Wisata Puri Mataram

4 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Puri Mataram yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kali ini Yogyakarta telah menyajikan tur baru yang menawarkan taman luar ruangan bernama Puri Mataram.

Tempat ini tidak jauh dari pemerintah Kabupaten Sleman, lebih tepatnya lagi yaitu di Dusun Drono, Tridadi.

Puri mataram dibuka pada September 2018, yang dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Tridadi Makmur, Sleman.

Tujuan wisata ini mengusung konsep seperti pada zaman Kerajaan Mataram dengan perpaduan wisata alam dengan budaya Jawa yang kental.

Pengunjung dapat mengunjungi taman ini dari jam 8:00 hingga Minggu 6:00 malam. pada hari Minggu.

Sementara restoran Puri Mataram buka sampai jam 9:00 malam, ada juga pasar Ndelik di sekitar tur ini yang buka pukul 07.00 pagi.

Ketika Anda memasuki area ini Anda akan disambut oleh sebuah restoran yang biasa disebut Joglo. Di sisi lain wisatawan bisa menemukan permainan air di kolam buatan yang menarik yang disajikan kepada pengunjung.

Jika Anda masuk lebih dalam, Anda akan dimanjakan oleh hamparan sawah hijau yang indah, aroma beras yang harum menyambut para wisatawan yang berkunjung.

Di sini ada juga jembatan bambu panjang yang membelah sawah yang menambah kesan sejuk dan segar yang dirasakan langsung oleh para wisatawan ketika melewati jembatan ini.

Puri Mataram menawarkan banyak kegiatan bagi pengunjung termasuk:

  • Taman bunga yang tertata rapi.

Di sini Anda akan menemukan taman bunga dengan warna pelangi yang indah dan ditata dengan rapi yang menawarkan kesan menarik saat mengabadikan momen.

Sehingga pengunjung dapat mengambil foto spot di mana saja karena masih akan terlihat cantik.

  • Wahana bermain dengan air

Puri Mataram memiliki kolam buatan yang merupakan tempat bermain dengan berbagai jenis wahana yang disediakan termasuk sepeda air atau becak berbentuk binatang sambil mengelilingi kolam.

Selain bermain sepeda air, Anda bisa mencoba menjadi atlet olahraga dengan mengayuh, di mana otot-otot kaki Anda akan menjadi lebih kuat hingga kalori terbakar.

Tempat ini sangat aman dan Anda tidak perlu khawatir ketika mencoba wahana yang menyenangkan dan mengasyikkan.

  • Tempat makan dengan menu makanan Jawa.

Jika Anda mengunjungi Puri Mataram, Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan di sini wisatawan bisa menemukan restoran yang menggunakan model prasmanan, sehingga Anda bisa secara bebas mengambil mengambil makanan anda sendiri.

Menu khas Jawa yang enak dan lezat antara lain lodeh sayur, mangut lele, bacem tempe, tahu bacem, dan lain-lain. Harga sekali makan mulai dari Rp8.000-15.000.

  • Bermain dengan kelinci

Di Puri Mataram Anda akan menemukan taman kelinci, yang tentunya menyenangkan untuk dicoba oleh wisatawan seperti berinteraksi secara langsung dengan kelinci sembari memegang atau membelainya.

Sehingga Anda dapat mencoba memegang kelinci. Bahkan, Anda juga bisa memberi makan kelinci lucu dengan makanan yang tersedia.

  • Keunikan Pasar Ndelik

Pasar Ndelik adalah pasar yang terletak di gubuk kecil dan ditumbuhi pohon. Jadi nama pasar ini disebut Pasar Ndelik karena diambil dari bahasa Jawa yang berarti “Ndelik” berarti Tersembunyi.

Di sini dijual berbagai macam makanan masa lalu seperti pisang goreng, klepon, pecel, cenil, jenang dan makanan lainnya.

Uniknya di sini Anda tidak dapat membayar dengan uang kertas namun Anda diharuskan membayar menggunakan pandel.

Di mana pandel adalah uang yang terbuat dari kayu sebagai alat tukar, pandel bernilai Rp. 1.000.

Lokasi Puri Mataram

Wisata Puri Mataram

Objek Puri Mataram cukup mudah untuk dijangkau, hanya 11 kilometer jauhnya atau kurang lebih 25 menit jika dari Kota Jogyakarta.

Lokasi tepatnya Puri Mataram terletak di Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511.

Baca Juga: Wisata Kraton Yogyakarta

Rute ke Puri Mataram

Rute ke Puri Mataram

Rute ke Puri Mataram sangat mudah dijangkau hanya dengan menggunakan sepeda motor, mobil, atau bus.

Dari Pusat Kota Yogyakarta, Anda terus lurus sampai bertemu Ayarrta Hotel Malioboro, belok kanan ke Jl. Letjen Suprapto, lalu terus lurus ke Jalan Tentara Rakyat Mataram.

Selanjutnya lurus sampai Anda menemukan bundaran, pilih jalan pertama menuju Jalan Student Army, tetap lurus sampai Anda menemukan persimpangan dan terus ke Jl, Magelang.

Lalu langsung ke jalan besar dan bertemu Bundaran, ambil jalan keluar kedua ke Jalan Magelang-Yogyakarta / Jalan Semarang-Yogyakarta tetap terus lurus sepanjang jalan besar kemudian belok ke kiri menuju Jalan PJKA, lalu terus lurus di Jalan PJKA. Tujuan Anda telah tiba.

Daya Tarik Puri Mataram

Daya Tarik Puri Mataram

Tujuan wisata ini terletak di desa Tridadi, Sleman secara resmi dibuka pada 1 November 2018. Objek wisata ini dilengkapi dengan hamparan bunga Celocia dan dekorasi berbagai wahana foto spot menarik.

Banyak spot foto dapat dicoba, mulai dari jembatan bambu yang dibangun di atas sawah, gerobak sapi, palet putih mini, hingga gubuk bertema cinta.

Selain itu, lokasi wisata ini juga lengkap dengan berbagai titik seperti warung yang menyediakan aneka jajanan tradisional khas Sleman dan minuman menyegarkan.

Para pengunjung akan menemukan pasar yang berbau budaya selama kerajaan Mataram. Objek wisata di Puri Mataram ini juga menawarkan waduk lengkap dengan permainan becak air yang berwarna-warni.

Setiap perjalanan ke tur Anda akan disuguhi berbagai spot foto yang sangat disayangkan jika tidak diabadikan. Karena itu, sambil menikmati pemandangan jangan lupa berfoto bersama teman, keluarga atau saudara.

Tempat foto yang sangat bagus ini telah beredar di media sosial dan membuat para pecinta tur wisata dibuat.

Puri Mataram dibangun dengan konsep yang berbeda dengan tujuan untuk dapat bersaing secara sehat dengan tempat wisata lainnya dan di masa depan bisa menjadi bentuk kerja sama antara satu tujuan wisata dan tujuan wisata lainnya di Yogyakarta.

Konsep budaya ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada setiap pengunjung yang datang. Karena mengusung konsep budaya, maka objek wisata ini menonjolkan suasana Mataram masa lalu.

Mulai dari bangunan hingga makanan dijual di lokasi wisata dan alat transaksi khusus yang ada pada hari-hari tertentu. Alat transaksi adalah alat yang digunakan untuk pembayaran yang valid ketika ada Pasar Ndelik.

Pasar ini kabarnya hanya diadakan pada hari Minggu dan juga hari libur nasional. Sedangkan untuk hari kerja, pengunjung dapat membeli berbagai makanan khusus yang disediakan di Restaurant.

Pasar Ndelik yang hadir setiap hari libur terletak di pohon yang bersembunyi sehingga nama tersebut diambil sebagai istilah yang unik dan menarik.

Untuk jenis makanan yang tersedia di pasar Ndelik adalah makanan tradisional dan khusus yang lezat. Berbagai makanan yang dijual harus dibeli menggunakan uang pandel yang terbuat dari kayu.

Pengunjung pertama-tama harus menukar uang tunai dengan uang tunai dengan menyesuaikan jumlah nominal.

Untuk wahana wisata, lokasi wisata ini memiliki tiga wahana yang menarik, tetapi rencananya akan ditambah dengan wahana menarik lainnya untuk mendukung kepuasan pengunjung.

Baca Juga: Wisata Titik Nol Jogja

Fasilitas

Fasilitas Puri Mataram tersedia lengkap dan memadai untuk wisatawan, antara lain sebagai berikut:

  • Restoran
  • Toilet dan kamar mandi
  • Gazhebo
  • Tempat parkir

Harga Tiket dan Parkir Puri Mataram

Harga Tiket dan Parkir Puri Mataram

Harga tiket Puri Mataram, sangat murah semurah mungkin, mengapa dikatakan sangat murah karena Anda tidak perlu membayar harga tiket masuk (Gratis).

Tetapi Anda hanya membayar harga untuk kendaraan air sebesar Rp10.000, dan Anda dapat mencoba menyeberangi jembatan gantung dengan hanya membayar harga Rp5.000.

Baca Juga: Wisata Jalan Malioboro

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Puri Mataram. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Puri Mataram Kedalam daftar kunjungan anda.

Terima kasih sudah mampir di artikel kami, sampai jumpa di artikel kami yang lainnya dan jangan lupa jaga selalu kebersihan dimanapun kalian berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read