Wisata Bukit Kali Kuning

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Bukit Kali Kuning yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bukit Kali Kali adalah objek wisata yang menarik di sekitar lereng Gunung Merapi yang mempunyai pemandangan menarik.

Objek wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah, berkemah, dan kegiatan pelatihan outbond.

Anda bisa melihat pemandangan di sekitar tempat ini yang dihiasi oleh batu andesit yang sangat indah.

Jika Anda ingin mencapai tebing ini, Anda harus menyusuri jalan setapak yang berjarak sekitar 1 km yang biasanya digunakan oleh penduduk setempat untuk mencari rumput sebagai pakan ternak mereka.

Objek wisata ini sangat cocok untuk bersantai dan bepergian bersama keluarga.

Bukit Kali Kuning diurus dengan Taman Nasional Gunung Merapi yang merupakan pembentuk kelompok Pemberdayaan masyarakat agar membantu melestarikan dan melestarikan alam.

Objek wisata ini dikembangkan pada Januari 2017. Kemudian pada pertengahan Februari objek wisata baru ini dibuka untuk umum.

Bukit Kali Kuning memiliki hutan pinus yang luas dengan hamparan indah bunga rasamal dan bunga puspa. Di Kali Kuning ada juga bebatuan dan tebing yang berdiri kokoh menjulang menjulang menarik.

Ketika Anda berada di Bukit Kali Kuning Anda akan mendengar jangkrik yang membuat suasana lebih indah dan alami. Aliran mata air di Bukit Kali Kuning memiliki ketinggian 1.250 mpdl.

Mata air ini sering digunakan oleh penduduk setempat untuk kebutuhan sehari-hari. Menurut warga setempat, keberadaan mata air Umbul Wadon akibat hasil letusan Gunung Merapi di masa lalu.

Mata air ini adalah aliran dari perairan DAS Opak, Das Progo, dan Das Oya. Mata air ini tidak pernah kering bahkan di musim kemarau.

Perjalanan dari Kali Kuning ke Bukit Kali Kuning sangat menyenangkan. Dalam perjalanan Anda akan melewati masa-masa sejuk dengan pemandangan hutan pinus, percikan aliran air.

Dan udara sejuk dan menyegarkan. Meskipun jaraknya cukup jauh, Anda tidak akan merasa lelah karena kondisi udara masih segar bahkan di siang hari.

Di sepanjang jalan Anda juga akan melihat bunga-bunga kantung Semar yang indah yang mekar, suatu momen yang sering dimanfaatkan oleh wisatawan.

Lokasi Bukit Kali Kuning

Wisata Bukit Kali Kuning

Lokasi Bukit Kali Kuning sudah cukup mudah dijangkau dan mudah ditemukan karena jalan menuju wisata alam sudah bagus dan layak dilewati.

Alamat pasti Bukit Kali Kuning terletak di Jl. Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Jurang Tembelan

Rute ke Bukit Kali Kuning

Rute ke Bukit Kali Kuning

Rute ke Bukit Kali Kuning sangat mudah dijangkau dan jalan yang dilalui layak.

Jika Anda dari pusat kota 0 km Yogyakarta ke timur melalui Jl Panembahan Senopati sampai persimpangan ke utara ke Jl Mayor Suryotomo, teruskan jalan ke Abu Bakar Ali ali ke timur sedikit.

Lalu ke utara sedikit hingga T- persimpangan ke timur jalan terus ke perempatan utara melewati yos sudarso.

Kemudian ke persimpangan ke timur ikuti jl suroto jl lurus ke arah jl cik di tiro, hingga bundaran UGM ke barat jalan terus ke bertemu persimpangan ke utara melewati jalur jl kesatuan lurus lalu terus ke jalur jl Kaliurang.

Kemudian terus melewati jalan pamungkas dan jalan meces-pokoh, ikuti jalan maka Anda akan sampai ke objek wisata Bukit Kali Kuning.

Jarak dari pusat Yogyakarta ke Bukit Kali Kuning sangat jauh, yaitu sekitar 27,0 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari pusat kota Jogja ke Bukit Kali Kuning adalah sekitar 1 jam.

Fasilitas Bukit Kali Kuning

Fasilitas Bukit Kali Kuning

Fasilitas yang ada di Bukit Kali Kuning sekarang cukup lengkap dan tentunya dapat membuat pengunjung merasa nyaman termasuk:

  • Tempat parkir yang luas
  • Warung makanan dan minuman
  • Penyewaan penginapan
  • Toilet
  • Pusat informasi yang akan melayani dengan baik

Baca Juga: Wisata Jembatan Soka

Harga Tiket dan Parkir Bukit Kali Kuning

Harga Tiket dan Parkir Bukit Kali Kuning

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan di atas ketinggian di Bukit Kali Kuning yaitu Anda akan dikenakan biaya Rp. 3000 / orang. Dan untuk berkemah harganya Rp. 20.000 akan dikenakan biaya.

Harganya pasti tidak terlalu mahal untuk melihat pemandangan indah dan menarik. Sedangkan harga tiket parkir untuk memasuki Bukit Kali Kuning adalah Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Hutan Pinus Pengger

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Bukit Kali Kuning. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Bukit Kali Kuning Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.