Wisata Taman Tebing Breksi

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Taman Tebing Breksi yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu tempat yang tak kalah hits di Yogyakarta adalah Taman Tebing Breksi. Peresmian objek wisata yang sedang dipukul diadakan tepat pada tanggal 30 Mei 2015.

Namun belum lama ini, Breksi Tebing Pramabanan langsung hits dan terkenal. Awalnya, lokasi ini sendiri adalah bekas lokasi penambangan.

Dari penelitian yang ada, tebing breksi adalah endapan abu vulkanik dari gunung api purba Nglanggeran Gunung Kidul.

Tempat ini adalah situs penambangan yang merupakan sumber pendapatan bagi penduduk setempat.

Namun, kini sudah menjadi objek wisata dan cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Meskipun merupakan bekas penambangan breksi, salah satu tempat wisata di Jogja telah disulap menjadi lokasi wisata yang sangat baik.

Terutama karena ada berbagai ukiran di setiap dinding tebing yang diukir oleh seniman patung dari seluruh Jogja dan sekitarnya.

Jika Anda berada di puncak Tebing Breksi Sleman, ada banyak pemandangan lain yang bisa dilihat.

Pemandangan yang bisa dilihat antara lain yaitu Kota Yogyakarta, Pura Barong, Candi Prambanan, Gunung Merapi dan Candi Sojiwan.

Tempat ini telah diresmikan sebagai salah satu prasasti yang merupakan salah satu situs cagar budaya di kota Yogyakarta.

Biasanya para wisatawan meluangkan waktu untuk mampir di sini karena lokasinya dekat dengan Kuil Ijo.

Apa Itu Taman Tebing Breksi?

Wisata Taman Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah tempat wisata di Kabupaten Sleman. Lokasinya berada di sebelah candi Prambanan dan dekat dengan Kuil Ijo dan Kompleks Istana Boko.

Tempat Wisata Tebing Breksi berada pada Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman, Prambanan, DIY Yogyakarta 55572.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Perawan Sidoharjo

Lokasi dan Rute Tebing Breksi

Fasilitas Taman Tebing Breksi

Tebing Yogya Breksi terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus menuju ke arah ke Candi Prambanan dahulu, selanjutnya setelah tiba di pertigaan pasar Prambanan, Anda dapat langsung berbelok ke kanan untuk mengambil arah yang menuju ke Piyungan.

Jarak dari pasar Prambanan ke Tebing Breksi hanya sekitar 3 km. Setelah itu.

Anda harus mengikuti arah yang mengarah ke Kuil Ijo terlebih dahulu sampai Anda menemukan pertigaan yang ada sebelum Sekolah Dasar Negeri Sambirejo, maka di pertigaan ini Anda harus belok kiri.

Terus saja berjalan sekitar 1 km dan melintasi jalan yang tidak mulus, maka Anda akan tiba di lokasi wisata ini.

Jika Anda takut tersesat, Anda harus bertanya kepada orang-orang di sekitar atau Anda dapat menggunakan layanan paket wisata Jogja untuk menemani perjalanan Anda.

Akan lebih baik jika Anda mengajak teman dan keluarga untuk menikmati keindahan tempat ini.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Luweng Sampang

Fasilitas Taman Tebing Breksi

Lokasi dan Rute Tebing Breksi

Pemandangan dari ketinggian Tebing Breksi tentu sangat indah. Karena panorama dan keindahan yang dapat disaksikan langsung dari atas tebing, beberapa pemandangan alam begitu indah dan gagah dari mahakarya pencipta.

Wisatawan juga dapat menikmati tempat wisata ini dengan berfoto selfie dan menikmati pemandangan Yogyakarta dari ketinggian tebing. Karena di Tebing Breksi sendiri ada banyak tempat foto instagramable.

Di lokasi ini hanya ada tempat parkir, toilet, lokasi offroad, dan pengaturan acara. Jam beropasi lokasi wisata tebing breksi dibuka pada pukul 05.00-18.00 WIB.

Namun pengelola tempat ini terus melakukan penyempurnaan demi kenyamanan pengunjung.

Anda dapat menikmati matahari terbit jika Anda datang di pagi hari ke tempat ini, jadi bahkan jika Anda datang di sore hari Anda dapat menikmati matahari terbenam.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Bendo

Saran Tambahan

Seperti mengunjungi candi Ratu Boko, kunjungan harus diadakan di pagi atau sore hari. Jika sangat panas di siang hari, karena di tempat terbuka.

Tetapi jika Anda masih ingin berkunjung di siang hari, Anda bisa membawa payung atau menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Karena tidak ada pohon yang bisa ditutup.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Untuk tiket masuk ke situs wisata ini, Anda tidak perlu membayar biaya atau gratis.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar parkir motor sebesar Rp. 2000.- dan mobil seharga Rp. 5000, -.

Tak heran objek wisata dengan pemandangan super indah sangat cocok untuk wisatawan dengan anggaran terbatas. Itu murah, tapi kita bisa mendapatkan pandangan yang sangat berharga.

Namun, fasilitas di lokasi wisata ini masih sangat sederhana dan tidak memadai karena masih dalam tahap pengembangan.

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Taman Tebing Breksi Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Taman Tebing Breksi Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.