Wisata Pantai Slili

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Slili yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki banyak tujuan wisata yang indah dan menarik. Salah satunya adalah wisata pantai di Gunung Kidul. Pantai Gunung Kidul yang akan kita bahas adalah Pantai Slili.

Pantai Slili ini terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini berbatasan dengan pantai lain yaitu Pantai Sandranan dan Pantai Krakal yang dipisahkan oleh dua bukit.

Pantai Slili memiliki luas sekitar 100 meter persegi, walaupun ukuran pantai ini masih kecil dan tidak banyak pengunjung, tetapi selalu ada pengunjung yang datang mengunjungi pantai ini untuk menikmati keindahan pantai mungil ini.

Pantai Slili menawarkan snorkeling sebagai daya tariknya, karena dekat dengan Pantai Sadranan sehingga pantai ini juga bisa menjadi tempat untuk snorkeling.

Peralatan sewa untuk snorkeling di pantai tidak begitu mahal. Dengan snorkeling di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan bawah laut. Pantai Slili memiliki nama lain yaitu Pantai Watu Lawang dan Slili Love.

Disebut dengan Pantai Watu Lawang ini karena di area pantai yang berjarak kurang lebih 500 meter dari lokasi Pantai Sundak ini ada sebuah pulau yang kecil dan biasa disebut bukit karang di bagian bawahnya terdapat lubang berbentuk seperti pintu.

Sedangkan sebutan Slili Love berasal karena pada pantai ini ada hiasan yang berbentuk hati yang dibuat dari plastik serta melambangkan cinta dengan tulisan Pantai Slili di tengahnya.

Dekorasi ini biasanya merupakan tempat untuk foto pengunjung. Di pantai ini ada juga pohon ceri yang biasanya dijadikan spot foto.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah: Anda bisa menikmati suasana pantai ini dengan bermain air di pantai, bermain pasir, berfoto, membeli makanan laut dan minuman di warung pantai ini.

Dan Anda bisa bersantai di gazebo yang memiliki disediakan oleh pengelola pantai.

Aktivitas lain adalah Anda dapat melakukan pelacakan di Pantai Slili dengan mendaki bukit yang memisahkan Pantai Slili dan Pantai Krakal. Anda juga bisa mendaki Bukit Kobengan yang terletak di pantai timur.

Lokasi Pantai Slili

Wisata Pantai Slili

Lokasi Pantai Slili cukup mudah dijangkau karena jalan menuju tempat wisata pantai sudah bagus dan layak dilewati.

Alamat tepatnya di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Pantai Slili

Rute ke Pantai Slili

Rute menuju Pantai Slili sangat mudah dijangkau. Jika Anda pergi dari pusat Yogyakarta ke timur melewati Jl Panembahan Senopati, dapatkan persimpangan ke selatan melewati Jl Brigjen Katamso.

Kemudian terus lurus sampai perempatan timur melewati Jl Kolonel Sugiyono, mencapai pertigaan ke selatan melewati Jl. Sisingamangaraja, lalu terus lurus terus ke arah jalan Imogiri Barat.

Sampai pertigaan ke arah timur melewati pertigaan Imogiri Bakulan, sampai pertigaan menuju barat melewati jalan Imogiri Siluk lalu terus melewati jalan Siluk Panggang.

Kemudian terus ikuti jalan Jalan Siluk Panggang, kemudian mencapai pertigaan ke arah timur melewati jalan Imogiri Siluk dan kemudian melanjutkan melewati jalan Siluk Panggang.

Kemudian terus mengikuti jalan Siluk Panggang, kemudian mencapai persimpangan ke arah timur melewati jalan Imogiri Siluk jl Raya Panggang Wonosari.

Kemudian lanjutkan ke Jalan Pantai Selatan Jawa, ikuti jalan dan Anda akan sampai ke Pantai Slili.

Jarak yang ditempuh dari pusat Jogja ke Pantai Slili cukup jauh, yaitu sekitar 64,6 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan roda dua dari pusat Jogja ke Pantai Slili adalah sekitar 1 jam 42 menit.

Baca Juga: Wisata Pantai Kadilangu

Daya Tarik Pantai Slili

Daya Tarik Pantai Slili

Wisata Pantai Slili di Tepi Gunung Kidul Yogyakarta adalah pantai yang eksotis dan sangat menawan yang dikenal sebagai surga selancar bagi wisatawan.

Karena untuk Pantai Slili sendiri ada banyak batu-batu kecil yang menghiasi garis pantai.

Menurut informasi dari warga setempat, pantai Slili juga sering digunakan sebagai tempat upacara adat, upacara Nyadran yang diadakan setahun sekali sebelum bulan puasa yang dihadiri oleh warga setempat.

Dan ketika pantai ini memasuki musim kemarau, mayoritas penduduk yang bekerja sebagai petani akan pergi ke Pantai Slili dan menggunakan lokasi ini sebagai lahan untuk mencari hasil laut.

Beberapa di antaranya adalah udang, rumput laut dan produk lainnya yang juga merupakan gantikan penghasilan dari mereka.

Bagi yang juga suka dan hobi dengan kegiatan kuliner, maka di tempat ini juga ada banyak warung yang menyediakan berbagai produk olahan hasil laut seperti udang, cumi dan sebagainya.

Dan jika Anda mengunjungi pantai Slili pada hari normal, maka Anda akan merasakan suasana yang sangat tenang, dan bisa mendengar suara ombak, burung-burung berkicau riang dan juga bisa bermain pasir putih yang indah.

Pada hari-hari biasa tempat ini jarang dikunjungi orang karena memang tidak banyak yang tahu tentang keberadaan pantai slili ini.

Bagi Anda yang gemar mengabadikan momen indah, maka di pantai ini juga disediakan spot fotografi yang unik dan keren.

Tempat ini sengaja dibuat dan khusus untuk Anda yang gemar mengabadikan momen yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Wisata Pantai Indrayanti

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Slili sekarang cukup lengkap dan tentunya dapat membuat wisatawan merasa nyaman, termasuk:

  • Kamar Mandi atau WC
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung makanan dan minuman
  • Penyewaan peralatan snorkeling
  • Sewa penginapan
  • Area parkir besar

Harga Tiket dan Parkir Pantai Slili

Harga Tiket dan Parkir Pantai Slili

Harga tiket masuk ke objek wisata Pantai Slili cukup murah, wisatawan hanya akan dikenai biaya Rp 10.000 dan harga sudah termasuk harga tiket masuk ke pantai-pantai yang ada di dekatnya.

Adapun harga parkir, mereka adalah: Rp. 2.000 untuk sepeda motor, Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 15.000 untuk bus.

Baca Juga: Wisata Pantai Parangtritis

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Slili. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Slili Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read