Wisata Air Terjun Kedung Kandang

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Air Terjun Kedung Kandang yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta adalah daerah yang diberkahi dengan pemandangan yang sangat indah dan beragam, mulai dari gunung, bukit, tebing, sungai hingga pantai semua di Jogja.

Tidak heran Jogja saat ini menduduki peringkat pertama sebagai tujuan wisata domestik nomor 1 di Indonesia.

Masih banyak tempat wisata tersembunyi yang menyimpan keindahan luar biasa, bahkan tidak menyangka tempat seperti itu ada di Yogyakarta.

Salah satu tempat ini disebut Air Terjun Kedung Kandang, salah satu air terjun terbaik di Jogja menurut kami, banyak yang mengatakan bahwa air terjun ini seperti di Ubud pulau Bali.

Air Terjun Kedung Kandang mempunyai pemandangan yang indah. Air Terjun Kedung Kandang cukup berbeda dengan wisata air terjun lainnya pada umumnya.

Air terjun ini terletak di gugusan tebing batu dan sawah atau bentuk teras seperti yang ada pada Ubud pulau Bali. Karena itu Air Terjun Kedung Kandang mempunyai daya tariknya sendiri bagi sebagian wisatawan.

Tapi untuk menuju ke lokasi ini anda harus berjalan kaki dahulu selama kurang lebih sekitar 900 meter dengan rute yang naik turun jalan bukit.

Namun Anda tidak perlu khawatir merasa bosan selama perjalanan karena Anda akan disuguhi pemandangan sawah dan pepohonan dengan suara air dan suara burung yang akan menemani perjalanan Anda ke Air Terjun Kedung Kandang.

Kondisi jalur pendakian ke Air Terjun Kedung Kandang masih didominasi daratan yang jika musim hujan sangat licin maka Anda perlu berhati-hati.

Juga selama perjalanan trekking kadang-kadang Anda akan menemukan petani atau masyarakat sekitar yang aktif di ladang.

Jangan ragu untuk hanya menyapa atau mengajukan pertanyaan jika Anda memiliki sesuatu untuk ditanyakan, orang-orang di sekitar Anda akan dengan senang hati menjawab dengan ramah.

Hal yang harus diperhatikan saat ingin mendatangi Air Terjun Kedung Kandang ialah memastikan alas kaki Anda cocok untuk trekking dengan medan naik turun bukit dengan permukaan tanah kering dan basah serta bebatuan yang cukup curam.

Air Terjun Kedung Kandang adalah tempat yang paling cocok untuk Anda kunjungi selama musim hujan antara Oktober dan Maret karena jika Anda mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang selama musim kemarau.

Dapat dipastikan bahwa debit air terjun akan kecil dan kadang-kadang tidak ada air sama sekali.

Selain itu, jika Anda beruntung, Anda akan menemukan tanaman padi yang sedang hijau, yang akan menambah keindahan Air Terjun Kedung Kandang yang memiliki 6 level air.

Karena letaknya yang jauh dari tempat parkir dan tidak ada warung di sekitar air terjun, Anda harus membawa air minum dan jika perlu camilan untuk menyumbat perut.

Apa Itu Air Terjun Kedung Kandang?

Rute ke Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang adalah air terjun di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

Apa yang berbeda dari air terjun ini adalah lokasinya di sawah bertingkat atau sengkedan. Air terjun ini ditumpuk atau bertingkat dengan komposisi batuan vulkanik dan terjadi secara alami.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Tlogo Muncar

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang berada di kawasan Gunung Api Purba yang berarti dekat dengan tujuan wisata lainnya.

Alamat Air Terjun Kedung Kandang tepatnya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Air Terjun Kedung Kandang

Rute ke Air Terjun Kedung Kandang

Dengan lokasinya di Gunungkidul, jalan menuju Air Terjun Kedung Kandang cukup bagus, tetapi ada jalan yang masih 100 meter dari lahan sebelum parkir.

Perjalanan akan mulai menanjak ketika Anda melewati pertigaan Piyungan menuju Distrik Patuk.

Rute menuju Air Terjun Kedung Kandang dapat ditempuh dari arah kota Yogyakarta, Anda harus melakukan perjalanan ke Jalan Jogja-Wonosari sampai persimpangan Piyungan terus lurus menuju Kabupaten Patuk.

Sesampainya di persimpangan Patuk Koramil atau persimpangan Pusat Informasi Pariwisata Patuk Anda belok kiri lalu ikuti jalan sampai Anda menemukan jembatan lalu belok kanan.

Jarak dari Kota Jogja ke Air Terjun Kedung Kandang adalah sekitar 25 KM dan waktu tempuh normal untuk kendaraan bermotor dari Kota Jogja ke Air Terjun Kedung Kandang adalah sekitar 55 menit.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Kedung Bendo

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Air Terjun Kedung Kandang dapat dikatakan sudah baik tetapi tetap harus ditingkatkan untuk lebih memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung, termasuk:

Air Terjun Kedung Kandang

  • Tempat Foto
  • Gazebo

Fasilitas Tambahan

  • Toilet
  • Parkir

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Kedung Kandang

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Kedung Kandang

Harga tiket masuk ke Air Terjun Kedung Kandang masih terjangkau dengan harga Rp. 8.000.

Sedangkan untuk harga parkir Air Terjun Kedung Kandang Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Grojogan Pucung

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Air Terjun Kedung Kandang. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Air Terjun Kedung Kandang Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read