Wisata Watu Goyang

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Watu Goyang yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Di Daerah Istimewa banyak tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing.

Salah satu tujuan wisata yang sempurna untuk melihat keindahan alam Yogyakarta dari ketinggian yang terletak di Kabupaten Bantul. Di Kabupaten Bantul ada tujuan wisata bernama Watu Goyang.

Watu Goyang berasal dari bahasa Jawa yang berarti batu yang bergoyang. Dahulu di tempat ini ada batu di bagian atas yang bisa bergoyang ketika disentuh atau didorong. Batu itu sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Para manajer menjelaskan bahwa Watu Goyang ini tidak pernah runtuh meskipun disentuh dan bahkan naik.

Tetapi manajer melarang kesar bagi pengunjung yang mencoba naik Watu Goyang karena akan sangat berbahaya bagi keselamatan. Keunikan batu raksasa adalah strukturnya yang mengandung tonjolan unik.

Pemandangan alamnya masih hijau dan Gunung Merapi terlihat sangat alami, sangat cocok bagi pengunjung untuk menghilangkan kebosanan dengan aktivitas sehari-hari di perkotaan.

Di puncak ini, pengunjung akan merasakan suhu dingin, terutama di pagi hari. Dan ketika siang hari, meskipun cuacanya panas, maka angin sepoi-sepoi terasa segar dan nyaman.

Jika pengunjung datang ke Watu Goyang di pagi hari dapat melihat kabut seperti negara di atas awan, tetapi sayangnya pengunjung tidak dapat melihat matahari terbit yang sangat indah.

Kemudian, jika pengunjung ke Watu Goyang di sore hari akan dimanjakan dengan pemandangan lukisan yang benar-benar luar biasa di atas ujung barat langit.

Matahari terbenam sangat sempurna karena puncak Watu Goyang terletak tepat menghadap langsung ke barat.

Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa mendatangi taman bunga yang indah pada objek wisata Watu Goyang. Di lokasi ini, hamparan taman bunga matahari dan bunga lainnya juga terlihat segar.

Jika pengunjung memotret di tengah-tengah bunga-bunga indah dalam berbagai bentuk, jadikan foto yang ditargetkan terlihat berwarna-warni. Di Watu Goyang ada banyak tempat selfie yang sangat bagus untuk membidik.

Bintik-bintik foto instagramable ini termasuk gardu yang berbentuk seperti helikopter, bintik-bintik foto bunga, dan lainnya.

Lokasi Watu Goyang

Wisata Watu Goyang

Lokasi Watu Goyang sudah cukup mudah dijangkau karena jalan menuju wisata alam sudah bagus dan layak dilewati.

Namun beberapa kilometer dari lokasi pengunjung akan bertemu jalan berbatu yang membuatnya agak sulit dilewati.

Perjalanan ke puncak adalah sekitar 10-15 menit dan cukup untuk menguras energi tetapi setelah mengunjungi pengunjung akan disajikan pemandangan alam yang indah.

Alamat pasti Watu Goyang adalah di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi Watu Goyang cukup dekat dengan pusat Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Bendo

Rute ke Watu Goyang

Rute ke Watu Goyang

Rute ke Watu Goyang sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta, menuju ke timur menuju Jalan Pangurakan, lalu ke selatan melewati Jalan Brigadir Katamso.

Terus lurus sampai persimpangan ke arah timur menuju ke Jalan Kolonel Sugiyono, sampai di pertigaan ke selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, terus lurus ke Jalan Imogiri Barat.

Sampai pertigaan menuju timur melalui Jalan Bakulan Imogiri, kemudian terus lurus melalui Jalan Raja Dining, sampai pertigaan menuju selatan ke arah Imogiri – Jalan Dlingo.

Hingga mencapai perempatan utara ke Jalan Watu Goyang . Jika Anda sudah berada di Jalan Watu Goyang, terus ikuti jalan yang ada sampai Anda akan tiba di Watu Goyang.

Jarak dari pusat Yogyakarta ke Watu Goyang cukup dekat, hanya sekitar 18,8 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari Jogja ke Watu Goyang adalah sekitar 38 menit.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Grojogan Pucung

Fasilitas Watu Goyang

Fasilitas Watu Goyang

Fasilitas yang ada di Watu Goyang cukup lengkap berkat pengembangan manajer, masyarakat setempat, dan juga pemerintah, yaitu:

  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Tempat parkir yang luas

Harga Tiket Masuk dan Tempat Parkir Watu Goyang

Harga Tiket Masuk dan Tempat Parkir Watu Goyang

Untuk memasuki kawasan wisata Watu Goyang, pengunjung tidak dikenakan biaya apa pun, alias gratis. Adapun biaya parkir kendaraan di Watu Goyang, yaitu:

  • Sepeda motor: Rp. 3.000
  • Mobil: Rp7.000
  • Minibus: Rp. 15.000
  • Bus: Rp. 20.000

Baca Juga: Wisata Grojogan Lepo Dlingo

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Watu Goyang Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Watu Goyang Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read