Wisata Candi Barong

4 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Candi Barong yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki beberapa peninggalan bersejarah seperti bangunan candi yang masih dilestarikan hingga hari ini dan beberapa juga dijadikan tempat wisata.

Beberapa peninggalan terkenal seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko.

Candi Borobudur memiliki gaya bangunan dan ornamen dengan ajaran Buddha, Prambanan memiliki bentuk arsitektur dan ornamen dengan ajaran Hindu, sehingga Candi Barong ini juga memiliki bangunan yang unik.

Candi Barong adalah candi bergaya Hindu. Candi ini disebut Candi Barong karena di bagian candi namanya seperti Barong atau Singo. Candi Barong memiliki nama lain, Candi Sari Suragedug.

Itu karena ada prasasti di kawasan Ratu boko yang memiliki deskripsi bangunan terkait dengan Candi Barong, prasasti tersebut memuat prasasti 856 SM.

Tahun itu diceritakan bahwa Sri Kalasoibhava, yang memiliki nama lain, Sri Kumbaja, ingin membangun tiga lingga.

Tiga lingga adalah Krttiwasalingga, Triyarbakalingga, dan Haralingga yang merupakan sahabat Dewi Sri, Dewi Suralaksmi, dan Dewi Mahalaksmi. Selain itu ada Prasasti Pereng dengan tahun 784 atau 860 Masehi.

Prasasti itu digunakan sebagai upaya untuk melestarikan bangunan suci Siwa, sehingga dianugerahi 2 bukit di tawamhurang dan sawah dari Rakai Walaing Pu Kumbhayani yang memiliki nama lain dari Sri Kumbaja.

Candi Barong memiliki ketinggian lebih dari 199 meter di atas permukaan laut dengan pemandangan bangunan punden dengan 3 tingkat. Namun pada awal ditemukannya candi tersebut.

Candi Barong terlihat sangat hancur. Ini akhirnya diperbaiki dengan jangka waktu 5 tahun dari 1987 hingga 1992. Pada tingkat pertama candi ini ada beberapa candi yang berdiri meskipun hanya lantai dan alas tiang yang tersisa.

Pada tingkat kedua hanya area candi yang terbuka dan ada beberapa candi berdiri.

Pada tingkat ketiga ada dua candi yang berdiri dengan ukuran dan tinggi yang sama.

Yaitu 8,18 × 8,18 dan tinggi 9,05 dengan atap meruncing dan hiasan ukiran berupa daun dan Ghana yang merupakan tempat pemujaan Wisanu dan Dewi Sri yang adalah dewi kesuburan.

Selain memiliki bangunan candi yang indah dan indah, Candi Barong juga menawarkan pemandangan padang rumput hijau yang mengelilingi bangunan candi dan pemandangan alam di sekitarnya.

Banyak wisatawan mengunjungi Candi Barong di sore hari karena pada sore hari ada pemandangan matahari terbenam yang indah di daerah tersebut. Banyak turis yang mengabadikan momen di situ.

Apa Itu Candi Barong?

Wisata Candi Barong

Candi Barong adalah candi bergaya Hindu yang terletak di sebelah tenggara dalam Kompleks Ratu Boko, Sleman, dan tepatnya di sebuah bukit di Dusun Desa Sambirejo Candisari, Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Candi Ratu Boko

Sejarah Candi Barong

Sejarah Candi Barong

Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-9 dan ke-10, sebagai peninggalan Kerajaan Medang pada periode Mataram.

Candi ini ditemukan kembali pada awal abad ke-20 dalam kondisi runtuh ketika perluasan perkebunan tebu untuk pembuatan pabrik-pabrik gula oleh seorang Belanda.

Candi Barong memiliki nama lain, yaitu Candi Sari Suragedug. Nama ini ditulis dalam Prasasti Ratu Baka dalam bahasa Sansekerta.

Dalam prasasti itu, raja bernama Sri Kumbaja yang membangun tiga lingga bernama Krttiwasalingga, Triyarbakalingga, dan Haralingga.

Ketika lingga itu dibangun bersama Dewi Sri, Dewi Suralaksmi, dan sahabat Dewi Mahalaksmi. Tiga lingga yang disebutkan mungkin adalah Candi Barong.

Pada Prasasti Pereng yang berasal dari jaman 863 M, Rakai Walaing Pu Kumbhayoni memberi dua bukit dan saah kepada Tamwahurang di tahun 860 M atau 784 Saka.

Bukit dan sawah diberikan untuk memelihara bangunan suci Syiwa yang bernama Bhadraloka. Para ahli berpendapat, bahwa bangunan itu mengacu pada Candi Barong.

Keunikan Candi Barong

Keunikan Candi Barong

Halaman kompleks Candi Barong Yogyakarta berbentuk tiga teras yang semakin tinggi ke belakang. Tempat tersuci adalah teras tertinggi. Di teras tertinggi ada aula dan dua candi tanpa pintu dan jendela.

Kedua candi tersebut memiliki luas sekitar 16 meter persegi dengan ketinggian sekitar 9,25 meter.

Di setiap bangunan candi terdapat ceruk tempat patung dihiasi dengan makara. Dilihat dari berbagai dekorasi dan patung, candi pertama dibangun untuk menyembah Dewa Wisnu.

Sedangkan candi kedua adalah tempat pemujaan Dewi Sri. Di teras kedua ada struktur bangunan berukuran sekitar 12 × 8 meter dan beberapa platform batu segi delapan.

Struktur bangunan ini diperkirakan menjadi fondasi bangunan paviliun kayu. Sementara itu, di teras pertama tidak ditemukan struktur bangunan.

Seluruh bangunan Candi Barong Yogyakarta kemungkinan akan dibangun dalam dua periode. Penemuan dinding penahan tahap pertama pembangunan selatan candi kedua menunjukkan hal ini.

Pada tahap pertama hanya satu candi yang dibangun, candi pertama. Sementara di tahap kedua, candi kedua dibangun di sebelah candi pertama dan diperluas ke sisi selatan.

Baca Juga: Wisata Candi Prambanan

Lokasi Candi Barong

Lokasi Candi Barong

Lokasi wisata bersejarah Candi Barong sangat mudah dijangkau dan ditemukan. Lokasi Candi Barong juga tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta.

Alamat tepatnya di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Candi Barong

Rute untuk sampai ke Candi Barong cukup terjangkau, tetapi ada beberapa jalan yang berliku.

Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta ke timur melewati Jl Panembahan Senopati lurus ke depan sampai melewati Jl Kusumanegara terus lurus hingga persimpangan ke utara melalui Jl Janti.

Kemudian terus lurus hingga pertigaan berbelok ke kanan hingga persimpangan berbelok ke utara lalu sampai pertigaan belok ke timur melewati Jl Raya Solo.

Terus lurus, lalu belok ke selatan melewati Jl. Piyungan-Prambanan. Ikuti petunjuk jalan, maka Anda akan sampai ke Candi Barong.

Jarak yang ditempuh dari pusat Jogja ke Candi Barong tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 20,3 kilometer dan waktu normal untuk kendaraan roda dua dari pusat Jogja ke Candi Barong hanya 45 menit.

Fasilitas Candi Barong

Fasilitas yang ada di wisata sejarah Candi Barong cukup dan fasilitas ini dapat membuat wisatawan yang berkunjung dapat merasa nyaman.

Fasilitas tersebut meliputi: Ada area parkir di sekitar Candi Barong, kemudian ada warung makanan dan minuman di luar kompleks Candi Barong atau di rumah-rumah Dari warga sekitar.

Maka di Candi Barong tidak ada toilet dan ruang sholat sehingga wisatawan yang ingin ke toilet dan masjid dapat memanfaatkan rumah-rumah warga setempat.

Sarana Tambahan

Candi Barong Jogja adalah situs bersejarah yang kini terbuka untuk umum sebagai objek wisata. Keindahan Candi Barong dapat dinikmati tidak hanya dari apa yang muncul, tetapi juga sejarah asal-usulnya.

Jadi, jika Anda tahu asal-usul dan kunjungannya, Anda akan mengalami pengalaman yang berbeda dari sekadar mengunjungi dan melihat bangunan.

Selain itu, pemandangan alam di sekitar Candi Barong juga memberikan sensasi tersendiri. Pura Barong Jogja terletak di lingkungan yang indah dan luas dan ada bukit di sekitarnya.

Keindahan alam yang dipadukan dengan sejarah yang kaya benar-benar langka untuk ditemukan. Anda dapat mengabadikan momen bersama keluarga atau teman.

Harga Tiket dan Tempat Parkir Candi Barong

Harga tiket masuk ke Candi Barong sangat standar dan murah. Jika Anda mengunjungi Candi Barong, Anda akan dikenai biaya Rp. 5.000 per orang.

Dengan harga-harga ini, Anda dapat menambahkan wawasan tentang Hindu di Candi Barong.

Meskipun harga tiket masuk murah, jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Candi Ijo

Tabel Informasi

JamSenin – Minggu: pukul 06.00 – 17.00 WIB
Alamat/LokasiDusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Harga TiketRp 5.000
ParkirMotor Rp 2.000
Mobil Rp 5.000

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Candi Barong. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Candi Barong Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.