Wisata Watu Ngadek

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Watu Ngadek yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Daerah Istimewa banyak tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing.

Salah satu tujuan wisata yang sempurna untuk melihat keindahan alam Yogyakarta dari ketinggian yang terletak di Kabupaten Bantul. Di Kabupaten Bantul ada tujuan wisata bernama Watu Ngadek.

Wisata Watu Ngadek berada di area yang sama dengan Hutan Pinus Pengger. Jika ditafsirkan dalam bahasa Indonesia, Watu Ngadek berarti berdiri batu.

Dinamakan Watu Ngadek karena di kawasan wisata terdapat batu besar yang besar dan lokasinya berada di tepi tebing. Kontur batu mirip dengan batuan vulkanik yang ditemukan di Gunung Api Kuno Nglanggeran.

Dari atas objek wisata Watu Ngadek ini, pengunjung dapat melihat pesona keindahan alam yang ada di ketinggian bukit seperti di bukit Kediwung.

Pesona yang ada di batu ini adalah salah satu spot foto unik dan juga memiliki pemandangan yang sangat eksotis.

Terutama pada jam-jam awal pagi dan menjelang senja, pesona alam yang dirasakan akan terasa sangat alami.

Para pengunjung akan merasa sangat kagum dengan keagungan penciptaan Yang Mahakuasa saat melihat keindahan alam ini.

Saat senja, pengunjung bisa mendapatkan pemandangan indah kota Jogja dan juga pada saat yang bersamaan dengan matahari terbenam yang mempesona.

Watu Ngadek sendiri menghadap ke barat sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang sengaja datang untuk melihat matahari terbenam. Pada malam hari, pengunjung dapat melihat gemerlapnya kota dari atas sini.

Keindahan tempat foto di daerah ini berada di atas batu besar dan dikelilingi dengan pepohonan pinus yang sangat tinggi. Daerah seperti ini adalah yang paling cocok untuk pengunjung yang suka berburu.

Di atas batu biasanya pengunjung lain akan berdiri untuk mengambil gambar sehingga mereka mendapatkan foto yang indah dengan latar belakang yang menarik.

Meskipun lokasi batu dekat dengan tebing, masih aman digunakan oleh pengunjung yang ingin mengambil gambar dalam posisi berdiri di atas batu.

Di sekitar tebing ini telah diberikan pagar buatan sehingga pengunjung akan lebih aman.

Lokasi Watu Ngadek

Wisata Watu Ngadek

Lokasi Watu Ngadek sudah cukup mudah dijangkau karena jalan menuju wisata alam sudah bagus dan layak dilewati. Watu Ngadek berada di area yang sama dengan Hutan Pinus Pengger.

Namun Watu Ngadek cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Alamat Watu Ngadek tepatnya di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Candi Sambisari

Rute ke Watu Ngadek

Rute ke Watu Ngadek

Rute ke Watu Ngadek sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta di sebelah timur pergi melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju ke Jalan Pangurakan.

Kemudian terus lurus ke Jalan Kusumanegara, mencapai perempatan ke selatan ke Jalan Gedongkuning, terus lurus sampai persimpangan ke arah timur ke Jalan Wonosari.

Kemudian terus lurus melalui Jalan Nasional III, terus lurus tetap di Jalan Nasional III, lalu tiba di pertigaan ke selatan ke Jalan Dlingo – Pathuk, lalu ikuti jalan sampai Anda akan mencapai Hutan Pinus Pengger.

Jarak dari pusat Yogyakarta ke Hutan Pinus Pengger cukup jauh, yaitu hanya sekitar 21,8 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke Hutan Pinus Pengger adalah sekitar 48 menit.

Baca Juga: Wisata Candi Barong

Fasilitas Watu Ngadek

Fasilitas Watu Ngadek

Fasilitas di Watu Ngadek cukup lengkap bagi pengunjung yang tertarik untuk datang ke Watu Ngadek. Fasilitas ini dikembangkan secara serius oleh manajer termasuk:

  • Tempat parkir
  • Warung makanan
  • Photo Spot
  • Toilet Umum
  • Musholla
  • Gazebo
  • Wifi

Harga Tiket dan Tempat Parkir Watu Ngadek

Harga Tiket dan Tempat Parkir Watu Ngadek

Untuk memasuki kawasan wisata Watu Ngadek, pengunjung hanya dikenai biaya Rp 2.500 per orang.

Sedangkan untuk harga parkir di tur wisata Watu Ngadek ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Candi Plaosan

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Watu Ngadek Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Watu Ngadek Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.