Wisata Pantai Kuwaru

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Kuwaru yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Kuwaru adalah tujuan wisata pantai yang menarik untuk melihat keindahan pantai pasir hitam dan gugusan samudera luas Samudra Hindia.

Seperti pantai-pantai lain di sekitar Yogyakarta, pantai Kuwaru memiliki ombak yang cukup deras dengan pasir luas tapi agak landai.

Ini cukup berbeda dibandingkan Pantai Parangtritis yang mempunyai area pantai yang lumayan luas.

Tetapi, pantai ini memiliki beberapa kelebihan yang menjadikan Pantai Kuwaru cukup dikenal pada kalangan masyarakat Yogyakarta.

Pantai Kuwaru menyajikan pantai yang teduh dengan dukungan pohon udang hijau yang menyebar di sepanjang pantai.

Dengan pohon udang yang selalu hijau ini, Anda yang sedang berlibur di Pantai Kuwaru akan merasakan udara sejuk dengan angin sepoi-sepoi yang terus menghampiri Anda.

Selain itu Anda tidak bisa hanya melihat keindahan pantai Kuwaru saja, karena pengelola dan komunitas pantai sedang membangun berbagai fasilitas yang sepertinya membuat Anda betah berlama-lama mengunjungi pantai ini.

Di sekitar pantai Anda akan menemukan pasar ikan khusus yang disediakan untuk pengunjung yang ingin makan di pantai Kuwaru.

Ada berbagai jenis ikan yang bisa Anda pilih misalnya bawal, kakap, cumi-cumi, udang, dan cumi-cumi. Penulis sendiri suka hidangan udang di pantai Kuwaru karena udang di sini memiliki ukuran besar dan kaya daging.

Jika Anda telah memilih ikan yang ingin Anda makan, maka Anda cukup membawanya ke restoran di sekitar Pantai Kuwaru untuk dimasak sesuai dengan keinginan Anda, misalnya asam manis atau pedas.

Saat Anda sedang menunggu masakan Anda, maka Anda dapat mencoba berbagai wahana yang ada di sekitar pantai Kuwaru, misalnya bermain sepeda motor ATV untuk menjelajahi keindahan pasir dan ombak yang bergulung-gulung di sekitar pantai.

Foto spot yang disediakan juga cukup bagus, karena ada perahu nelayan yang diparkir di sepanjang pantai dan ditanami pohon udang dengan rapi.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Kuwaru adalah sore hari terutama jika Anda ingin berfoto.

Lokasi Pantai Kuwaru

Wisata Pantai Kuwaru

Salah satu kelebihan Pantai Kuwaru adalah letak pantai Kuwaru yang tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta dibandingkan dengan pantai lain di Gunung Kidul dan Kulonprogo.

Ini karena lokasi pantai Kuwaru berada di Kabupaten Bantul, tepatnya di sebelah barat Pantai Samas dan di sebelah timur Pantai Baru.

Alamat pasti dari pantai Kuwaru adalah di Desa Poncosari, Kabupaten Srambat, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Pantai Kuwaru

Rute ke Pantai Kuwaru

Rute menuju pantai Kuwaru sangat mudah bagi Anda yang tinggal di Yogyakarta atau wisatawan dari luar Yogyakarta tidak akan kesulitan untuk mencapai pantai yang indah ini.

Anda tidak perlu melewati gunung atau jalan berliku yang rusak. Keindahan pantai juga termasuk ketika Anda bepergian ke pantai ini.

Karena rute ke pantai Kuwaru melewati berbagai tempat bagus seperti kota Bantul, sawah hijau besar dengan saluran irigasi di sepanjang jalan, ke jalur selatan yang sangat fotogenik.

Rute ke Pantai Kuwaru adalah pertama dari kota Yogyakarta, Anda pergi ke Kuleng Beton Corner lalu ke selatan melewati Jalan Bantul langsung ke Jalan Pantai Samas.

Sampai pertigaan Pantai Samas, Anda berbelok ke kanan kemudian lurus sampai Anda menemukan petunjuk atau gerbang Pantai Kuwaru.

Jarak dari Kota Jogja ke Pantai Kuwaru adalah sekitar 31,9 Km dan waktu tempuh mobil normal dari Kota Yogyakarta ke Pantai Kuwaru adalah 1 jam.

Baca Juga: Wisata Pantai Ngandong

Daya Tarik

Objek Wisata Pantai Kuwaru di Srangkap Bantul Yogyakarta adalah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.

Penduduk lokal daerah Bantul juga sangat menyambut baik wisatawan lokal maupun asing.

Kota Bantul juga terkenal dengan Objek Wisata Pantai Kuwaru di Srangkap Bantul, Yogyakarta, yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Obyek Wisata Pantai Kuwaru di Srangkap Bantul, Yogyakarta adalah pantai yang cukup unik yaitu pantai dengan keindahan dan keteduhan karena banyaknya pepohonan yang hijau. Pantai ini bernama Pantai Kuwaru.

Saat ini terdapat banyak petunjuk arah yang dipasang sehingga pengunjung tidak bingung ketika ingin pergi ke Pantai Kuwaru.

Pantai ini juga bisa dijumpai banyak warung makan yang menyajikan beragam menu ada hidangan seafood, dan lainnya.

Ada juga berbagai macam arena permainan: ada kolam renang, sepeda motor ATV dengan harga sewa sekitar Rp. 25.000, – selama 15 menit, terkadang di sisi timur ada banyak nelayan.

Karena pantai ini relatif baru dipromosikan ke publik maka penataannya belum maksimal, tetapi pada dasarnya pantai ini menawarkan tempat wisata yang indah dengan suasana berbeda dari pantai yang biasa ditemukan.

Saat memasuki area pantai ini, biayanya adalah Rp. 5.000 setelah dimasukkan. tapi terkadang untuk liburan bisa berubah.

Baca Juga: Wisata Pantai Goa Cemara

Fasilitas

Fasilitas pantai Kuwaru cukup lengkap bagi Anda yang ingin mengunjungi salah satu pantai di laut selatan Jawa, termasuk:

  • Pantai pasir hitam dengan perahu nelayan yang diparkir di sepanjang pantai.
  • Sepeda motor ATV untuk berkeliling pantai
  • Pasar Ikan untuk membeli ikan segar
  • Restoran hidangan ikan khusus dengan harga terjangkau

Fasilitas Pendukung Pantai Kuwaru

  • Banyak toilet umum
  • Banyak parkir mobil
  • Parkir motor dengan atap

Harga Tiket dan Parkir Pantai Kuwaru

Harga Tiket dan Parkir Pantai Kuwaru

Harga tiket masuk di pantai Kuwaru cukup murah dan seragam dengan harga tiket wisata pantai lainnya di Kabupaten Bantul.

Untuk dapat memasuki area pantai Kuwaru, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000, – / orang. Harga tiket masuk ke pantai Kuwaru cukup murah jika Anda memasangkannya dengan keindahan alamnya.

Sedangkan untuk harga parkir pantai Kuwaru dibedakan untuk kendaraan dan motor. Untuk harga parkir mobil di Pantai Kuwaru adalah Rp 10.000, sedangkan untuk harga parkir motor adalah Rp 5.000.

Baca Juga: Wisata Pantai Nglambor

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Kuwaru. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Kuwaru Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.