Wisata Jembatan Soka

4 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Jembatan Soka yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kabupaten Bantul memang memiliki segudang tempat indah yang bisa memikat hati. Selain wisata alamnya yang menarik, ada beberapa tempat buatan manusia yang tak kalah indah di Bantul.

Tempat yang menarik adalah Jembatan Soka yang sangat cocok untuk Anda yang hobi berburu.

Jembatan ini sebenarnya hanyalah jembatan biasa yang menghubungkan Desa Srihardono dengan Desa Selorejo. Tapi, suguhan utama memang bukan jembatan, melainkan pemandangan alam di sekitar jembatan.

Jembatan Soka di Bantul tentu tidak asing di telinga kan? Meski menurut sebagian orang tujuan wisata ini biasa-biasa saja, tetapi sebaliknya Jembatan Soka memiliki daya tarik tersendiri.

Wisata Jembatan Soka memang merupakan wisata baru yang semula hanyalah jembatan biasa yang menghubungkan Desa Seloharjo dan Desa Srihardono, kemudian dijadikan tempat selfie.

Sekilas desain jembatan mirip dengan Jembatan Suramadu karena panjang dan materialnya hanya berbeda.

Meski jembatan yang melintasi sungai Opak terbuat dari kayu, namun jembatan itu tetap kuat dan memiliki daya tarik. Nikmati keindahan jembatan dengan latar belakang gunung yang indah.

Jembatan Soka dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang memiliki tempat foto instagramable terbaik.

Nah, bagi Anda yang aktif di media sosial dan bahkan menjadi seniman Instagram, jangan lewatkan Jembatan Soka ini. Pemandangan indah di sekitar jembatan sangat bagus, sayang sekali untuk dilewatkan.

Lokasi Jembatan Soka

wisata Jembatan Soka

Jembatan Soka terletak di Desa Seloharjo, Kabupaten Pundong, Bantul. Jika Anda dari kota Yogyakarta, kendarai kendaraan ke arah Kabupaten Bantul. Terus lurus ke selatan menuju Distrik Pundong.

Jarak antara jembatan Soka dan kecamatan Pundong hanya beberapa meter. Untuk menuju ke lokasi tempat wisata, Anda dapat menyewa mobil matic jogatic tanpa atau dengan sopir.

Atau untuk menuju ke lokasi Jembatan Soka, wisatawan juga dapat memilih rute utama menuju Jln. Raya Parangtritis. Ikuti instruksi yang mengarah ke Pantai Parangtritis.

Kemudian Anda akan menemukan arah ke Pundong dan kemudian ke timur ke Jembatan Pundong atau Jembatan Soka. Jalan parangtritis dengan jembatan sekitar 1 kilometer.

Kami telah merangkum tempat-tempat wisata ini dalam paket wisata Jogja yang paling komprehensif dan murah.

Baca Juga: Wisata Candi Kalasan

Fasilitas Jembatan Soka

Keunikan Jembatan Soka

Karena wisata ini hanya jembatan dan penghubung lalu lintas antara kedua desa, tidak ada fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, atau area parkir.

Agar kendaraan Anda tidak mengganggu lalu lintas di sekitarnya, kendaraan itu bisa dipercayakan atau diparkir di rumah warga setempat.

Jika Anda mencari ruang sholat untuk ibadah, wisatawan dapat pergi ke masjid terdekat atau masjid di sekitar lokasi wisata.

Tetapi jika Anda kelaparan, Anda dapat menikmati berbagai menu makanan yang dijual di warung di sekitar Jembatan Soka. Fasilitas yang ada di Jembatan Soka adalah warung makan di sekitar lokasi.

Keunikan Jembatan Soka

Daya Tarik Jembatan Soka

Jembatan yang terletak di Kabupaten Bantul memiliki struktur jembatan yang unik. Banyak pengunjung mengatakan bahwa struktur jembatan ini sangat mirip dengan versi yang lebih kecil dari jembatan Suramadu.

Bagi Anda pecinta fotografi, Anda pasti akan menyukai jembatan yang satu ini. Ini karena pemandangan di belakang Jembatan Soka Bantul sangat indah.

Dari jembatan ini, Anda bisa melihat pemandangan hutan yang indah di sepanjang sungai Opak. Ditambah dengan desain jembatan kayu yang digantung oleh tali-temali merah yang sangat kuat.

Jika Anda berkunjung pada sore hari, maka Anda mungkin dapat melihat matahari terbenam.

Karena pada dasarnya jembatan ini adalah infrastruktur penghubung antara Srihardono dan Selorejo, maka Anda juga akan menemui banyak penduduk lokal.

Jembatan Sangking yang indah, banyak pasangan muda yang menjadikan lokasi jembatan sebagai tempat pre-wedding. Banyak juga yang datang ke sini khusus hanya untuk berfoto.

Penasaran dengan informasi lebih lanjut tentang jembatan ini? Baca ulasan yang kami sediakan untuk Anda di bawah ini. Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata ini dari Jogja, Anda dapat menyewa sepeda motor Jogja.

Baca Juga: Wisata Candi Gebang

Daya Tarik Jembatan Soka

1. Berburu foto di Area Jembatan Soka

Jembatan itu berada di atas sungai yang membuat Jembatan Soka terlihat begitu indah.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, wisatawan harus datang ketika cuaca cerah sehingga aliran airnya tidak begitu deras.

Jadi aman untuk mengambil gambar dan latar belakangnya cukup menakjubkan. Pengambilan gambar yang tepat adalah saat sore dan malam hari.

Jembatan dengan latar belakang pegunungan membuat wisatawan buru-buru menangkapnya.

Pemandangan hijau alami yang menyegarkan membuat jembatan memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi tempat foto yang menarik. Tidak heran orang-orang bergiliran mengantri untuk foto di tempat itu.

Banyak fotografer juga tertarik untuk mengambil gambar di daerah ini baik dekat atau jauh.

2. Sebagai Tempat Prewedding

Pesona yang berhasil dipancarkan oleh Jembatan Soka membuat kawasan wisata ini sering dipilih untuk dijadikan pemotretan prewedding.

Itu karena latar belakang jembatan yang alami dan indah membuat banyak orang tertarik untuk mengabadikan momen berharga mereka di sana.

3. Menikmati Keindahan Matahari Terbenam di Jembatan Soka

Menikmati Keindahan Matahari Terbenam di Jembatan Soka

Daya tarik lain dari Jembatan Soka adalah menyajikan keindahan matahari yang perlahan tenggelam. Nikmati suasana romantis dengan pemandangan indah matahari terbenam yang menakjubkan.

Jika Anda biasanya menikmati indahnya matahari terbenam dari pantai atau bukit, kini Anda bisa menikmatinya di jembatan yang akan memanjakan mata Anda.

4. Suasana Sejuk dan Menyegarkan

Tidak hanya pemandangan indah yang ditawarkan, Jembatan Soka juga menawarkan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Udara di sana cukup segar yang sangat cocok untuk menyegarkan pikiran.

Banyak wisatawan yang sengaja datang ke objek wisata ini untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan beban dan kelelahan akibat rutinitas sehari-hari.

5. Pagi Hari yang Mengesankan Mistik

Jembatan Soka memang indah di sore dan malam hari untuk pemotretan. Tapi tidak ada salahnya juga datang ke tempat ini di pagi hari. Area Jembatan Soka akan tertutup kabut di pagi hari.

Sehingga akan memberikan suasana mistis yang mungkin menarik perhatian wisatawan.

6. Makan Makanan Lezat di Area Jembatan Soka

Meskipun tidak ada fasilitas umum di kawasan wisata, ada banyak kios yang menjual berbagai menu makanan di daerah Jembatan Soka. Sehingga pada siang hari di Jembatan Soka, Anda tidak akan kelaparan.

Nikmati suasana sejuk di kawasan wisata sambil menyantap berbagai menu makanan yang disajikan di sana. Tentu saja Anda akan suka berlama-lama di tempat ini.

Baca Juga: Wisata Candi Sari

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Jembatan Soka di tempat terbuka adalah Rp. 0 alias gratis dengan jam operasional 24 jam. Wisatawan hanya akan dikenakan biaya parkir dengan biaya tulus.

Jembatan itu tidak terlalu lebar, hanya sekitar 2 meter, dan hanya cukup untuk dilewati oleh kendaraan roda dua.

Jam Buka Jembatan Soka

Tidak ada jam buka khusus yang diterapkan di jembatan Soka. Anda bebas untuk datang dan menyeberangi jembatan ini kapan saja.

Hanya saja, jika ingin melihat atau mengambil objek jembatan berkabut, disarankan untuk datang sebelum pagi hari.

Begitu juga sebaliknya jika Anda ingin menikmati pemandangan matahari terbenam, disarankan untuk datang setelah Ashar dan tunggu sebentar. Pemandangan matahari terbenam di jembatan sangat indah.

Meski bukan tempat wisata seperti tempat lain, jembatan ini layak untuk dikunjungi. Apalagi bagi Anda yang hobi memotret pemandangan. Karena pandangan di jembatan itu tidak ada duanya.

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Jembatan Soka Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Jembatan Soka Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.