Wisata Grojogan Lepo Dlingo

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Grojogan Lepo Dlingo yang ada di Kabupaten Sleman daerah istimewa Jogjakarta.

Yogyakarta adalah kota yang terkenal dengan banyak atraksi. Ada atraksi budaya, sejarah, kuliner, dan air terjun. Salah satu wilayah kota Yogyakarta yang memiliki objek wisata indah adalah kabupaten Gunung Kidul.

Di kawasan Gunung Kidul memiliki banyak objek wisata yang sangat indah dan menarik perhatian banyak orang. Salah satunya yang akan kita bahas adalah Grojogan Lepo Dlingo.

Grojogan Lepo Dlingo adalah salah satu objek wisata air terjun paling terkenal di Yogyakarta, yang terletak di Kabupaten Bantul. Grojogan mulai dibuka pada 2013. Objek wisata ini sangat ramai di akhir pekan.

Kondisi air di Grojogan Lepo masih sangat alami dan kondisi ini menjadikan objek wisata ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

Grojogan memiliki beberapa level air terjun yang berada di dalam satu aliran sungai. Grojogan air pertama ada di sebelah tempat donasi diambil. Tinggi Grojogan tidak terlalu tinggi, hanya sekitar satu meter.

Di bagian bawah grojogan ada cekungan alami yang terlihat seperti kolam yang bisa dipakai untuk berenang. Dan kedalamannya hanya sekitar 1-1,5 meter. View pada Grojogan tidak terlalu menarik karena Anda hanya bisa melihat aliran sungai.

Grojogan kedua berada di bawah grojogan pertama. Level ini lebih tinggi dari level pertama. Tekuk ini adalah daya tarik ikonik para pengunjung. Tingginya sekitar 10 meter dengan tipe air terjun yang luas.

Dinding air terjun mengalir dengan air membentuk tirai kecil karena pengendapan kapur yang larut dalam air. Di bawah grojogan kedua ada juga kolam yang memanjang sejauh 30 meter.

Kolam ini mempunyai kedalaman kurang lebih hanya 1 meter. Kondisi yang mencegah banjir di aliran sungai buatan manusia atau tidak terlihat alami.

Ini membuktikan bahwa aliran sungai memang sengaja dibendung untuk digunakan untuk mandi dan berenang bagi para pengunjung.

Grojogan ketiga tidak kalah indahnya dengan grojogan kedua. Ketinggian grojogan tidak terlalu jauh dari kedua grojogan dan air yang mengalir di grojogan juga hampir sama dengan grojogan kedua.

Yang menarik dari grojogan ini adalah ada bebatuan di dinding di sekitar air terjun persegi panjang yang disusun secara merata.

Kolam di bawah bagian grojogan tidak terlalu berbahaya, tetapi wisatawan yang ingin berenang disarankan agar tetap berhati-hati.

Lokasi Lepo Dlingo Grojogan

Wisata Grojogan Lepo Dlingo

Lokasi Grojogan Lepo Dlingo mudah ditemukan dan terjangkau, tetapi lokasi objek wisata ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Lokasi tepatnya berada di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Setawing

Rute ke Grojogan Lepo Dlingo

Rute ke Grojogan Lepo Dlingo

Rute menuju objek wisata Grojogan Lepo Dlingo cukup mudah dan jalan menuju objek wisata ini juga layak dilewati, tetapi masih berbelok dan naik turun.

Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta 0 km ke timur melewati Jl Panembahan Senopati sampai persimpangan ke selatan melewati Jl. Brigjend katamso terus lurus.

Sampai persimpangan timur melewati Jl. Kolonel Sugiono terus lurus sampai pertigaan menuju selatan melalui pertigaan.

Jl Sisingamangaraja jalan terus sampai melewati jalan barat Imogiri lurus terus, lalu sampai pertigaan menuju timur melalui makam raja, ikuti jalan maka Anda akan sampai ke objek wisata alam Grojogan Lepo Dlingo.

Jarak tempuh dari pusat Jogja ke Grojogan Lepo Dlingo cukup jauh, yaitu sekitar 28,9 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan roda dua dari pusat kota Jogja ke Grojogan Lepo Dlingo adalah sekitar 59 menit.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Pedut

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Grojogan Lepo Dlingo tidak memadai karena objek wisata ini masih tergolong baru.

Meski begitu, fasilitas yang ada di Grojogan Lepo Dlingo akan membuat wisatawan merasa nyaman, termasuk fasilitas:

  • Ada beberapa warung makanan dan minuman
  • Aula untuk mengadakan pertemuan
  • Kamar mandi / toilet
  • Tempat sewa pelampung
  • Tempatkan penyewaan tikar

Baca Juga: Wisata Air Terjun Randusari

Harga Tiket dan Parkir Grojogan Lepo Dlingo

Harga Tiket dan Parkir Grojogan Lepo Dlingo

Harga tiket masuk ke Grojogan Lepo Dlingo belum dikenakan karena merupakan objek wisata yang relatif baru.

Para wisatawan hanya akan dikenakan biaya parkir untuk layanan parkir, yaitu: Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Seribu Batu

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Grojogan Lepo Dlingo. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Grojogan Lepo Dlingo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read