Wisata Pantai Baru

3 min read

Wisatakuliner.id – Halo sahabat wisata, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang objek wisata Pantai Baru yang ada di Kecamatan Srambat, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki banyak tujuan wisata alam yang indah. Ada 3 kabupaten di Jogja yang memiliki keindahan alam luar biasa. Kabupaten-kabupaten ini adalah Kulon Progo, Gunung Kidul dan Bantul.

Jika Kulon Progo dan Gunung Kidul terkenal dengan pantainya yang indah, Bantul juga memiliki area pantai yang memiliki keindahan dan keunikan.

Salah satu tujuan wisata unik dan wajib dikunjungi di Bantul adalah Pantai Baru. Pantai Baru Yogyakarta adalah pantai termuda di Yogyakarta karena baru saja diresmikan sebagai objek wisata pantai sejak Mei 2010.

Awalnya pantai ini pernah dikunjungi oleh pengunjung dan nelayan. Para nelayan menggunakan pantai ini sebagai sumber ekonomi mereka untuk masuk dan keluar dari laut.

Sepulang dari laut mereka selalu membawa hasil tangkapan ikan segar. Melihat hal ini maka keinginan mereka muncul untuk melestarikan ikan mereka dengan es batu untuk menjaga ikan tetap segar.

Namun, menyediakan es batu di daerah pantai ini sangat sulit, karena tidak ada akses ke teknologi dan listrik yang membuat pabrik es di daerah mereka tidak mungkin.

Karena kurangnya akses ke teknologi dan listrik, mereka akhirnya mengambil inisiatif untuk meminta bantuan dari pemerintah untuk menyediakan tempat produksi es batu.

Kebetulan pada saat itu Kementerian Riset dan Teknologi sedang mengembangkan listrik alternatif, yaitu tenaga surya dan angin.

Mereka menguji perkembangan listrik dengan mencoba memasang beberapa sel surya dan kincir angin di sekitar pantai.

Akhirnya, percobaan itu berhasil, sehingga Pantai Baru dianggap sebagai daerah pengembangan bertenaga listrik alternatif terbesar di Indonesia.

Lambat laun daerah itu berubah menjadi ladang penelitian, dan membuat banyak kunjungan wisatawan yang tentunya akan menambah nilai ekonomi.

Kemudian diputuskan untuk membuka objek wisata yaitu Pantai Baru. Pantai ini memiliki luas hingga 4 kilometer panjangnya dengan pasir hitam di sepanjang pantai.

Banyak kegiatan dapat dilakukan di pantai ini, dari bermain pasir hingga menyusuri pantai menggunakan ATV (All Terrain Vehicle) yang telah disediakan oleh pengelola pantai.

Seperti pantai-pantai biasa, pantai ini memiliki ombak yang cukup ganas. Jadi bagi wisatawan yang mengunjungi Pantai Baru disarankan untuk berhati-hati saat bermain air atau berenang di pantai.

Karena ombak besar dapat mengancam keselamatan jiwa. Di tepi Pantai Baru ada puluhan pohon hijau yang tumbuh berbaris untuk menghias pantai ini.

Pohon rindang di pantai, membuat suasana di tempat ini sejuk dan tidak panas di siang hari. Banyak turis duduk di atas tikar sambil menikmati keindahan laut, dan menikmati semilir angin sejuk di bawah pohon pinus.

Pantai ini memiliki keunggulan yaitu ada ribuan kincir angin yang berdiri kokoh di pantai barat. Keunggulan ini tentu tidak ditemukan di pantai lain.

Kincir angin digunakan sebagai PLTH (Pembangkit Listrik Hibrida) yang merupakan kombinasi dari tenaga surya dan angin.

Kincir angin yang terletak di pantai digunakan sebagai sumber listrik alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Keberadaan kincir angin terata ini banyak mengundang keingintahuan wisatawan.

Banyak pengunjung pantai hanya melihat keunikan kincir angin atau berfoto di depan lusinannya.

Lokasi Pantai Baru

Wisata Pantai Baru

Lokasi Pantai Baru sangat mudah dijangkau karena jalan atau akses ke Pantai Baru sudah baik dan layak. Namun, lokasi Pantai Baru cukup jauh dari kota Yogyakarta.

Pantai baru ini terletak di desa Poncosari, Kecamatan Srambat, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi pantai baru ini berada di antara Pantai Kuwaru dan Pantai Pandansimo.

Rute ke Pantai Baru

Rute ke Pantai Baru

Rute ke Pantai Baru cukup mudah dijangkau. Dari kota Yogyakarta, ke selatan melewati Jl brigjen katamso terus.

Lalu melewati jalan parangtritis sampai pertigaan menuju barat melalui jl cepit Tembi ke pertigaan ke selatan.

Lalu melewati Jalan Bantul lalu melewati Wakhid Hasyim lurus ke depan sampai perempatan barat melewati Jl srandakan terus sampai Pantai Baru.

Jarak dari kota Jogja ke Pantai Baru kurang dari 31,4 km dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari kota Jogja ke Pantai Baru adalah sekitar 1 jam.

Baca Juga: Wisata Pantai Wediombo

Fasilitas

Ada berbagai macam fasilitas Pantai Baru termasuk:

  • Retribusi toilet Rp. 2000
  • Mushola
  • Warung makanan
  • Area parkir besar
  • Hiburan
  • Kolam renang mini
  • ATV

Daya Tarik Pantai Baru

Daya Tarik Pantai Baru

Obyek Wisata Pantai Baru di Srangkap Bantul Yogyakarta dapat dikatakan sebagai pantai termuda di wilayah Yogyakarta.

Sekarang, Pantai Baru telah menjadi tujuan wisata pantai yang andal mengingat potensi alam yang sangat menjanjikan.

Berupa pantai yang teduh, lebar, landai, bersih dan nyaman serta bebas dari polusi udara, sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Secara fisik, Pantai Baru terpisah dari Pantai Pandan Simo (lama) dengan batas hutan lindung. Akses ke Pantai Baru juga relatif mudah untuk kendaraan bermotor dan bus pariwisata.

Panjang Pantai Baru sekitar 4000 m, mulai dari Pantai Kuwaru ke muara Sungai Progo.

Pantai Baru sebenarnya sudah terkenal sejak lama, karena di daerah itu ada wisata spiritual berupa tempat perintis tempat keluarga pertapa Istana Ngayojokarto Hadiningrat.

Sampai sekarang petilasan masih ada di sana dan masih dipertahankan, dan digunakan setiap tahun untuk Kompetisi Roket Nasional.

Pantai Baru juga didukung oleh deretan kios kuliner yang siap memuaskan selera pengunjung untuk hidangan laut dengan harga terjangkau dan citarasa lezat.

Pengunjung juga dapat menikmati hidangan kuliner dengan menggelar tikar di bawah pohon cemara, sambil merasakan semilir angin pantai.

Baca Juga: Wisata Pantai Trisik

Harga Tiket dan Parkir Pantai Baru

Harga Tiket dan Parkir Pantai Baru

Harga tiket masuk ke Pantai Baru cukup murah yaitu Rp. 4000 / orang. Harga tiket ini sudah termasuk standar di area pantai Bantul.

Sedangkan untuk tiket parkir Bus Rp. 15.000, tiket parkir Minibus Rp. 10.000, Tiket parkir mobil Rp. 5.000, tiket parkir sepeda motor Rp. 2000.

Baca Juga: Wisata Pantai Ngetun

Penutup

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang objek wisata Pantai Baru. Untuk anda yang sedang ingin berlibur ke Yogyakarta anda wajib memasukan Pantai Baru Kedalam daftar kunjungan anda.

Terimakasih telah membaca artikel kami, sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya dan jaga selalu kebersihan dimanapun anda sedang berwisata.

Wisata Pantai Samas

Bang Yolan
4 min read

Wisata Pantai Pandansari

Bang Yolan
2 min read