adalah Rp5.000 dan untuk parkir mobil Rp10.000.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tunggal

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Nguyahan. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Nguyahan Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.