Wisata Pantai Siung

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Siung yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Siung ialah salah satu pantai yang terkenal di Yogyakarta, dan tepatnya terletak pada Kabupaten Gunungkidul.

Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan lebar dengan beberapa tanaman pandan di sepanjang pantai yang menarik wisatawan. Pantai ini juga masih bersih dari sampah.

Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Pantai Siung berada di antara batu-batu besar serta pegunungan.

Selain memberikan pemandangan alam yang cukup indah, pantai siung juga terkenal sebagai tempat untuk panjat tebing.

Banyak pengunjung berkunjung ke pantai ini agar menikmati pemandangan serta mencoba beraktivitas olahraga panjat tebing.

Jika ingin menikmati keindahan Pantai Siung ini Anda bisa nasik bukit yang ada di sisi timur pantai ini, ada jalan setapak yang telah diperbaiki oleh pengelola pantai ini untuk membimbing kita menuju bukit.

Ketika Anda mencapai bukit, Pantai Siung akan terlihat kecil, tetapi bahkan jika terlihat kecil Anda dapat melihat keindahan alam Purwodadi dengan menanam padi milik penduduk setempat.

Dan melihat Pantai Siung dari kejauhan dan melihat laut biru dan bersih. Di puncak bukit ini Anda juga bisa menikmati semilir angin pantai yang sejuk dan nyaman ini. Anda juga dapat mengambil foto di atas bukit.

Di pantai dengan pasir putih ini kalian juga bisa bermain pasir dan bermain air. Untuk berenang pada pantai ini cukup aman karena ada beberapa karang datar pada sepanjang pantai sehingga kedalaman air hanya sekitar 1 meter di tepinya.

Batuan dan gunung di Pantai Siung cukup unik. Batu-batu di Pantai Siung runcing dan tajam. Asal usul nama Pantai Siung berasal dari bebatuan di Pantai Siung.

Ada batu besar yang bentuknya mirip kera atau gigi Siung Wanara yang hingga kini telah menjadi ikon yang bisa dinikmati wisatawan.

Pantai Siung juga bisa dijadikan tempat berkemah di atas pasir putih yang indah. Saat akhir pekan banyak yang berkemah di pantai ini, terutama di kalangan pecinta alam.

Tetapi manajer menyarankan agar siapa pun yang berkemah di pantai ini harus tetap bersih. Jika Anda ingin berkemah di pantai ini setiap tenda akan dikenai biaya Rp 10.000.

Apa itu Pantai Siung?

Wisata Pantai Siung

Pantai Siung adalah objek wisata pantai yang terletak di Kec. Bumi sari natar, tepatnya terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Ngandong

Daya Tarik Pantai Siung

Daya Tarik Pantai Siung

Pantai Siung memiliki berbagai objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Ada juga berbagai kegiatan yang menyenangkan dan menambah pengalaman baru. Apakah mereka?

1. Berkemah

Berkemah pantai siung

Berkemah atau berkemah adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan tinggal di alam liar. Biasanya pecinta berkemah menggunakan tenda sebagai tempat berteduh, tidur dan menyimpan barang.

Jika Anda ingin mandi atau memasak, Anda harus melakukannya di luar tenda. Camper juga umumnya membawa bahan makanan sendiri dan peralatan memasak.

Kegembiraan meningkat di malam hari ketika api unggun dinyalakan. Kegiatan ini juga bisa dilakukan di Pantai Siung. Selama ini berkemah identik dengan berkemah di daerah pegunungan dan hutan.

Namun pantai ini juga merupakan lokasi yang sangat direkomendasikan. Anda bisa merasakan suasana pantai sepanjang hari dengan mendengarkan ombak yang menenangkan.

2. Naiki Bukit Karang

Tidak hanya memanjat batu, tetapi Anda juga bisa mendaki bukit ke Pantai Timur. Setelah memasuki area pantai, Anda bisa melihat hamparan hijau di atas bukit.

Pendakian bukit telah disediakan, jadi Anda tidak perlu takut tersesat. Meski begitu, tetap waspada dan hati-hati karena pada sekitarnya ada ombak besar dan tebing curam khas pantai selatan.

Sebaiknya anda jangan menggunakan sandal jepit saat mendaki, karena sandal karet ini memiliki sifat licin. Gunakan hanya sepatu agar pendakian berjalan dengan lancar dan aman.

Setelah tiba di puncak bukit, Anda bisa melihat panorama samudra biru yang luas. Selain itu, tempat di atas bukit juga merupakan tempat yang sempurna untuk melihat matahari terbenam.

3. Panjat Tebing

Salah satu kegiatan paling populer di Pantai Siung adalah panjat tebing. Pantai ini memiliki keistimewaan di mana ada kelompok batuan dari pendek ke tinggi.

Kegiatan ini telah dimulai sejak 1989 di mana mereka yang memulainya adalah pecinta alam dari Jepang.

Hingga saat ini kegiatan ini masih dilakukan oleh komunitas panjat tebing di dalam dan di luar Yogyakarta. Anda juga dapat mengikutinya jika Anda tertarik. Yang lebih mengejutkan,

Pantai Siung pernah menjadi tuan rumah acara pendakian yang disebut ASEAN Climbing Gathering. Pada waktu itu, jumlah pesertanya cara tersebut mencapai 250 orang dari beragam negara di dunia.

Tidak heran sekarang bahwa Pantai Siung mempunyai julukan Situs Panjat Tebing Terbaik di Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tunggal

Lokasi Pantai Siung

Pantai Siung

Lokasi Pantai Siung sudah baik dan mudah bagi pengunjung ke Pantai Siung. Alamat tepatnya di Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Pantai Siung

Rute menuju Pantai Siung tidak terlalu sulit dilalui tetapi masih naik turun dan berliku.

Jika Anda dari pusat kota Jogjakarta 0 km ke timur melewati Jl Panembahan Senopati lurus maka terus ke Jalan Raya Jogja dan terus lurus melalui Jl Kusumanegara.

Ke persimpangan ke selatan melewati Jalan Gedong Kuning ke Perempatan Timur ke Wonosari Jalan dan terus mengikuti jalan sampai melewati jogja-wonosari jl terus lurus ke perempatan ke selatan menuju kyai legi jl.

Lalu melewati jl menyala, melewati sel jl ikuti pantai jl maka anda akan sampai ke objek wisata Pantai Siung .

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Siung cukup jauh, yaitu sekitar 72,1 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja ke Pantai Siung adalah sekitar 2 jam 5 menit.

Fasilitas Pantai Siung

Fasilitas yang ada di Pantai Siung sekarang sangat memadai dan dapat membuat pengunjung nyaman termasuk:

  • Sewa penginapan
  • Restoran
  • Kamar Mandi
  • Area parkir besar
  • Mushola
  • Pendopo

Jam Buka Pantai Siung

Seperti objek wisata pantai lainnya, Pantai Siung tidak mempunyai jam buka yang mengikat. Itu artinya, kalian bisa berkunjung kapan saja dalam waktu 24 jam, karena tempat ini juga merupakan lokasi berkemah.

Jika Anda berkemah di sini, keindahan matahari terbit dan terbenam dapat dinikmati sekaligus. Silakan datang tanpa perlu memikirkan jam buka.

Pantai Siung adalah tempat yang cocok bagi Anda yang memiliki hobi seperti berkemah, panjat tebing atau mendaki bukit. Masalah keindahan panorama pantai dan ombaknya sendiri tidak perlu dipertanyakan lagi.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Siung

Harga tiket masuk ke Pantai Siung masih standar yaitu wisatawan akan dikenakan biaya IDR 10.000 / orang. Harga tersebut juga sudah termasuk biaya dua pungutan pantai yaitu Pantai Jogan dan Pantai Nglambor.

Sedangkan untuk biaya parkir wisata sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua, Rp. 5.000 untuk kendaraan mobil dan Rp. 10.000 untuk kendaraan bus.

Baca Juga: Wisata Pantai Pandansari

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Siung. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Pantai Siung Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.