Wisata Pantai Sundak

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Sundak yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Sundak adalah salah satu wisata pantai cantik yang terletak pada Gunung Kidul lebaih tepatnya berdekatan Pantai Indrayanti. Pantai ini mempunyai air yang masih bersih dan berpasir putih , jernih, dan menyegarkan.

Tetapi ombak di Pantai Sundak sangat besar, jadi jika Anda ingin bermain air di Pantai Sundak, Anda harus berhati-hati.

Selain dapat bermain air, wisatawan juga dapat berkeliling di pantai sembari menikmati kecantikan pantai ini.

Bila berjalan di sepanjang pantai sejauh empat puluh meter, Anda akan menemukan bebatuan kecil berbaris dan mereka adalah tempat persembunyian bagi hewan laut kecil, tetapi Anda harus berhati-hati karena bebatuannya sangat tajam.

Di sebelah utara Pantai Sundak ada beberapa bukit karang dan batu kapur dengan ketinggian sekitar 12 meter. Yang merupakan pemandangan indah di kawasan Pantai Sundak.

Dan dari beberapa batu ada salah satunya ada terowongan atau gua, dan bisa dimasuki. Pantai ini juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dengan mengambil gambar.

Di sekitar pantai ini ada juga batu-batu kecil dan batu karang dalam bentuk payun, dan ada sebuah bukit yang memisahkan Pantai Sundak dari pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Di pantai ini juga disediakan area untuk berkemah. Menurut sejarah, dulu sekitar tahun 1930, batu yang terkandung di gua itu awalnya masih tenggelam di air laut.

Bahkan, air laut meluas ke area masjid di dekat pantai ini. Seiring berjalannya waktu, perubahan dalam struktur pantai selatan menyebabkan permukaan laut dan air menyusut.

Pantai Sundak memiliki fenomena alam yang unik. Ketika musim hujan tiba, volume air menjadi besar dan ada air yang mengalir ke laut.

Oleh sebab itu, tanah di bagian timur pantai ini jadi seperti membelah dan membuat sungai. Air laut mengalir pada sungai juga membelah pasir. Dan ketika musim kemarau tiba, belahan itu menghilang.

Keunikan inilah yang membuat Pantai Sundak juga dikenal sebagai Pantai Wedibedah.

Lokasi Pantai Sundak

Wisata Pantai Sundak

Lokasi Pantai Sundak cukup aman didatangi karena jalan ke Pantai Sundak cukup layak untuk dilalui, tetapi ada beberapa jalan yang masih naik turun dan berputar.

Jadi jika Anda ingin mengunjungi Pantai Sundak, diharapkan berhati-hati. Lokasi tepat Pantai Sundak adalah di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Glagah

Rute Menuju Pantai Sundak

Rute Menuju Pantai Sundak

Rute menuju Pantai Sundak cukup mudah dijangkau. Jika Anda pergi dari pusat Kota Jogja ke selatan melewati Jl. Mayor Suryotomo, lanjutkan.

Melewati Jl. Brigadir Katamso ke persimpangan ke timur melalui Jl. Kolonel Sugiono, kemudian lanjutkan ke pertigaan ke selatan melalui Jl Sisingamangaraja.

Persimpangan timur melewati jalan Bakog Imogiri ikuti jalan sampai melewati Jalan Silog Imogiri terus ke Jalan Silog Panggang lurus melalui Jalan Panggang Wonosari, lalu melewati jalan sel pantai Jawa ikuti jalan maka Anda akan sampai ke Pantai Sundak.

Jarak dari pusat Kota Jogjakarta ke pariwisata Pantai Sundak cukup jauh, yaitu sekitar 65,3 kilometer dan waktu tempuh kendaraan bermotor dari pusat kota Jogja ke Pantai Sundak sekitar 1 jam 46 menit.

Daya Tarik Pantai Sundak

Daya Tarik Pantai Sundak

Wisata Pantai Sundak di Tepi Gunung Kidul Yogyakarta yang menawarkan keindahan laut dan pesona alam yang begitu eksotis, yaitu Pantai Sundak Gunungkidul.

Pantai Gunungkidul Sundak telah menunggu karakter alami yang unik. Sejauh mata memandang, ombak besar masih mendominasi sebagai karakteristik pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Namun dibalik itu ada legenda tentang asal usul nama Pantai Sundak yang hingga kini mitosnya masih melekat kuat.

Namun pesona alam dan keindahannya, terutama saat matahari terbit mampu mengundang decak kagum bagi siapa pun yang menontonnya.

Di sisi kanan dan kiri pantai ada batu besar dan berkokok yang juga menjadi penghalang antara Pantai Sundak dan pantai lainnya.

Di satu sisi pantai ini, Anda bisa melihat sebuah gua yang memiliki mata air segar di dalamnya.

Gua ini konon pernah dihuni oleh seekor anjing dan landak. Karena kelaparan, kedua binatang itu akhirnya bertarung.

Tidak lama kemudian, pemilik anjing yang menyadari bahwa peliharaannya hilang segera melihat ke dalam gua.

Pada saat yang sama, anjing itu keluar dari gua sambil menggigit tubuh landak yang terluka parah.

Merasa penasaran dengan apa yang ada di dalam gua, pemilik anjing segera masuk ke dalam.

Tanpa diduga di sana ia menemukan mata air tawar yang jernih yang sampai sekarang mata air tawar masih digunakan oleh penduduk setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Dari kisah pertarungan antara anjing dan landak, maka pantai ini akhirnya disebut Pantai Sundak. “SU” adalah kependekan dari asu (sebagai anjing dalam bahasa Jawa), “NDAK” adalah kependekan dari landak.

Baca Juga: Wisata Pantai Parangtritis

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Sundak cukup dan tentu saja membuat pengunjung merasa nyaman termasuk:

  • Tempat parkir yang luas
  • Mushola
  • Kamar Mandi / Toilet
  • Ada gazebo untuk bersantai
  • Ruang ganti

Harga Tiket dan Parkir Pantai Sundak

Harga Tiket dan Parkir Pantai Sundak

Harga tiket masuk ke Pantai Sundak cukup murah. Jika Anda mengunjungi Pantai Sundak Anda akan dikenai biaya Rp. 5.000 / orang pada hari kerja dan Rp. 6000 / orang di akhir pekan.

Dan jika Anda ingin menyewa gazebo akan dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000.

Dan untuk harga parkir, pengunjung perlu mengeluarkan biaya Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Pantai Indrayanti

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Sundak. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Sundak Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read