Wisata Air Terjun Perawan Sidoharjo

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Air Terjun Perawan Sidoharjo yang ada di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta tidak cuma terkenal akan wisata kuliner, budaya dan pantai, tetapi juga mempunyai air terjun yang indah dan unik. Salah satu kabupaten yang belum pernah kehabisan potensi wisata alam baru adalah Kabupaten Kulonprogo.

Di daerah Kulon Progo ada banyak tujuan wisata yang sangat indah dan harus dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah Air Terjun Perawan Sidoharjo.

Menurut masyarakat sekitar, nama dari Air Terjun Perawan Sidoharjo dipakai karena seseorang yang pertama kali mengunjungi air terjun ini adalah seorang gadis yang berasal dari Sidoharjo.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa nama itu diberikan karena air terjun ini belum disentuh oleh orang atau wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, sehingga air terjun ini masih alami.

Air terjun ini masih sangat alami dan jernih sehingga sangat cocok bagi pengunjung untuk bersantai, dan juga bisa digunakan untuk mandi.

Di bagian bawah air terjun ini ada beberapa tanaman yang hidup sehingga menambah keindahan di dalam air.

Panorama alam yang disajikan juga akan menyegarkan mata, karena hamparan hutan pegunungan yang khas dipadukan dengan udara dingin akan melepaskan kepenatan yang ada di pikiran.

Selain itu, karena lokasi air terjun ini masih alami, ia masih membuat banyak hewan dan menjadi ekosistem kera ekor panjang.

Beberapa monyet ekor panjang sering bermain di sekitar tebing. Di bagian bawah air terjun ada kolam yang digunakan untuk bermain dan merendam tubuh dalam kesegaran air.

Di sebelah kolam terdapat banyak rumput hijau, rimbun dengan selingan dari beberapa jenis bunga yang sangat indah.

Di air terjun ini tidak banyak ditemukan batu, sehingga pengunjung dapat leluasa melihat pemandangan alam.

Jika para pengunjung tidak puas dengan menatap keindahan alamnya, pengunjung dapat berpetualang langsung di tebing di air terjun dengan bermain panjat tebing, refling.

Meluncur (flying fox) dan tentu saja wisatawan harus membawa alat-alat sendiri. Wisatawan juga bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah.

Apa Itu Air Terjun Perawan Sidoharjo?

Wisata Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Perawan Sidoharjo adalah air terjun yang terletak di wilayah pegunungan Menoreh di Kulon Progo. Nama lain untuk air terjun ini adalah Air Terjun Virgin.

Dengan menyandang predikat sebagai air terjun tertinggi di Yogyakarta, air terjun Sidoharjo kini menjadi tujuan wisata di Kulon Progo.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Pedut

Lokasi Air Terjun Perawan Sidoharjo

Lokasi Air Terjun Perawan Sidoharjo

Lokasi Air Terjun Perawan Sidoharjo sangat mudah dijangkau karena jalan atau aksesibilitas ke dan dari Air Terjun Perawan Sidoharjo sudah layak dan bagus.

Sesampainya di tempat parkir, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan sekitar 500 m lebih jauh dengan berjalan di sepanjang pepohonan yang rimbun dan jalan setapak.

Namun, lokasi Air Terjun Perawan Sidoharjo cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat Virgin Water of Sidoharjo tepatnya di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Air Terjun Perawan Sidoharjo

Rute Menuju Air Terjun Perawan Sidoharjo

Rute menuju Air Terjun Perawan Sidoharjo cukup mudah dijangkau. Jika Anda dari pusat kota Yogyakarta, pergilah ke barat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, kemudian terus lurus melalui Jalan Wates.

Sampai perempatan ke utara ke Jalan Ringroaad Barat, terus lurus sampai pada perempatan ke barat ke Jalan Godean, sampai di perempatan utara ke Jalan Gedongan – Tempel.

Jalan terus sampai Pertigaan ke barat melewati Jalan Tanah 3, sampai pertigaan ke utara lalu ke barat.

Terus lurus sampai pertigaan ke selatan ke Jalan Kebon Agung kemudian di pertigaan ke barat ke Jalan Raya Banjararum, lalu mencapai persimpangan berbelok ke utara menuju Jalan Nanggulan Mendut.

Mencapai pertigaan ke barat ke Jalan Kepiton, kemudian terus lurus untuk tetap di Jalan Kepiton, sampai pertigaan ke barat ke Jalan Samigaluh Boro, terus sepanjang jalan yang ada sampai Anda akan tiba di Air Terjun Perawan Sidoharjo.

Jarak dari Kota Yogyakarta ke Air Terjun Perawan Sidoharjo adalah sekitar 30,9 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Yogyakarta ke Air Terjun Perawan Sidoharjo adalah sekitar 1 jam.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Seribu Batu

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Air Terjun Virgin Sidoharjo masih minim, sehingga pengunjung harus menyediakan apa yang ingin mereka bawa, serta persediaan yang akan dimakan saat berada di sana.

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Perawan Sidoharjo

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Perawan Sidoharjo

Untuk memasuki kawasan wisata Air Terjun, pengunjung tidak dikenakan biaya atau gratis.

Sedangkan untuk parkir di Air Terjun Perawan Sidoharjo pengunjung dikenakan tarif Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Randusari

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Air Terjun Perawan Sidoharjo. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Air Terjun Perawan Sidoharjo Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read