Wisata Air Terjun Pantai Jogan

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Air Terjun Pantai Jogan yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ada banyak pantai di Gunungkidul, tetapi setiap pantai memiliki keunikannya sendiri, salah satunya adalah Pantai Jogan yang terkenal dengan Air Terjun Aiur yang terletak di bibir Pantai Jogan.

Ketinggian air terjun di pantai mencapai 10 meter dengan sumber air yang mengalir datang dari bukit-bukit ke utara Pantai Jogan.

Air terjun itu sendiri unik karena air langsung mengalir ke laut karena Pantai Jogan tidak memiliki perbatasan laut.

Untuk menikmati air terjun, pengunjung harus bersiap turun terlebih dahulu dengan memilih dua cara, yang pertama adalah melalui teknik ngarai atau rappeling di air terjun.

Metode ini benar-benar membutuhkan keberanian dan kemampuan dan harus didukung oleh peralatan untuk melakukannya. Cara kedua adalah dengan menapaki turunan yang licin dan basah.

Untuk cara kedua ini pengunjung harus berhati-hati, karena jalur Air Terjun di Pantai Jogan sangat curam.

Setelah bebatuan terjal dan licin, pengunjung juga harus melewati tantangan lain.

Pengunjung harus melewati terumbu yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting yang berukuran sekitar 5 mm dan berwarna transparan. Karena itu pengunjung disarankan untuk memakai alas kaki.

Biasanya penduduk setempat biasanya menggunakan baby crab untuk diproses, karena kepiting sangat enak dimakan dengan nasi saat musim hujan.

Terkadang terlalu banyak ratusan kupu-kupu berkerumun di bebatuan kering yang sangat indah untuk dilihat.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat Samudera Hindia yang indah dengan berada di atas air terjun. Pengunjung juga dapat melihat ombak yang sangat besar.

Pengunjung tidak perlu ngeri, karena pengunjung dapat menikmati keramahan percikan air saat kaki menyentuh batu yang keras. Saat senja para pengunjung juga dapat menikmati langit ungu yang sangat indah.

Pengunjung dapat mengambil foto di sekitar pantai ini karena memiliki keindahan luar biasa.

Lokasi Air Terjun Pantai Jogan

Wisata Air Terjun Pantai Jogan

Lokasi Pantai Jogan baik dan mudah bagi pengunjung ke Pantai Pok Tunggal.

Tetapi beberapa kilometer dari Pantai Jogan jalan akses ke lokasi masih cukup sulit untuk dijangkau dan sempit, jika ada 2 mobil di arah yang berlawanan seseorang harus menepi.

Alamat pasti dari Pantai Jogan adalah di Distrik Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi pantai ini berada di sebelah barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung kemudian di sebelah timur Pantai Timang.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Luweng Sampang

Rute ke Air Terjun Pantai Jogan

Rute ke Air Terjun Pantai Jogan

Rute menuju Pantai Jogan sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta di sebelah timur pergi melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju ke jalan Panembahan Senopati 9.

Mencapai persimpangan ke selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, kemudian terus mencapai persimpangan ke arah timur melalui Jalan Kolonel Sugiyono.

Sampai di pertigaan ke selatan melalui Jalan Sisingamangaraja, kemudian terus lurus ke arah Jalan Imogiri Barat, sampai di pertigaan ke timur melalui Jalan Imogiri Bakulan.

Sampai pertigaan ke barat melalui Jalan Imogiri Siluk kemudian terus melalui Jalan Siluk Panggang, kemudian terus mengikuti Jalan Siluk Panggang.

Kemudian mencapai pertigaan ke timur melalui Jalan Wonosari Panggang, kemudian lanjutkan ke Jalan Pantai Selatan Jawa.

Terus lurus sepanjang Jalan Pantai Selatan Jawa mencapai pertigaan ke selatan ke Jalan Pantai Siung, ikuti jalan sampai Anda mencapai Pantai Jogan.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Jogan cukup jauh, yaitu sekitar 79 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Koya Jogja ke Pantai Jogan adalah sekitar 2 jam 13 menit.

Fasilitas

Fasilitas di Pantai Jogan masih minim karena masih diklasifikasikan sebagai pantai baru. Bagi pengunjung yang tertarik untuk datang ke Pantai Jogan, fasilitasnya meliputi:

  • Gazebo
  • Kamar Mandi
  • Warung makanan dan minuman
  • Tempat parkir

Baca Juga: Wisata Air Terjun Tlogo Muncar

Tips Berwisata di Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul

Tips Berwisata di Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul
  • Alas kaki. Kenakan agak tinggi saat turun ke air terjun. Karena ada banyak kepiting transparan yang siap menggigit Anda.
  • Bawa Kotak Makan Siang. Karena warung makanan dan minuman kurang menarik, pengunjung disarankan untuk membawa sendiri persediaan makanan dan minuman dari rumah.
  • Datang Saat Musim Hujan. Untuk bisa melihat guyuran air terjun yang deras. Karena debit air terjun akan lebih maksimal dan terlihat lebih sempurna di musim hujan.
  • Perhatikan Keamanan. Medannya curam dan licin, rentan terhadap kecelakaan jika melakukan tindakan terburu-buru atau kewaspadaan rendah.
  • Tidak membuang sampah sembarangan. Pastikan pantainya bersih dan masih bisa dinikmati oleh orang yang berkunjung setelah kita, atau bahkan cucu kita nanti.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Jogan

Harga Tiket dan Parkir Pantai Jogan

Harga tiket masuk ke Pantai Jogan relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan Rp. 10.000 / orang. Dan juga harga sudah termasuk tiket masuk ke wisata pantai lainnya seperti Pulau Suing dan Pantai Nglambor.

Adapun biaya parkir di Pantai Jogan, yaitu:

  • Sepeda motor: Rp. 3000
  • Mobil: Rp. 5.000
  • Bus: Rp. 20000

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Bendo

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Air Terjun Pantai Jogan Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Air Terjun Pantai Jogan Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.