Wisata Pantai Kesirat

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Kesirat yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apakah anda pernah mendengar nama Pantai Kesirat? Pantai yang berada di Yogyakarta ini memang cukup unik.

Kota Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan sejarah dan budayanya tetapi kota ini juga memiliki pemandangan alam yang tidak kalah jauh lebih indah dari tempat wisata lainnya.

Secara umum, pantai identik dengan pasir, tetapi pantai memiliki keunikan tersendiri yang akan Anda temukan di sini.

Pantai tidak memiliki pasir tetapi Anda akan menemukan tebing-tebing yang memiliki struktur yang indah maka Anda dapat menikmati pantai di atasnya, tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati matahari terbenam.

Pantai ini memiliki spot foto yang sangat instagramable, cocok untuk Anda yang suka berfoto.

Keunikan lain yang menjadi ciri khas wisata Pantai Kesirat adalah kehadiran pohon yang tampak berdiri kokoh yang menjadi ikon tempat wisata ini.

Banyak turis yang menggunakan pohon ini sebagai latar belakang untuk foto mereka.

Salah satu cara yang tepat untuk menikmati atraksi ini adalah dengan duduk dan melihat betapa tenang, tenang dan damainya tempat ini.

Daerah ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menumpahkan beban pekerjaan yang terlihat menyiksa. Tapi jangan salah, hanya tebing saja. Namun, ada banyak pesona yang bisa kita nikmati di sini.

Tidak penasaran, apa yang dimiliki oleh pantai Kesirat? Lihatlah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di bawah ini.

  • Cari foto

Meski hanya dengan tebing yang menjulang. Banyak sekali spot yang sangat mengesankan yang biasanya digunakan sebagai area foto spot.

Hampir setiap sudut yang ada di tempat ini juga perlu diakui memang mengesankan. Banyak fotografer komunitas yang datang, satu demi satu beralih ke pantai.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan area ini sebagai area prewedding favorit bagi pengunjung. Banyak turis sering menggunakannya untuk ini. Jadi, jangan sampai Anda melewatkannya.

  • Berkemah

Aktivitas lain yang bisa kita lakukan di lokasi wisata Pantai Kesirat adalah berkemah. Di mana, ada tempat yang cukup besar untuk mendirikan tenda. Buat api unggiun sampai Anda menunggu pagi.

  • Memancing

Pantai Kesirat memang yang paling memesona bagi Anda yang hobi kegiatan memancing. Menunggu dan menikmati keindahan alam yang dihadirkan di depan mata menjadikan siapa pun pasti akan menyukainya.

Di sini, kita bisa menikmati tempat yang disebut pancing. Di mana, kita bisa memancing dari atas ketinggian. Jika dilihat ketinggian tebing ini sekitar 15 meter hingga 30 meter.

Rasakan sensasi memancing yang berbeda langsung di laut lepas. Agak sulit karena, angin bertiup cukup kencang. Ikan di sini sebenarnya cukup ramah.

Tidak butuh waktu lama, kami bisa mendapatkan ikan yang cukup besar. Hanya saja semangat juang mereka cukup tinggi. Jadi, untuk mendapatkannya Anda tetap harus berjuang lebih banyak.

  • Perburuan kuliner

Salah satu cara untuk menikmati objek wisata ini adalah dengan mengunjungi salah satu warung kuliner yang tersedia di tempat ini.

Ada banyak hidangan ikan yang masih segar dan dengan berbagai menu olahan yang lezat. Ada yang digoreng, dipanggang, saus asam manis, rica-rica dan banyak olahan lainnya.

Dari segi harga kita akan mendapatkannya dengan harga yang tidak terlalu mahal dan sangat bersahabat untuk kantong backpacker. Ada ikan kerapu, cumi-cumi, udang, kepiting yang bisa dipilih sendiri.

Dari segi rasa, tidak perlu bertanya lagi. kesenangan meminta belas kasihan dan membuatmu ingin mati begitu lezat. Saus cabai ini memang juara selain itu, rasanya yang manis dan asam sangat terasa.

Ciri khasnya adalah bumbu yang akan meresap ke dalam tulang.

Lokasi Pantai Kesirat

Wisata Pantai Kesirat

Lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Terletak di Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872.

Jaraknya sekitar 42,9 kilometer dan waktu sekitar 1 jam 21 menit.

Baca Juga: Wisata Pantai Sundak

Rute ke Pantai Kesirat

Rute ke Pantai Kesirat

Rute menuju pantai mudah untuk dilewati. Dari pusat kota Yogyakarta Anda berkendara dari Jl. Imogiri Barat, Jl. Imogiri Siluk, Jl. Siluk Panggang, dan Jl. Panggang Utama / Jl. Raya Panggang Wonosari ke Legundi.

Kemudian ambil arah timur di Jl. Panembahan Senopati menuju Jl. Secodiningratan. Belok kanan ke Jl. Brigadir Katamso. Jl. Brigadir Katamso belok kiri dan menjadi Jl. Brigadir Jenderal Katamso.

Belok kiri ke Jl. Kolonel Sugiyono. Belok kanan ke Jl. Sisingamangaraja Lewati Indomaret Sisingamangaraja (di kanan). Terus ke Jl. Imogiri Barat Lewati Indomaret Karangkajen (di kiri).

Belok kiri ke Jl. Bakulan Imogiri. Belok kanan ke Jl. Imogiri Siluk. Terus ke Jl. Siluk bakar. Jl. Siluk Bake belok sedikit ke kiri dan menjadi Jl. Dipanggang. Belok kiri ke Jl. Panggang Utama / Jl. Raya Panggang Wonosari.

Belok kanan, Kemudian Anda pergi ke tujuan Anda di Girikarto. Lalu belok kiri. Lalu belok kanan. Terus lurus. Tetap benar. Belok kanan. Tetap benar. Anda akan tiba di tempat tujuan.

Baca Juga: Wisata Pantai Ngrumput

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di pantai kesirat belum memadai karena mengingat pantai kesirat ini merupakan pantai yang tersembunyi di Yogyakarta sehingga fasilitasnya masih minim tetapi ada beberapa warung makan yang tersedia di sana.

Daya Tarik Pantai Kesirat

Daya Tarik Pantai Kesirat

Wisata Pantai Kesirat di Panggang Gunung Kidul Yogyakarta memang terdengar agak aneh bagi sebagian orang tetapi kedengarannya normal bagi penggemar hobi memancing di laut.

Pantai Kesirat adalah salah satu area favorit yang digunakan oleh para penghobi memancing. Menjelang sore banyak pemancing datang ke pantai ini dan bermalam sampai pagi.

Setelah melewati daerah perumahan, perjalanan ke Pantai Kesirat melalui jalan setapak. Pantai Kesirat, yang memiliki semua area berupa tebing yang sulit turun ke dasar tebing karena terlalu curam dan berbahaya.

Di ujung tebing ada pohon yang cukup besar yang mirip dengan kondisi Pantai Pok Tunggal. Pohon itu adalah landmark atau daya tarik utama Pantai Kesirat.

Pohon besar cukup nyaman untuk digunakan sebagai tempat berlindung dari panasnya sinar matahari.

Dalam sekelompok pohon pandan laut di sekitar tebing Pantai Kesirat ada jejak pembakaran oleh sekelompok orang yang diduga memancing di daerah ini. Jejak sisa pembakaran ditemukan di sekitar Pantai Kesirat.

Tempat-tempat ini biasanya merupakan tempat yang cocok untuk memancing. Pantai Kesirat juga digunakan untuk menyebarkan jaring oleh nelayan setempat untuk menemukan udang dan lobster di sore hari.

Baca Juga: Wisata Pantai Slili

Harga Tiket dan Parkir Pantai Kesirat

Harga Tiket dan Parkir Pantai Kesirat

Harga tiket masuk ke pantai sangat bersahabat karena Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000, – saja dan untuk memarkir sepeda motor Anda hanya perlu membayar Rp. 2.000, sedangkan untuk mobil adalah Rp. 5.000.

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Kesirat. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogja anda wajib memasukan Pantai Kesirat Kedalam daftar kunjungan anda.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read