Wisata Pantai Ngrumput

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Ngrumput yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Menghabiskan waktu liburan menikmati di pantai pasir putih adalah hal yang sangat menyenangkan dan menyenangkan yang diinginkan oleh banyak orang.

Mengunjungi Gunung Kidul adalah hal yang tepat untuk mewujudkan impian Anda.

Kali ini ada pantai yang asyik dan mengasyikkan dengan pemandangan eksotis untuk berkemah di Gunung Kidul, yaitu Pantai Ngrumput.

Pantai Ngrumput memiliki pemandangan eksotis yang tidak ada duanya dari pantai lainnya.

Pantai berpasir putih bersih bersaing dengan terumbu karang yang tersebar di sekitar area pantai yang dapat menambah keindahan keindahan pantai itu sendiri.

Pantai ini memiliki beberapa tebing yang menjulang tinggi, dengan lorong-lorong Goa dan karang berlubang di pantai yang menjadi daya tarik utama.

Menariknya lagi ketika ombak datang, ombak akan ditiup pelan-pelan melalui lubang yang cukup besar di sepanjang karang yang berlubang.

Keindahan pantai Ngrumput masih sangat alami, lautnya belum terkontaminasi oleh sampah, limbah atau bahan kimia lain yang merusak kehidupan laut.

Hal ini membuat Pantai Ngrumput sangat indah dengan air biru yang sangat bersih dan jernih dari tanah, sehingga pantai ini sangat populer dengan wisatawan untuk mengabadikan momen indah bermain di pantai.

Melihat ke timur dari pantai Ngrumput terletak Bukit Kosakora. Anda dapat melihat pemandangan eksotis dari lautan luas Pantai Ngrumput dengan pemandangan luas di puncak Bukit Kosakora.

Jika Anda ingin mendaki puncak, pertama-tama Anda mengalami tur hiking ringan untuk mencapai puncak Bukit Kosakora.

Pantai Ngrumput sendiri juga digunakan sebagai tempat untuk menikmati perburuan matahari terbit dan terbenam.

Terutama untuk anak-anak milenium dan indie sambil menikmati suasana pantai dan jangan lupa untuk mengambil foto-foto indah dengan gaya yang Anda suka jadikan sebagai umpan Instagram Anda atau asupan Ig Story Anda.

Tidak kalah seru bagi Anda yang ingin mencoba menginap di pantai menikmati suasana malam di pantai Ngrumput ini.

Maka Anda wajib berkemah bersama keluarga dan teman terdekat karena pantainya sendiri memiliki tempat yang luas dan rata yang sangat pas untuk dijadikan tempat berkemah.

Bagi Anda yang belum siap untuk berkemah di pantai, Anda tidak perlu takut karena pantai ini telah menyediakan tempat penyewaan peralatan berkemah.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir dan bingung lagi jika ingin bermalam untuk menikmati suasana Pantai Ngrumput.

Lokasi Pantai Ngrumput

Wisata Pantai Ngrumput

Lokasi pantai Ngrumput berada di Gunungkidul dalam arah wisata pantai Drini, berjarak 61 kilometer atau sekitar 1 jam 40 menit dari Pusat Kota Yogyakarta.

Lokasi tepatnya berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute ke Pantai Ngrumput

Rute ke Pantai Ngrumput

Rute menuju Pantai Ngrumput, jaraknya dekat dengan Pantai Drini, tepatnya sekitar 1 km ke arah timur. Rute yang dapat dilalui dari Pantai Drini dapat dilakukan dengan berjalan di sepanjang pantai.

Jika wisatawan membawa sepeda motor, alangkah baiknya parkir di lokasi Pantai Drini saja. Jalan dari Pantai Drini ke Pantai Ngrumput cukup sulit dilalui dengan kendaraan roda dua terutama kendaraan roda empat.

Dari Pusat Kota Yogyakarta, rute yang dapat ditempuh adalah menuju Cipayung kemudian Patuk – Sambipitu – Pangkalan Angkatan Udara TNI Gading – Siyono – Bundaran BPD Tuga menuju lurus ke timur.

Setelah itu, Anda akan sampai ke Wonosari dan terus ke Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Restorasi area pantai Gunung Kidul kemudian ikuti arah Pantai Drini dan Anda sangat dekat dengan Pantai Ngrumput.

Baca Juga: Wisata Puncak Kosakora

Daya Tarik

Wisata pantai Ngrumput di Tanjung Kidari, Gunung Kidul, Yogyakarta memiliki banyak bebatuan yang tersebar dan keunikannya sendiri dari pantai ini adalah adanya bukit batu berlubang yang terkadang ombak menerobos karang blong yang membuat keindahannya sendiri.

Pantai Ngrumput memiliki pemandangan yang cukup bagus terutama saat mengambil foto dari atas bukit. Meski masih belum terkenal, banyak orang sebenarnya membuat pantai ini tetap asri.

Selain itu, pantai d Ngrumput adalah salah satu tempat menarik untuk berkemah. Saat akhir pekan banyak turis yang mendirikan tenda di pantai dan menikmati berkemah di sana.

Matahari terbit di pantai Ngrumput memang sangat indah. Tidak hanya matahari terbit, matahari terbenam juga begitu indah, eksotis dan mempesona.

Cahaya malam di Pantai Ngrumput tidak pernah bisa dilupakan. Di pantai ini adalah tempat terbaik untuk melihat cahaya kuning eksotis yang sangat dicari oleh para wisatawan.

Begitu banyak wisatawan yang mendirikan tenda di pantai ini untuk menikmati Pantai Ngrumput dan berburu keindahan matahari terbit dan terbenam di Pantai Ngrumput.

Semoga di masa depan Pantai Ngrumput akan lebih baik dan lebih lengkap dengan fasilitas umum.

Pantai Ngrumput memiliki pemandangan alam yang indah dan masih asri. Cocok untuk tempat bersantai dan menghilangkan kepenatan dari kesibukan pekerjaan sehari-hari.

Meskipun fasilitasnya belum memadai di Pantai Ngrumput. Namun secara keseluruhan pantai ini adalah salah satu pantai terindah di Gunung Kidul.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Pantai Jogan

Fasilitas

Fasilitas pantai Ngrumput sangat lengkap dan memadai disediakan bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, antara lain adalah:

  • Tempat parkir yang luas
  • Tempat makan di dekat pantai
  • Toilet
  • Tempat persewaan peralatan berkemah

Harga Tiket dan Parkir Pantai Ngrumput

Harga Tiket dan Parkir Pantai Ngrumput

Harga tiket untuk Pantai Ngrumput sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000. Sementara itu, pengunjung yang membawa sepeda motor harus parkir di area pantai Drini dan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 per motor.

Sementara itu, untuk parkir mobil, harganya Rp5.000 dan busnya Rp20.000.

Baca Juga: Wisata Pantai Ngandong

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Ngrumput. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Ngrumput Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read