Wisata Air Terjun Kedung Pedut

2 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Air Terjun Kedung Pedut yang ada di Kabupaten Sleman daerah istimewa Jogjakarta.

Air Terjun Kedung Pedut adalah salah satu objek wisata alam di daerah Yogyakarta, lebih tepatnya pada Kulon Progo.

Akses jalan menuju Air Terjun Kedung Pedut bukanlah hal yang mudah, wisatawan harus mendaki gunung melalui jalan setapak di atas bukit Menoreh.

tetapi selama mendaki gunung melalui jalan setapak di atas bukit, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah dan indah khas Kulon Progo.

Seperti sawah hijau yang indah dengan metode penanaman terasering, kemudian naik ke gunung akan melihat tinggi tebing-tebing berlumut berlumuran dipenuhi dengan pohon-pohon di salah satu sisinya.

Dan jurang yang sangat dalam di sisi lainnya. Selama perjalanan ke Air Terjun Kedung Pedut wisatawan akan melewati beberapa tempat wisata alam lainnya seperti Gunung Lanang, lalu Gua Kiskendo, dan Gua Templawan.

Air Terjun Kedung Pedut dikenal karena keindahan pesona alamnya yang atraktif dengan warna airnya. Warna air di Air Terjun Kedung Pedut terdiri dari dua warna yaitu putih jernih dan hijau tosca.

Warna putih jernih karena ada aliran air yang deras dari air terjun di sebelah kedung ini, sedangkan warna hijau tosca terbentuk karena hasil pantulan batu di dasar sungai yang terpancar dari matahari.

Kedung Pedut sebenarnya masih termasuk satu aliran dengan objek wisata alam lainnya, seperti wisata alam Air Terjun Kembang Soka yang memiliki air terjun bertingkat dan mata air berlumpur atau berlumpur.

Mata air lumpur ini telah menjadi sumber alami bagi air terjun bunga Soka dan Kedung Pedut.

Selain warna air yang indah, fitur unik lain dari Air Terjun Kedung Pedut adalah adanya kolam renang alami.

Kolam ini adalah Kedung, atau bisa dibilang baskom yang cukup dalam di sekitar dada hingga leher orang dewasa.

Kedung digunakan sebagai tempat bermain air, sedangkan di sekitar air terjun tidak digunakan untuk bermain air dan hanya untuk menikmatinya. Di sekitar dinding tebing bambu menempel dengan sangat erat.

Bambu dibuat untuk tempat duduk agar pengunjung dapat menikmati cantiknya kolam alami, dan dapat beristirahat sehabis bermain di kolam yang alami ini.

Di Air Terjun Kedung Pedut ada beberapa kios yang berbeda, yaitu Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok, dan Kedung Anyes.

Masing-masing kios ini memiliki kedalaman yang berbeda sekitar 2 hingga 5 meter.

Selain kedung, ada juga beberapa tempat peristirahatan bagi wisatawan yang terbuat dari bambu, yang menambah kesan alami tempat ini.

Apa Itu Air Terjun Kedung Pedut?

Wisata Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut atau yang biasa dipanggil Curug Kedung Pedut yang berasal dari sebutan Jawa.

air terjun atau curug, kedung atau yang berarti kolam atau kolam, dan pedut berarti kabut. Air Terjun Kedung Pedut adalah salah satu objek wisata alam di Kulonprogo yang terkenal dengan keindahan warna airnya.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Seribu Batu

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut terletak di sebelah timur kota Yogyakarta atau di Kabupaten Kulon Progo. Lokasi air terjun ini sangat mudah dijangkau, tetapi cukup jauh dari pusat kota Jogja.

Lebih tepatnya berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kulon Progo, Jogjakarta.

Rute ke Air Terjun Kedung Pedut

Rute ke Air Terjun Kedung Pedut

Rute menuju wisata alam Air Terjun Kedung Pedut sudah cukup mudah dijangkau.

Jika Anda dari pusat Kota Jogjakarta ke selatan melewati Jl Mayor Suryotomo hingga persimpangan ke barat melewati Jalan Panembahan Senopati.

Maka terus melalui Jl Ahmad Ahmad Dahlan lurus terus dan terus melalui Jl r.e. martadinata, lalu melewati Jl wates sampai persimpangan ke utara melewati jl siliwangi ke persimpangan ke barat.

Lalu melewati jl godean jalan terus melewati ps kenteng raya, terus sepanjang jalan yang ada sampai Anda akan mencapai Air Terjun Kedung Pedut.

Jarak yang ditempuh dari pusat kota Jogja ke Air Terjun Kedung Pedut cukup jauh.

Yaitu sekitar 35 kilometer dan waktu tempuh normal untuk kendaraan roda dua dari pusat kota Jogja ke Air Terjun Kedung Pedut adalah sekitar 1 jam 7 menit.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Perawan Sidoharjo

Fasilitas

Fasilitas di Air Terjun Kedung Pedut cukup lengkap untuk dikunjungi wisatawan termasuk:

  • Kamar Mandi
  • Tempat duduk bambu
  • Tampilan Substation
  • Area parkir besar
  • Warung makanan
  • Jembatan yang terbuat dari bambu
  • Mandi bambu

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Kedung Pedut

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Kedung Pedut

Harga tiket masuk ke Air Terjun Kedung Pedut sangat terjangkau. Wisatawan hanya akan dikenai biaya Rp. 6000 / orang.

Sedangkan harga tiket parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp. 3000 / motor dan untuk mobil Rp. 10.000 / mobil.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Randusari

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Jogjakarta anda wajib memasukan Air Terjun Kedung Pedut Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Bunker Kaliadem

Bang Yolan
3 min read

Wisata Tebing Watu Mabur

Bang Yolan
3 min read

Wisata Bukit Kali Kuning

Bang Yolan
2 min read