Wisata Pantai Parangtritis

5 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Parangtritis yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak terlalu besar, tetapi ternyata Jogja memiliki puluhan pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Parangtritis.

Tempat wisata ini bisa dibilang salah satu tujuan wisata paling favorit di kalangan wisatawan untuk waktu yang lama.

Wisata Pantai Parangtritis memang terkenal di kalangan wisatawan, karena selain memiliki legenda yang melekat pada Ratu Kidul sebagai penguasa laut selatan.

Tetapi ternyata keindahannya tidak dapat diragukan lagi karena pantai ini merupakan pantai terluas di Yogyakarta yang memiliki luas Banyak kilometer persegi.

Berbeda dengan pantai-pantai lain di wilayah Yogyakarta, seperti pantai-pantai di Gunung Kidul, berukuran relatif kecil.

Salah satu tujuan wisata favorit di wilayah Yogyakarta memang tidak pernah dilupakan oleh wisatawan.

Yang karena ukurannya yang cukup luas menjadikan pantai ini memberikan aktivitas tanpa batas bagi wisatawan contohnya berkeliling pantai menggunakan ATV, kuda atau sepeda motor Delman.

Dapat melakukan olahraga seperti bermain di tepi ombak, sepak bola bermain bola di pasir, bermain layang-layang, atau sekadar duduk sambil menikmati suasana Pantai Parangtritis yang begitu memesona.

Pesonanya tidak lepas dari legenda Pantai Parangtritis yang sudah terkenal di masyarakat Indonesia.

Di mana laut di sekitar Pantai Parangtritis memiliki Kerajaan yang dipimpin oleh penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul.

Jadi sering menjadi perbincangan publik, jika ingin pergi ke pantai favorit di Yogyakarta disarankan untuk tidak mengenakan pakaian hijau karena bisa ditarik ke laut oleh otoritas laut selatan.

Keberadaan kerajaan Mataram, yang sekarang merupakan turunan dari Istana Sultan, tidak dapat dilepaskan oleh Nyi Roro Kidul, menurut cerita yang berkembang di masyarakat di masa lalu.

Panembahan Senopati sebagai raja Islam Mataram pertama yang menikahi Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan, pernikahan itu memang tidak biasa karena berasal dari dua dunia yang berbeda.

Namun, ini dimaksudkan untuk menjaga daerah sekitar Jawa aman dari semua ancaman dan hambatan berbahaya.

Namun terlepas dari legenda tersebut, memang kawasan Pantai Parangtritis ini benar-benar menghadirkan pemandangan alam yang indah.

Dimana luasnya pantai ini yang memiliki pasir besi hitam membuat kita tidak bosan untuk melihatnya dalam 360 derajat.

Selain aktivitas yang bisa Anda lakukan seperti yang disebutkan Alodia di atas, di Pantai Parangtritis Anda juga bisa berenang di kolam yang disediakan di pantai.

Terutama anak-anak yang sangat menyukai kegiatan ini. Selain itu ada juga puluhan warung yang menyediakan aneka suguhan khas pantai seperti gurami, ikan pari, cumi-cumi, dan hidangan udang.

Yang tentu saja sangat lezat ketika kita memakannya di pantai. Pantai Parangtritis dianggap sebagai pantai khusus di Indonesia, karena di pantai ini terdapat gurun yang biasa kita temui di belahan dunia Arab.

Tetapi di pantai ini Anda akan dapat menemukan gundukan-gundukan pantai seperti Anda berada di gurun Arab.

Gurun pasir di daerah Pantai Parangtritis disebut Pasir Dune. Alodia juga telah membahasnya secara lebih rinci tentang Dune Pasir ini di artikel lain. Anda bisa mengklik tautannya, untuk melihat keindahan pantai gurun ini.

Keindahan Pantai Parangtritis tidak perlu diragukan lagi, karena setiap hari dikunjungi oleh ribuan wisatawan yang berbondong-bondong melihat pantai di laut selatan Jawa.

Hal-hal Menarik di Pantai Parangtritis

Wisata Pantai Parangtritis

Jika Anda ingin merencanakan liburan ke Pantai Parangtritis, hal-hal berikut dapat Anda lakukan di Pantai Parangtritis untuk mengisi waktu liburan Anda, agar lebih menyenangkan.

Baca Juga: Wisata Pantai Glagah

1. Bermain Pasir di Pantai Parangtritis

Bermain Pasir di Pantai Parangtritis

Anak-anak kecil pada umumnya sangat menyukai pasir, untuk itu bermain pasir di pantai Parangtritis adalah hal yang sangat cocok untuk membuat anak-anak Anda bahagia di sini.

Pasir di Pantai Parangtritis ini memang tidak seindah pasir putih di deretan Pantai Gunungkidul.

Namun, Parangtritis memiliki pantai yang sangat luas, sehingga Anda bisa bergerak bebas untuk bermain pantai pasir hitam ini dan mulus.

Anda dapat membuat benteng dari pasir, atau hanya membuat kuil, atau hanya menimbun pasir dari gelas minuman lama.

2. Naik Kuda di Sepanjang Pantai

Untuk kegiatan ini, Anda hanya bisa melakukannya di Pantai Parangtritis. Tidak ada pantai lain di Jogja.

Anda dapat menikmati sepanjang pantai Parangtritis dengan menunggang kuda delman yang ditarik kuda. Dengan biaya Rp. 20.000 untuk perjalanan di sepanjang pantai, Anda cukup puas menikmati pantai.

Selain mengendarai delman, Anda juga bisa hanya menyewa kuda untuk berjalan-jalan ke tepi tebing. Tidak perlu khawatir, karena pemandu kuda akan selalu menemani Anda selama perjalanan.

Untuk mendapatkan sensasi menunggang kuda atau delman, Anda bisa menemukannya hampir di sepanjang pantai Parangtritis. Karena ada begitu banyak layanan pada kuda ini di Pantai Parangtritis.

3. Bermain di Kolam Air Hangat

Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa merasakan ombak yang deras, pengelola Wisata Pantai Parangtritis telah menyediakan pemandian khusus untuk kebutuhan berenang para pengunjung yang nyaman dan aman.

Bahkan kolam ini memiliki air hangat. Tetapi secara umum pemandian ini hanya diperuntukkan bagi anak-anak, jika orang dewasa hanya untuk mengawasi atau menemukannya.

Kolam renang berpemanas di Pantai Parangtritis. Ini bukan hanya kolam renang anak-anak biasa, keunggulannya di kolam renang berpemanas ini

4. Nikmati Keindahan Pantai Parangtritis dari Puncak Bukit

Nikmati Keindahan Pantai Parangtritis dari Puncak Bukit

Keindahan Pantai Parangtritis akan sangat jernih, ketika Anda mendaki bukit di sekitar Parangtritis.

Anda dapat menikmati pemandangan alam pantai Parangtritis hingga ke pantai Depok, lewat Bukit Parangendog. Bukit parangendog ini biasanya dipakai sebagai landasan untuk paralayang.

Tidak banyak orang tahu tentang lokasi ini. Hanya penggemar petualangan yang tahu, terutama penggemar skydiving atau paralayang.

Tetapi bagi Anda yang takut ketinggian, sebaiknya jangan lakukan itu. Atau Anda juga bisa terus naik, tetapi hanya melihat dari kejauhan, tidak perlu ke tepi tebing.

Baca Juga: Wisata Pantai Siung

5. Bermain Paragliding Tandem (keduanya) di Parangtritis

Bermain Paragliding Tandem (keduanya) di Parangtritis

Jika kegiatan ini hanya ditujukan untuk Anda penggemar olahraga yang meningkatkan adrenalin. Paralayang atau Paralayang di Parangtritis sudah bisa dilakukan oleh wisatawan.

Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa melakukannya bersama-sama dengan para ahli. Tapi, untuk menikmati tur tandem paralayang ini Anda tidak bisa melakukannya kapan saja.

Itu sangat tergantung cuaca di sekitar Pantai Prangtritis. Sehingga masalah keamanan sangat diperlukan.

Biasanya waktu yang tepat untuk menikmati wisata paralayang di sini adalah dari Desember hingga Maret.

Dan Anda dapat membayar Rp. 200.000 – Rp. 300.000 untuk sekali penerbangan dengan pilot yang sangat berpengalaman.

6. Mainkan ATV

Di Pantai Parangtritis, Yogyakarta juga menyediakan jasa penyewaan ATV (All Terrain Vehicle) atau bahasa Indonesia adalah sepeda motor roda empat. Kendaraan ini cocok untuk digunakan di medan berpasir.

Anda bisa bermain ATV sepuas hati di sepanjang pantai Parangtritis. Tentu saja, kegiatan ini sangat menyenangkan jika dilakukan bersama dengan kolega Anda.

Untuk dapat menggunakan sewa ATV ini, Anda harus membayar IDR 50,000 per 15 menit.

7. Menikmati Sunset di Pantai Prangtritis Tampak Sangat Jelas

Menikmati Sunset di Pantai Prangtritis Tampak Sangat Jelas

Salah satu kelebihan lain di Pantai Parangtritis dibandingkan dengan pantai di Gunungkidul adalah proses menikmati matahari terbenam.

Di pantai ini Anda bisa menikmati proses matahari terbenam hingga benar-benar tenggelam. Adegan ini tidak akan terhalang oleh tebing atau pohon.

Dengan kelebihan ini, Anda dapat membuat foto siluet yang unik dan menarik, atau Anda juga dapat membuat foto dramatis atau romantis lainnya sesuai dengan keinginan Anda.

Lokasi Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis bisa dibilang salah satu pantai yang sangat mudah diakses dari kota Yogyakarta.

Dengan jarak 1 jam dari kota Yogyakarta, Anda bisa sampai ke pantai ini. Jalan menuju Pantai Parangtritis juga lebar dan landai sehingga sangat nyaman saat Anda bepergian.

Lokasi pasti Pantai Parangtritis adalah di Desa Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Pantai Parangtritis

Rute menuju Pantai Parangtritis sangat mudah dilalui, apakah itu kendaraan roda dua atau bus besar, karena jalan menuju Pantai Parangtritis seperti yang disebutkan Alodia sebelumnya miring dan besar.

Berbeda dengan pantai di Gunung Kidul di mana Anda harus naik turun gunung untuk mencapainya.

Jarak Pantai Parangtritis dari kota Yogyakarta adalah sekitar 28 Km dan dapat dilalui melalui Jalan Parangritis yang berada di selatan kota Jogja.

Dengan cukup melewati Jalan Parangtritis ini langsung ke selatan Anda akan sampai ke pantai ini.

Fasilitas Pantai Parangtritis

Fasilitas Pantai Parangtritis sangat lengkap dan Anda akan menemukan semua kebutuhan wisata di pantai ini, karena memang Pantai Parangtritis telah terkenal sejak lama di kalangan wisatawan.

Menjadikannya terus membaik untuk menyediakan fasilitas yang lebih lengkap. Berikut ini adalah fasilitas yang dapat Anda temukan di Pantai Parangtritis:

  • Sepeda motor ATV, Kuda dan Delman untuk berkeliling Pantai Parangtritis
  • Gazebo Pantai
  • Warung makanan
  • Toko suvenir dan pakaian
  • Penginapan
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Penginapan / Hotel

Harga Tiket dan Parkir Pantai Parangtritis

Harga tiket Pantai Parangtritis bisa dibilang standar seperti harga tiket pantai lainnya di wilayah Yogyakarta. Untuk memasuki Pantai Parangtritis, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 untuk setiap orang.

Sedangkan untuk harga tiket parkir untuk Pantai Parangtritis, mobil Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk sepeda motor Anda, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tunggal

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Parangtritis. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Pantai Parangtritis Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.