Wisata Bukit Panguk Kediwung

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Bukit Panguk Kediwung yang ada di Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda ingin menikmati matahari terbit dengan udara segar di Yogyakarta, salah satu daerah yang menawarkan banyak tempat wisata adalah Distrik Dlingo, yang terletak di Kabupaten Bantul.

Ada beberapa tujuan menarik di Kabupaten Dlingo ini, salah satunya adalah Bukit Panguk Kediwung.

Mungkin bagi Anda yang belum mengetahuinya, Bukit Panguk Kediwung tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan, yang sudah dibuka untuk umum.

Bukit Panguk Kediwung dibuka untuk umum sekitar pertengahan 2016 oleh masyarakat setempat.

Oleh karena itu, Bukit Panguk Kediwung tidak sepopuler tujuan di sekitarnya, misalnya, Kebun Buah Mangunan atau Hutan Pinus Mangunan, meskipun lokasinya sangat dekat.

Bukti Panguk Kediwung menawarkan keindahan matahari terbit di atas awan. Matahari terbit ini sangat jelas karena lokasi Bukit Panguk Kediwung yang mengarah ke cakrawala timur.

Waktu terbaik untuk menikmati matahari terbit yang indah di Bukit Panguk Kediwung adalah pukul 05.00 pagi.

Sedangkan musim terbaik untuk dikunjungi adalah pada musim kemarau atau jika musim hujan adalah sehari setelah hujan berhenti.

Panorama terbaik di Bukit Panguk Kediwung adalah matahari terbit dan awan seperti awan.

Awan kabut ini menyerupai awan awan yang membuat wisatawan menganggap matahari terbit di Bukit Panguk Kediwung berada di negara di atas awan.

Selain menikmati pemandangan matahari terbit dan kabut yang menyerupai negara di atas awan, Anda juga dapat berfoto di beberapa tempat di Bukit Panguk Kediwung.

Ada lebih dari lima titik foto yang dapat Anda gunakan. Beberapa tempat di Bukit Panguk Kediwung dibayar yang akan diminta oleh manajer tidak lama setelah Anda mengambil gambar.

Bintik foto di Bukit Panguk Kediwung semuanya menghadap ke tebing yang berhadapan langsung dengan hutan lebat dan di bawahnya adalah Sungai Oya yang membentang panjang.

Tempat foto di Bukit Panguk Kediwung berbeda dari tujuan di sekitarnya. Bintik foto di Bukit Panguk Kediwung bisa dibilang anti-mainstream.

Jadi, jika Anda belum berkesempatan menikmati indahnya matahari terbit di atas awan ala Bukit Panguk Kediwung, Anda tidak perlu kecewa.

Karena ada cara lain untuk menikmati Bukit Panguk Kediwung, yaitu dengan menikmati tempat-tempat ini. Beberapa tempat di Bukit Panguk Kediwung berupa kapal kertas, kupu-kupu, istana langit, dan sebagainya.

Selain menikmati matahari terbit dan berfoto di beberapa titik foto, Anda juga dapat menikmati masakan khas komunitas Dlingo yang dapat Anda beli di kompleks Bukit Panguk Kediwung.

Anda dapat menikmati sarapan setelah melihat matahari terbit dan mengambil gambar di beberapa tempat ini.

Jika Anda belum pernah mengunjungi Bukit Panguk Kediwung atau terutama saat matahari terbit, ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda berkunjung.

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah fisik. Mengunjungi tujuan wisata pada waktu yang tidak biasa seperti pada dini hari, tentu saja, Anda harus bersiap untuk sehat secara fisik.

Ini untuk mengurangi risiko kesehatan yang akan menimpa Anda. Selain itu, Anda harus membawa jaket yang cukup tebal, terutama jika Anda mengendarai sepeda motor ketika akan mengunjungi Bukit Panguk Kediwung.

Pengalaman yang ditawarkan ketika Anda mengunjungi Bukit Panguk Kediwung tidak akan mudah dilupakan.

Apalagi jika Anda beruntung dan bisa menikmati dua fenomena sekaligus, yaitu matahari terbit atau matahari terbit dan kabut. Jadwalkan perjalanan Anda ke Bukit Panguk Kediwung dengan Alodia Tour & Leisure.

Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Wisata Bukit Panguk Kediwung

Lokasi Bukit Panguk kediwung berada di dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Bukit Panguk Kediwung terletak tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan.

Menemukan lokasi Wisata Bukit Panguk Kediwung tidak sulit, karena sudah ada papan tanda yang sangat jelas.

Jalan menuju Bukit Panguk Kediwung juga telah diaspal, sehingga memudahkan kendaraan roda dua atau roda empat untuk menyeberang.

Hingga saat ini, mengunjungi Bukit Panguk Kediwung hanya dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau mobil sepeda.

Kendaraan besar seperti bus belum dapat mengakses Bukit Panguk Kediwung.

Baca Juga: Wisata Watu Goyang

Rute ke Bukit Panguk Kediwung

Rute ke Bukit Panguk Kediwung

Rute ke Wisata Bukit Panguk Kediwung tidak sulit. Jika Anda berasal dari pusat Kota Yogyakarta, pertama-tama Anda mengarahkan peta ke arah wilayah Imogiri atau lebih tepatnya di Jalan Imogiri Timur.

Dari pertigaan pasar Imogiri, Anda dapat belok kiri menuju Mangunan dan makam Raja Mataram. Setelah itu, Anda belok kanan ke kawasan wisata Dlingo ke Kebun Buah Mangunan.

Setelah tiba di pertigaan menuju Kebun Buah Mangunan, Anda bisa memperhatikan rambu-rambu yang telah disediakan hingga Bukit Panguk Kediwung.

Jarak Bukit Panguk Kediwung dengan pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 27 km.

Baca Juga: Wisata Watu Ngadek

Fasilitas Bukit Panguk Kediwung

Fasilitas Bukit Panguk Kediwung

Fasilitas yang tersedia di Bukit Panguk Kediwung adalah sebagai berikut:

  • Temukan foto anti-arus utama
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Warung makanan

Harga Tiket dan Parkir Bukit Panguk Kediwung

Harga Tiket dan Parkir Bukit Panguk Kediwung

Harga tiket Bukit Panguk Kediwung untuk satu orang adalah Rp 2.500,00. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dalam bentuk mobil.

Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000,00 sedangkan untuk sepeda motor Rp. 2.000,00. Harga tiket Bukit Panguk Kediwung ini cukup murah dan terjangkau untuk semua orang.

Harga tiket untuk beberapa tempat foto adalah Rp. 3.000,00 per tempat per orang. Untuk setiap tempat foto, Anda dapat naik maksimal 3 orang.

Baca Juga: Wisata Gardu Pandang Pinus Asri

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek Bukit Panguk Kediwung. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Bukit Panguk Kediwung Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read