Wisata Rumah Hobbit Mangunan

4 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Rumah Hobbit Mangunan yang ada di Yogyakarta, Wilayah Mangunan, Kabupaten Bantul.

Rumah Hobbit Mangunan atau rumah hobbit Seribu Batu Songgo Langit adalah salah satu tempat wisata baru di Jogja yang wajib Anda kunjungi.

Tur yang dibuka sekitar awal 2017 ini dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah setiap hari.

Meskipun tempat wisata ini disebut Seribu Batu Songgo Langit, orang lebih akrab dengan nama Rumah Hobbit Mangunan atau Rumah Hobbit Jogja karena ada tempat-tempat unik dalam bentuk rumah hobbit seperti di film-film.

Rumah hobbit ini adalah salah satu rumah hobbit pertama di Jogja dan terletak di antara hutan pinus dan karet, jadi tidak heran banyak orang berbondong-bondong ke sini untuk mengambil gambar.

Lokasi Rumah Hobbit Mangunan

Wisata Rumah Hobbit Mangunan

Lokasi rumah hobbit ini berada di daerah pegunungan tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan dan Watu Goyang Dlingo. Jadi, Anda juga bisa bepergian ke beberapa tempat berbeda.

Tepatnya berada di Jalan Hutan Pinus, Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Perjalanan dari kota Jogja memakan waktu sekitar 35-45 menit tergantung pada kecepatan kendaraan Anda.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Bendo

Rute Rumah Hobbit Mangunan

Rute Rumah Hobbit Mangunan

Rute dari kota Jogja ke Jl. Imogiri Timur, tiba di pasar Imogiri ada pertigaan belok ke kiri menuju makam Raja-Raja Imogiri.

Ada pertigaan, ambil arah kanan ke Mangunan, tiba di pertigaan Mangunan ke kiri lalu ikuti jalan sampai Anda menemukan petunjuk lokasi yang ada di sisi kanan jalan.

Jika dari arah Gunungkidul atau Jl. Wonosari, Anda bisa menuju ke Patuk selatan menuju Dlingo. Ada pohon beringin mengambil arah ke Mangunan ikuti jalan utama sampai Anda menemukan lokasi di sisi kiri jalan.

Akses jalan menuju lokasi rumah hobbit cukup baik dan dapat dilalui oleh kendaraan pribadi atau umum. Sebaiknya periksa dulu kondisi kendaraan Anda karena medan di pegunungan berkelok-kelok.

Bagi Anda yang tidak mengerti rute ke lokasi, ada baiknya mengundang teman-teman asli Jogja Anda atau Anda dapat mencari di Google Maps.

Keunikan Objek Wisata Rumah Hobbit Mangunan

Keunikan Objek Wisata Rumah Hobbit Mangunan

Rumah hobbit Yogyakarta memiliki banyak keunikan yang berbeda dengan tempat wisata lainnya. Ingin tahu tentang apa yang unik dari rumah hobbitJogja ini? Inilah ulasan lengkapnya:

1. Banyak Spot Membuat Foto

Jika Anda ingin mengunjungi salah satu objek wisata, disarankan untuk tidak berada di akhir pekan. Karena kalau selama akhir pekan pasti ramai pengunjung.

Jadi bagi yang ingin memotret di spot foto tidak perlu menunggu lama untuk mengantri. Pilih juga saat cuaca cerah sehingga terasa lebih menyenangkan dan bisa berlama-lama berfoto di sini.

Banyak spot spot untuk foto mulai dari halaman parkir mobil yang dikelilingi oleh tanaman bunga yang indah.

Undang teman atau pasangan Anda saat mengunjungi tempat ini sehingga Anda dapat menangkap setiap komentar melalui foto.

2. Jembatan Kayu Unik

Jika sudah masuk kawasan wisata ini terasa seperti memasuki negeri dongeng. Banyak sekali keunikan yang akan ditemukan di sini.

Misalnya, ada beberapa jembatan kayu yang dibuat secara unik dan alami sebagai jalan menuju Taman Seribu Batu. Anda dapat menyeberangi jembatan ini saat mengambil gambar.

Taman ini berada di tengah lokasi wisata Rumah Hobbit Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Grojogan Pucung

3. Rumah Seribu Kayu

Tempat unik lain yang menarik perhatian wisatawan adalah rumah kayu seribu. Tempat ini membuat Anda senang memotret dengan cabang-cabang pohon yang tertata rapi.

Di sebelahnya ada tempat foto yang menyerupai kupu-kupu besar. Ini sangat cocok bagi Anda yang suka berburu foto. Didukung oleh backround yang unik dan indah yang pasti akan menghasilkan foto yang luar biasa.

4. Songgo Sky Stone Kuno

Di tempat ini Anda juga bisa memanjat ke sebuah batu besar bernama Batu Purba Songgo Langit.

Ada tangga yang terbuat dari kayu yang akan menghubungkan Anda ke batu besar ini, Anda bisa menikmati pemandangan serba hijau dari atas batu ini. Tapi hati-hati karena tidak ada pagar pembatas.

Selain itu ada juga spot-spot unik dengan tulisan dan masa kini seperti Keepmoveon.

5. Naik Flying Fox

Bagi yang ingin mencoba flyingfox, cukup membayar Rp. 15.000. Anda dapat menikmati pemandangan di sekitar Rumah Hobbit Yogyakarta dari atas.

Ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrem karena membutuhkan nyali yang hebat.

Spot Foto di Rumah Hobbit Mangunan

Spot Foto di Rumah Hobbit Mangunan

Di tempat ini ada banyak tempat instagramable unik dan menarik yang bisa Anda coba seperti di Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang.

Tentu saja Anda dapat membuat galeri akun Instagram Anda menambahkan nits dan cheat. Jika Anda berencana untuk datang ke sini, jangan lupa membawa smartphone / kamera dan baterai cadangan.

Di halaman dekat area parkir ada tempat bunga-bunga indah yang disebut sisir bayam yang dapat Anda ambil foto.

Pintu masuk utama ke hutan pinus juga terlihat unik. Ada juga pintu masuk ke taman batu seribu lengkap dengan jembatan kayu unik yang dapat Anda ambil foto.

Di dekat taman, ada rumah seribu batu yang terbuat dari cabang-cabang pohon yang tersusun rapi seperti di negeri dongeng, terlalu banyak diburu oleh pengunjung.

Di sebelah kanan ada titik sayap kupu-kupu yang berbentuk unik. Di taman juga ada batu besar yang disebut Batu Songgo Langit Purba.

Para pengunjung juga dapat memanjat dan duduk di atas batu ini, tetapi tetap berhati-hati untuk tidak terpeleset.

Ada juga tulisan-tulisan inspirasional dan kontemporer yang dapat Anda temukan di sini seperti terus maju dan seterusnya. Ada juga flying fox ride yang bisa Anda coba dengan tarif Rp. 15.000 / orang.

Selanjutnya, ada “jembatan tunggal” yang merupakan jembatan ke rumah hobbit di sini. Anda tidak perlu takut menjadi lajang setelah melewati jembatan ini, karena ini hanya nama unik di tur ini.

Bahkan jika Anda lajang atau tidak, ada banyak pengunjung yang mengambil gambar di jembatan ini.

Anda dapat menemukan 2 rumah hobbit yang dapat menjadi tempat untuk mengambil gambar seperti di Coban Rais Malang dan Rumah Hobbit Cangkringan.

Ada banyak pengunjung yang berbaris untuk mengambil foto di tempat ini karena unik dan baru. Lebih baik jika Anda datang ke sini pada hari normal / di luar musim liburan karena antrian akan semakin banyak.

Jika Anda hanya menikmati pemandangan hutan pinus dan udara pegunungan yang segar, Anda dapat duduk di kursi kayu yang tersedia di daerah ini.

Jika Anda ingin melihat pemandangan alam pegunungan dari ketinggian, Anda dapat menjelajah selama sekitar 20 menit untuk mencapai puncak gunung Seribu Batu Songgo.

Aksesnya tidak terlalu ekstrem, jalannya cukup mudah dan rata. Dari puncak ini Anda bisa melihat keindahan alam dan hijau. Ada juga gazebo yang bisa Anda gunakan untuk istirahat sejenak.

Selain itu, ada spot foto di tepi tebing dengan latar belakang pemandangan alam yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Wisata Grojogan Lepo Dlingo

Fasilitas

Fasilitas di kawasan wisata ini cukup lengkap, ada tempat parkir yang luas, toilet, ruang sholat, tempat sampah, tempat untuk sekedar bersantai / duduk.

Bagi Anda yang merasa lapar, bisa mencicipi berbagai menu makanan di jajaran warung makan di sini.

Ada menu menyajikan nasi goreng, nasi ayam, aneka mie rebus, bakso tusuk sate, camilan, minuman dan lain-lain. Untuk harga menu di sini juga relatif terjangkau.

Bagi Anda yang datang dengan teman atau anggota keluarga yang ingin melakukan kegiatan outbond atau berkemah, juga diperbolehkan di sini.

Harga Tiket untuk Rumah Hobbit Mangunan

Harga tiket masuk ke lokasi cukup murah, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.000, – / orang saja.

Biaya parkir untuk kendaraan bermotor adalah Rp. 2.000 / unit, mobil Rp. 5.000, – / unit, dan bus Rp. 20.000, – / unit. Jam buka rumah hobbit ini adalah dari pagi hingga sore, dan buka setiap hari.

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Rumah Hobbit Mangunan Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Rumah Hobbit Mangunan Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.