Wisata Air Terjun Sri Gethuk

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Air Terjun Sri Gethuk yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Banyak yang tidak menyangka bahwa Yogyakarta memiliki beragam tujuan wisata tersembunyi tetapi masih memiliki keindahan yang tidak kalah dengan destinasi wisata populer lainnya di Yogyakarta.

Salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air Terjun Sri Gethuk unik dan berbeda dari air terjun lainnya di Yogyakarta. Air Terjun ini berada di tebing di samping sebuah sungai.

Maka dari itu jika Anda mau berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk, kalian harus menyusuri air sungai dengan jarak sekitar 700 meter.

Anda tidak perlu risau, kalian akan diberikan semacam perahu yang terbuat dari daya tarik dari manajer.

Dengan menggunakan perahu ini Anda akan dibawa menyusuri sungai yang eksotis dengan pemandangan yang luar biasa.

Jaraknya sekitar 700 meter ke air terjun, durasi naik perahu Anda sekitar 10 hingga 15 menit.

Tetapi jika Anda adalah seseorang dengan semangat petualangan yang tinggi, Anda dapat memilih jalur naik dan turun bukit untuk mencapai air terjun ini.

Pemandangan dari jalur ini tidak kalah menarik, tetapi Anda hanya membutuhkan energi dan waktu ekstra untuk pulang pergi dari Air Terjun Sri Gethuk.

Banyak yang bertanya mengapa air terjun ini disebut Air Terjun Sri Gethuk, mungkinkan ini terkait dengan Gethuk yang menjadi makanan khas yang berasal dari Gunungkidul dan terbuat dari singkong atau singkong?

Ternyata tidak, sejarah Air Terjun Sri Gethuk sendiri berasal dari legenda di Desa Bleberan, desa tempat Air Terjun Sri Gethuk berada.

Menurut cerita yang diungkapkan oleh masyarakat lokal, air terjun ini ialah tempat perkumpulan jin. Tempat ini dipimpin oleh Anggo Menduro yang merupakan seorang jin.

Di Air Terjun Sri Gethuk, Anggo Menduro berstatus sebagai pemimpin pasukan Jin di sekitar lokasi air terjun.

Jin Anggo Menduro dikatakan sangat menyukai kesenian Jawa seperti karawitan dan Jathilan sehingga jin menyukai instrumen gamelan.

Menurut warga di sekitar sana dulu sangat sering terdengar suara gamelan di sekitar Air Terjun Sri Gethuk, terutama sebelum matahari terbenam atau sore hari.

Dari bunyi gamelan, masyarakat sekitar diwakili dengan bunyi “thuk” “thuk” “thuk” dari nama ini nama Air Terjun Sri Gethuk berasal.

Ada keunikan atau keanehan ketika suara gamelan terdengar di Air Terjun Sri Gethuk, yaitu jika seseorang datang ke arah suara, suara gamelan akan hilang.

Tapi tenang saja, suara ini belum tentu muncul ketika Anda datang, konon hanya orang-orang tertentu yang bisa mendengar suara saat berada di Air Terjun Sri Gethuk.

Apa Itu Air Terjun Sri Gethuk?

Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo sehingga untuk menikmatinya Anda harus menyusuri sungai dengan rakit.

Baca Juga: Wisata Pantai Pok Tunggal

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk terletak cukup jauh dari pusat Kota Jogja, tepatnya di sebelah timur Kota Jogja, yang terletak di Kabupaten Gunungkidul.

Untuk kondisi jalan atau aksesibilitas ke Air Terjun Sri Gethuk sudah baik. Alamat Air Terjun Sri Gethuk adalah di Desa Bleberab, Distrik Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cara Mengakses Air Terjun Sri Gethuk

Cara Mengakses Air Terjun Sri Gethuk

Ada 2 cara untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk. Dua metode yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Jalur Akses Pertama
    Cara pertama adalah melewati jalan setapak yang lengkap dengan sawah dan juga ombak kelapa. Jalur ini sangat pas jika Anda suka bepergian sambil menikmati pemandangan
  • Akses Kedua Melalui Sungai
    Pilihan kedua untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk cukup mengesankan tetapi menyenangkan, Anda akan melewati Sungai Oya menggunakan rakit sederhana dari drum bekas dan papan yang berjalan lambat. Jangan khawatir, cukup aman untuk dipandu oleh seorang tukang perahu berpengalaman

Rute ke Air Terjun Sri Gethuk

Apa Itu Air Terjun Sri Gethuk

Rute menuju Air Terjun Sri Gethuk jika dari arah kota Yogyakarta Anda harus menuju jalan Wonosari, ikuti jalan ke timur dan terus sampai Anda mencapai daerah Pathuk Gunung Kidul.

Setiba di Pathuk terus ikuti jalan sampai anda melihat pertigaan Gading, lalu belok kanan ke area Playen sampai anda mencapai distrik Palihan.

Sesampainya di Palihan, Anda akan menemukan pertigaan dan kemudian mengambil arah kanan di pertigaan ini. Anda akan menemukan plang ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk.

Anda cukup mengikuti arah dan tiba di Air Terjun Sri Gethuk. Jarak dari Kota Jogja ke Air Terjun Sri Gethuk adalah sekitar 32,2 KM dan waktu perjalanan normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke Air Terjun Sri Gethuk adalah sekitar 1 jam 35 menit.

Baca Juga: Wisata Pantai Pandansari

Fasilitas

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk sekarang cukup lengkap bagi wisatawan yang ingin mendatangi Air Terjun Sri Gethuk, termasuk:

  • Warung makanan
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Tur perahu

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Sri Gethuk

Harga tiket masuk ke Air Terjun Sri Gethuk sangat terjangkau. Untuk dapat memasuki area Air Terjun Sri Gethuk Anda saat ini dikenakan biaya sebesar Rp13.000 per orang dan Rp10.000 untuk tiket naik perahu.

Sedangkan harga parkir untuk Air Terjun Sri Gethuk untuk sepeda motor adalah Rp. 2.000 dan mobil adalah Rp. 5.000.

Baca Juga: Wisata Pantai Glagah

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Air Terjun Sri Gethuk Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.