Wisata Pantai Kayu Arum

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Kayu Arum yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunungkidul sering dikatakan sebagai surga pantai di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena daerah ini memiliki deretan pantai yang indah.

Mulai dari pantai terkenal seperti Pantai Indrayanti, Pantai Siung dan Pantai Baron, banyak pantai baru saja dibuka untuk pariwisata.

Salah satunya adalah Pantai Kayu Arum yang belum terkenal tetapi memiliki potensi keindahan luar biasa.

Hingga di sana, pengunjung akan dimanjakan oleh pesona alam yang eksotis yang masih asri dengan pantai pasir putih yang lembut dan bersih.

Angin kencang dan ombak yang deras menghantam tebing membuat pantai ini semakin eksotis. Laut di Pantai Kayu Arum terlihat kebiru-biruan yang menambah pemandangan eksotis di sekitar pantai.

Di sini pengunjung dapat melihat ikan-ikan kecil dan bermain pasir di sekitar pantai yang telah menjadi tradisi pengunjung ketika pergi ke pantai.

Pantai Kayu Arum juga cocok untuk pengunjung yang menyukai dunia memancing. Di sini banyak terlihat beberapa jenis ikan yang berukuran kecil hingga besar di laut dekat pantai.

Selain itu, ada juga hewan laut lainnya seperti ubur-ubur, gurita, dan lainnya. Meskipun pantai ini cukup kecil dan sempit, masih bisa digunakan sebagai tempat berkemah bersama teman dan keluarga.

Pengunjung harus membawa peralatan dan kebutuhan berkemah sendiri karena di Pantai Kayu Arum tidak ada kebutuhan sewa.

Untuk berkemah di sini pengunjung harus menjaga pantai tetap bersih dan indah dan alami. Karena ombak di pantai ini sangat besar maka pengunjung tidak diperbolehkan berenang di Pantai Kayu Arum.

Di kanan dan kiri pantai ini ada bukit dan batu karang yang menghiasi pemandangan sekitarnya. Batuan ini dapat digunakan sebagai spot foto untuk pengunjung, terutama mereka yang suka selfie.

Pengunjung masih dapat menikmati matahari terbit dan terbenam meskipun mereka harus berjalan sedikit dari Pantai Kayu Arum ke Baron Technopark.

Dari Baron Technopark, wisatawan bisa menyaksikan dengan jelas pemandangan matahari terbit yang mempunyai sinar cerah serta juga saat matahari terbenam yang membuat langit kekuningan dan oranye.

Di Pantai Kayu Arum ini, wisatawan bisa berfoto sesuka hati mereka dengan latar belakang pantai Kayu Arum yang indah.

Lokasi Pantai Kayu Arum

Wisata Pantai Kayu Arum

Lokasi Pantai Kayu Arum bagus dan mudah bagi pengunjung ke Pantai Kayu Arum, tetapi sekitar satu setengah kilometer sebelum pantai ada jalan tanah berbatu.

Sesampainya di tempat parkir pengunjung juga harus berjalan lagi sekitar 4 kilometer. Namun lokasi Pantai Kayu Arum cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat Pantai Kayu Arum tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Kadilangu

Rute Menuju Pantai Kayu Arum

Rute Menuju Pantai Kayu Arum

Rute ke Pantai Kayu Arum sangat mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta di sebelah timur pergi melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju ke Jalan Panembahan Senopati 9.

Mencapai persimpangan ke selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, kemudian melanjutkan sampai ia mencapai persimpangan ke arah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono.

Sampai di pertigaan ke selatan melalui Jalan Sisingamangaraja, lalu terus lurus menuju Jalan Imogiri Barat, tiba di pertigaan ke timur melalui Jalan Imogiri Bakulan.

Sampai pertigaan ke barat melewati Jalan Imogiri Siluk kemudian terus melewati Jalan Siluk Panggang, kemudian terus mengikuti Jalan Siluk Panggang, lalu terus mengikuti Jalan Siluk Panggang.

Kemudian mencapai pertigaan ke timur melalui Jalan Wonosari Panggang, kemudian melanjutkan ke Jalan Pantai Sel. Jawa, mencapai pertigaan ke selatan mengikuti jalan sampai Anda akan tiba di Pantai Kayu Arum.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Kayu Arum cukup jauh, yaitu sekitar 57,1 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Koya Jogja ke Pantai Kayu Arum adalah sekitar 1 jam 33 menit.

Baca Juga: Wisata Pantai Glagah

Daya Tarik Pantai Kayu Arum

Daya Tarik Pantai Kayu Arum

Wisata Pantai Kayu Arum di Tanjung Kidari, Gunung Kidul, Yogyakarta, masih termasuk pantai yang tenang, eksotis dan indah dengan panorama alam yang indah yang masih belum tersentuh.

Dari penyimpanan kendaraan dan pergi ke pantai, Anda harus berjalan lagi sekitar 100 meter dengan patokan setelah melewati parit kecil.

Lanjutkan melewati ladang singkong masyarakat di sekitarnya, melalui semak belukar dan naungan pohon jati. Ketika datang ke suara ombak menabrak karang dan hembusan angin semakin kuat.

Sedikit demi sedikit, air laut biru dapat dilihat dari kejauhan di ujung lainnya. Ternyata akses ke Pantai Kayu Arum adalah berupa jalan setapak yang dipotong dari semak belukar dan pohon-pohon khas pantai.

Di sana Anda akan dimanjakan oleh pesona alam yang masih asri dan pantai pasir putih bersih dengan angin kencang dan deburan ombak menerjang tebing.

Pasir pantai yang cukup luas membuat Pantai Kayu Arum bisa digunakan untuk bermain bola dan kemping. Jika air laut surut, kita bisa melihat ikan hias air laut di bibir pantai.

Tetapi jika untuk berenang, disarankan tidak! Karena ombak di sana bisa cukup ganas dengan jumlah karang yang tajam.

Fasilitas

Fasilitas di Pantai Kayu Arum tidak tersedia sama sekali, jadi pengunjung harus menyediakan apa yang ingin mereka bawa, serta makanan untuk dimakan.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Kayu Arum

Harga Tiket dan Parkir Pantai Kayu Arum

Harga tiket masuk relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenai biaya Rp. 10.000 per orang. Dan juga harga sudah termasuk tiket masuk ke tempat wisata pantai lainnya yang dekat dengan Pantai Kayu Arum.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Kayu Arum, pengunjung hanya membayar Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Pantai Siung

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Kayu Arum. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Kayu Arum Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.