Wisata Jurang Tembelan

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Jurang Tembelan yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki banyak tujuan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing.

Yogyakarta memang sangat sukses dalam mengatur dan mengembangkan kawasan wisata alam, Kabupaten Bantul adalah salah satu gudang tujuan wisata alam ini.

Setelah Kabupaten Bantul mengembangkan beberapa objek wisata seperti Hutan Pinus Mangunan, Puncak Mangunan, Puncak Becici, dan lainnya.

Pemerintah daerah Bantul mengembangkan objek wisata berbasis alam lainnya di daerah tersebut, Ngarai Tembani Kanirogo.

Bagi pengunjung yang terlalu terbiasa dengan kegiatan di kota, wisata alam di daerah Tembelan Gorge menyegarkan dan menawarkan pemandangan yang santai dan luas.

Di Tembelan Gorge, pengunjung akan melihat deretan Pegunungan Sewu dengan Sungai Oyo mengalir melalui tanah.

Tebing Tembelan memiliki pemandangan alam yang menakjubkan yang begitu alami dan sangat menyegarkan untuk semua pikiran.

Pemandangan di daerah ini mirip dengan pemandangan di puncak konstruksi karena lokasinya hanya berdekatan. Keindahan Tembelan Gorge terletak di pos pengamatannya.

Dari pos pengamatan ini, pengunjung dapat mengambil gambar dengan latar belakang pemandangan alam hijau. Tempat wisata ini telah dibangun tempat untuk foto. Bintik foto ini memiliki berbagai bentuk.

Spot foto yang paling disukai pengunjung adalah spot foto dalam bentuk Giant Boat dan spot foto inilah yang mengangkat nama Tebing Tembelan menjadi sangat populer.

Spot foto berbentuk Giant Boat ditempatkan menjorok ke mulut tebing. Ada juga tempat foto dalam bentuk pesawat terbang. Berfoto di tempat pesawat membuat pengunjung seolah-olah sedang terbang.

Ini karena posisi pesawat berada di tepi tebing sehingga ketika difoto dari belakang, pengunjung seolah terbang dengan pesawat. Ada juga foto spot berupa sayap kupu-kupu raksasa.

Untuk tempat foto ini, ini diklasifikasikan sebagai baru karena baru-baru ini dibangun.

Di Tembelan Gorge ada juga sejumlah selfie yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung, karena foto-foto di tempat itu hanya dikenakan biaya yang tulus.

Para pengunjung juga dapat menikmati matahari terbenam dan matahari terbit yang sangat indah saat berada di Ngarai Tembelan ini.

Dan juga pengunjung dapat berkemah di area ini karena pengelola telah menyediakan area untuk berkemah.

Saat ini manajer telah meningkatkan dan menyelesaikan fasilitas di tempat ini. Kursi dibangun agar pengunjung dapat bersantai dan menikmati pemandangan indah dan udara segar di pegunungan.

Warung makanan juga telah disediakan sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika tiba-tiba lapar atau haus.

Lokasi Jurang Tembelan

Wisata Jurang Tembelan

Akses jalan ke Tembelan Gorge layak dan bagus untuk dilewati pengunjung. Lokasi Ngarai Tembelan cukup jauh dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Alamat lengkap Ngarai Tembelan tepatnya terletak di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Bendo

Rute ke Jurang Tembelan

Rute ke Jurang Tembelan

Rute menuju Ngarai Tembelan sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta, menuju ke timur menuju Jalan Pangurakan, lalu ke selatan melewati Jalan Brigadir Katamso.

Terus lurus sampai persimpangan ke arah timur menuju ke Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, terus lurus ke Jalan Imogiri Barat.

Sampai pertigaan menuju timur melalui Jalan Bakulan Imogiri, kemudian terus lurus melalui Jalan Raja Dining, sampai pertigaan menuju selatan ke Imogiri – Jalan Dlingo.

Terus lurus hingga mencapai persimpangan kebun buah Mangunan ke selatan, terus sepanjang jalan yang ada sampai Anda akan tiba di Tebing Tembelan.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Ngarai Tembelan cukup jauh, yaitu sekitar 22 Kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari pusat Jogja ke Ngarai Tembelan adalah sekitar 49 menit.

Daya Tarik Wisata Jurang Tembelan

Daya Tarik Wisata Jurang Tembelan

1. Pemandangan indah

Tempatnya yang tinggi menjadikan wisata Tembelan Gorge tempat yang sangat pas untuk menikmati keindahan alam di Jogja.

Dari jurang, Anda akan melihat pemandangan alam seperti pegunungan Sewu dan sungai Oyo yang indah.

Tidak hanya itu, lokasinya yang tinggi memungkinkan Anda untuk melihat bentangan bukit dari kejauhan. Pemandangannya bahkan lebih baik ketika awannya rendah karena awan di atas bukit akan menutupi puncak bukit.

2. Udara Dingin

Salah satu kelebihan dari tur puncak atau tebing, udara di sana sangat segar sehingga menjadi tempat yang tepat untuk bersantai pikiran sambil melihat pemandangan yang indah.

Karena itu, banyak anak muda menjadikan Tebing Tembelan sebagai tempat nongkrong mereka.

3. Tempat Unik

Bagi Anda yang suka memotret atau memotret, Anda bisa menikmati spot foto unik di sana. Latar belakang foto itu sendiri hampir sama dengan latar belakang Puncak Mangunan karena lokasinya yang sangat dekat.

Tetapi tentu saja ada beberapa hal yang membedakan antara kedua tempat ini.

Bintik-bintik di sana cukup unik dan menjadi tujuan utama wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Beberapa spot yang disajikan adalah spot atau gardu yang mirip dengan kapal, sayap kupu-kupu, pesawat, dan sebagainya.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Grojogan Pucung

4. Sunset & Sunrise

Tidak hanya spot yang ada yang bisa dijadikan objek foto, tapi pemandangan matahari terbit dan terbenam yang ada juga sangat menawan.

Tentu saja, Tebing Tembelan adalah pilihan yang tepat untuk tujuan wisata bagi Anda pecinta selfie karena pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang indah.

Untuk bisa mendapatkan kedua momen ini, Anda harus pergi ke lokasi wisata di pagi hari di mana matahari terbit, dan sore hari ketika matahari mulai terbenam.

Fasilitas Jurang Tembelan

Fasilitas Jurang Tembelan

Fasilitas yang ada di Tebing Tembelan cukup lengkap bagi pengunjung yang ingin pergi ke Tebing Tembelan, termasuk:

  • Gardu pandang
  • Gazebo
  • Musholla
  • Warung makanan
  • Tempat parkir yang luas
  • Tempat istirahat
  • Area Berkemah
  • Kamar Mandi
  • Lihat foto

Harga Tiket dan Parkir Jurang Tembelan

Untuk menikmati keindahan alam Tebing Tembelan, pengunjung bebas atau bebas oleh pengelola. Adapun harga tiket parkir di Tebing Tembelan, yaitu:

  • Sepeda motor: Rp. 3.000
  • Mobil: Rp5.000
  • Elf: Rp 10.000
  • Bus: Rp. 20.000

Baca Juga: Wisata Grojogan Lepo Dlingo

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Jurang Tembelan Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Jurang Tembelan Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.