Rekomendasi Bakpia Paling Enak

4 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang makanan dari Jogja yaitu Bakpia. Kami juga akan memberikan rekomendasi Bakpia Jogja paling enak.

Jogja terkenal dengan bakpia pathoknya yang khas. Biasa digunakan sebagai oleh-oleh atau oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke sana.

Karena perkembangan yang cepat dan permintaan pasar, sekarang semakin banyak produk baru yang muncul. Begitu banyak, seringkali pengunjung merasa bingung untuk memilih.

Apa itu Bakpia?

Rekomendasi Bakpia Paling Enak di jogja

Bakpia adalah kue datar berbentuk bulat, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus tepung, lalu dibakar. Bakpia awalnya berasal dari daratan Cina.

Sejarah Singkat Bakpia

Sebuah sejarah yang layak untuk dikaji dari perjalanan panjang Bakpia. Salah satunya adalah tentang penamaan bakpia Pathuk yang cukup legendaris, sebelum invasi bakpia-bakpia modern seperti Kurnia Sari dan Bakpia Tugu.

Ketika pertama kali tiba di Tanah Jawa selama perjuangan kemerdekaan dari Cina, Bakpia adalah inkarnasi Tou Luk Pia. Yakni, roti lunak diisi dengan ayam atau babi.

Karena menyesuaikan dengan budaya di Tanah Jawa dengan komunitas Muslim mayoritas, Bakpia juga menggunakan kacang hijau sebagai isinya.

Adalah Kwik Sun Kwok, pengusaha makanan Cina asli yang pertama kali memperkenalkan Bakpia di Yogyakarta.

Karena laris, rekannya yang juga seorang pengusaha makanan, Liem Bok Sing juga bergabung dalam perdagangan bakpia yang telah berinovasi.

Nah, belajar dari kekurangan Kwik, bakpia khas Liem juga memiliki bentuk yang sering kita temui sekarang.

Saking larisnya, dia membuka toko bakpia pertama di Kampung Pathuk. Penduduk di daerah yang dipekerjakan oleh Liem juga membocorkan resep khas bakem Liem kepada penduduk setempat.

Hingga akhirnya desa ini dikenal luas di seluruh negeri. Nah, berbagai merek Bakpia mulai muncul pada tahun 1980.

Yang menarik, untuk membedakan Bakpia dari satu sama lain, pengusaha Bakpia memasukkan nomor rumah mereka di belakang kata Pathuk. Seperti Bakpia Pathuk 25, 75 hingga 88.

Setiap merek Bakpia juga memiliki karakteristik sendiri, seperti Bakpia Pathuk 25 yang memiliki slogan “Selalu Baru dan Hangat”. Maklum, toko bakpinya sendiri menjadi satu dengan pabrik manufaktur.

Sehingga produk yang Anda dapatkan terasa jauh lebih lembut dan hangat. Meskipun bakpia modern telah muncul, rasa bakpia Pathuk tetap utuh.

Tidak heran, ada banyak wisata yang tidak bosan mengunjungi daerah Pathuk untuk berburu bakpinya.

Rekomendasi Bakpia Jogja Paling Enak

Berikut ini adalah rekomendasi Bakpia Jogja paling enak yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh.

1. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari

Mulai sejak merintis pada tahun 1996 dengan dijual dalam kemasan kecil di toko-toko dan pasar. Sekitar tahun 2000 mulai dikenal oleh banyak orang dan dijadikan salah satu oleh-oleh khas Jogja.

Tidak sedikit orang mengatakan bahwa Bakpia adalah yang paling enak di antara yang lainnya. Tekstur Bakpia Kurnia Sari terasa lembut dengan cangkang luar yang lebih tipis sementara isinya berlimpah.

Setiap varian rasanya menggigit lidah mulai dari kacang hijau, rempah-rempah hitam, keju, hingga tiramisu, teh hijau, dan cokelat mete.

Ukurannya lebih besar, meski harganya memang sedikit lebih mahal. Tetapi itu setara dengan kualitas yang ditawarkan.

  • Nama: Bakpia Kurnia Sari
  • Alamat: Jalan Glagahsari No.91C, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta
  • Tel. : (0274) 380502

2. Bakpia Pathok 25

Merupakan salah satu produk bakpia tertua di Jogja. Kata ‘pathok’ berasal dari nama daerah di sebelah barat Malioboro. Sekarang daerah itu terkenal sebagai pusat pembuatan bakpia.

Sedangkan nomor 25 berasal dari nomor rumah pemilik bisnis. Jika Anda berkunjung ke sini wisatawan biasanya dapat melihat proses pembuatannya mulai dari mencampur adonan, mengisi, memanggang, hingga mengemas.

Tidak jarang pembeli mendapatkan produk yang masih hangat, alias segar dari oven. Ada berbagai macam rasa mulai dari kacang hijau, nanas, cokelat, keju, dan banyak lagi.

  • Nama: Bakpia Pathok 25
  • Alamat: Jl. AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504, Kadipaten, Kraton, Kota Yogyakarta
  • Tel. : (0274) 513904

3. Bakpia Kencana

Bakpia Kencana

Memproduksi bakpia basah atau kering dengan rasa seperti coklat, keju, renyah, ubi, kacang hijau, teh hijau dan rempah-rempah hitam.

Kulit khusus Bakpia Kencana dibuat tipis dan ketika digigit, tidak meninggalkan remah. Isinya melimpah dengan tekstur lembut terasa legit.

Mengusung konsep dapur terbuka sehingga di outletnya ada ruangan khusus tempat kita bisa menyaksikan para karyawan yang sedang memasak bakpia.

Terkadang para pelanggan memperoleh produk ini dalam keadaan masih hangat.

  • Nama: Bakpia Kencana
  • Alamat: Jl. H.O. Cokroaminoto No.16, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta
  • Tel. : (0274) 2117003

4. Bakpia Djava

Bakpia Djava

Pada awal kehadiranya, Bakpia Djava dianggap sebagai inovasi terbaru karena tidak memakai angka dibagian namanya. Membuat bakpia langsung di toko.

Bahkan di outlet di daerah Laksda Adisucipto proses pembuatannya tepat di depan pintu masuk, sehingga pembeli dapat segera melihat dan bahkan mencoba proses pembuatannya sendiri.

Menmpunyai tagline “Resep Tradisional Tempo Doeloe” pada produk ini namun tetap mempertahankan resep asli selama beberapa generasi tanpa memakai pemanis buatan dan pengawet.

  • Nama: Bakpia Djava
  • Alamat: Jl. Laksda Adisucipto KM 8.5, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman.
  • Tel. : (0274) 488761

5. Bakpia Merlino

Mulai dari toko roti yang kemudian menghasilkan bakpia. Relatif baru sejak awal 2000. Bentuknya agak mini dengan kulit lebih tipis. Beberapa rasa favorit pengunjung adalah cappuccino dan teh hijau yang sudah ada.

Selain itu ada juga ubi ungu, kacang hijau, coklat, susu, keju, rempah-rempah hitam, hingga durian yang aromanya menggoda.

  • Nama: Bakpia Merlino
  • Alamat: Jl. R. E. Martadinata Blok B No.24, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta
  • Tel. : (0274) 588036

6. Bakpia Citra Premium

Sesuai namanya, produk ini memberikan Bakpia yang mempunyai bentuk dan kemasan premium. Muncul sejak sekitar 5 tahun lalu tepatnya pada tahun 2012.

Kulitnya yang lezat dibuat berlapis-lapis dengan tekstur yang lembut dan renyah. Selain kacang hijau, ada juga pilihan rasa lain seperti coklat, susu, keju, durian, hingga ungu telo.

Jika Anda tidak berada di Jogja, Bakpia Citra Premium juga melayani pemesanan online.

  • Nama: Bakpia Citra Premium
  • Alamat: Jl. Pandean 2 Gg. Legi no. 20, Gejayan, Condongcatur
  • Tel. : 0818 026 026 20

7. Bakpia Soemadigdo

Mengusung slogan “Pilih roso pilih Soemadigdo”, bakpia ini mengutamakan kualitas dan rasa dengan karakteristik yang berbeda dari yang lain. Rasanya enak dengan kulit renyah tipis dan isi tebal dan lembut.

Harga yang dibanderol cukup murah dan ramah di kantong. Lokasinya cukup strategis dan ramai, yaitu di dekat Purawisata.

  • Nama: Bakpia Soemadigdo
  • Alamat: Jl. Ireda No.11, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta
  • Tel. : (0274) 9262609

8. Bakpia Pathuk 75

Salah satunya bakpia legendaris dengan menyematkan nomor rumah sebagai nama.

Menurut berita yang beredar, produk ini adalah yang tertua dan merupakan pelopor dalam pengembangan bisnis souvenir khas di Jogja. Dipelopori oleh pemiliknya dengan menjualnya dari rumah ke rumah.

Beberapa varian seperti kacang hijau, keju, cokelat, durian, dan nanas tersedia di sini. Dari dulu hingga sekarang Bakpia Pathuk 75 telah berhasil mempertahankan rasanya.

  • Nama: Bakpia Pathuk 75
  • Alamat: Jalan H.O.S. Cokroaminoto No.119, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
  • Tel. : (0274) 619467

9. Bakpiapia

Salah satu produk kontemporer dengan berbagai inovasi. Mengusung slogan “Bakpia bukan asli, tetapi di luar Bakpia asli” menunjukkan bahwa ada orang-orang kreatif yang bekerja di belakangnya.

Ada berbagai jenis bakpia yang dijual di sini, yaitu single seperti coklat, keju, dan kacang hijau yang terbuat dari bahan premium.

Selain itu, ada bakpiapia mulatto yang merupakan pembeli favorit dengan topping dan 3 lapis rasa, termasuk Keju Blueberry, Keju Brokoli, Durian, Tuna Pedas, Peda Ijo, dan banyak lagi.

  • Nama: Bakpiapia
  • Alamat: Jl. Dagen No. 9 Malioboro, Yogyakarta
  • Tel. : 08112811257

10. Bakpiaku

Yang terakhir adalah Bakpiaku yang juga digolongkan sebagai pendatang baru sebagai oleh-oleh dari Jogja.

Tampil sekitar Juni 2012 lalu, produk ini menawarkan bakpia berkualitas tinggi yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Disajikan segar atau segar.

Beragam pilihan rasa yang menarik seperti teh hijau, cappuccino, keju, cokelat, dan banyak lagi.

  • Nama: Bakpiaku
  • Alamat: Jalan Gajah Mada No.60 (Hotel Sebrang Jambu Luwuk) Jogjakarta
  • Tel. : 0274 – 552739

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang rekomendasi bakpia paling enak yang ada di Jogja. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib membeli bakpia sebagai oleh-oleh untuk orang tercinta.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda berada.